Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat siapa saja bisa memiliki profesi baru yang unik. Seperti salah satu profesi yang saat ini banyak diminati kaum milenial yaitu profesi sebagai “Selebgram”.

Sesuai dengan namanya profesi Selebgram ini berasal dari penggabungan kata “Selebritis” dan juga “Instagram”. Mereka yang terkenal lewat media sosial Instagram ini kemudian disebut sebagai selebgram. Sejak itulah selebgram menjadi salah satu profesi yang cukup diperhitungkan.

Cara Menjadi Selebgram Dengan Mudah

Memiliki pekerjaan yang terlihat mudah, berpeluang mendapatkan banyak uang, hingga terkenal di mana-mana mungkin menjadi beberapa alasan kenapa banyak yang tertarik menjadi selebgram.

Jika kamu salah satu orang yang ingin menjadi selebgram, simak beberapa tips di bawah ini:

1. Membangun Personal Branding

Branding bukan hanya ditujukan untuk produk saja tetapi kamu pun bisa membangun personal branding untuk lebih dikenal banyak orang. Misalnya kamu bisa memperkenalkan dirimu sebagai siapa, skill yang kamu miliki apa, dan lainnya.

Personal branding ini penting untuk membuktikan bahwa kamu memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari selebgram lainnya. Pastikan juga kamu memiliki blog pribadi dan akun sosial media lainnya seperti Twitter dan Facebook.

2. Tidak Harus Good Looking

Tidak bisa dipungkiri bahwa mereka yang menjadi selebgram itu kebanyakan memang ‘Good Looking”. Bisa dibilang titel good looking ini menjadi nilai lebih untuk orang-orang tertentu.

Lihat saja banyak orang good looking tetapi tidak ada niat menjadi selebgram tiba-tiba memiliki banyak followers. Lihat juga kasus lain dimana seseorang yang good looking dan ingin menjadi selebgram tetapi susah mendapatkan followers.

Dari sini kita belajar bahwa good looking bukan faktor utama yang bisa membuat kamu menjadi selebgram. Lebih dari itu, jadilah dirimu apa adanya dengan menghadirkan berbagai konten menarik dan bermanfaat untuk followersmu.

3. Mencari Followers Organik

Kamu bisa dikatakan berhasil menjadi selebgram jika sudah memiliki lebih dari sepuluh ribu followers. Semakin banyak followers yang kamu miliki peluang mendapatkan paid promote pun bisa semakin terbuka lebar.

Tetapi yang perlu digaris bawahi untuk mencari followers itu tidak mudah. Di sinilah kamu harus berusaha mencari followers organik.

Caranya kamu bisa rajin komentar di berbagai akun selebgram lainnya, jika ada orang yang memfollow maka follow back saja, ajak teman dan keluarga untuk memfollow kamu dan lain sebagainya.

4. Menghadirkan Konten yang Menarik

Salah satu hal yang bisa membuat kamu banyak followers adalah konten yang kamu bagikan ke instagram. Kamu bisa fokus pada satu hal saja, seperti skill atau hobi yang kamu miliki.

Misalnya jika hobimu fotografi maka hadirkanlah foto-foto yang estetik, jika hobimu memasak maka hadirkan konten memasak masakan yang unik, dan lain sebagainya. Selain itu kamu bisa mempercantik feed instagrammu atau merapikannya.

5. Menganalisis Algoritma Instagram

Menganalisis data pada instagram bisa menjadi poin tambahan untuk kamu coba. Umumnya pada setiap postingan atau di pengaturan kamu bisa melihat algoritma instagrammu.

Dari sana kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk memposting konten, memasukkan beberapa hashtag yang menarik, hingga menandai selebgram lainnya pada postinganmu. Coba juga untuk berinteraksi dengan followersmu.

6. Menganalisis Pengguna Instagram

Terus perkuat data yang kamu miliki untuk mengetahui keinginan, waktu, dan hal lainnya yang berkaitan dengan followers kamu.

Selain menggunakan survey online, kamu dapat mendapatkan analisis pengguna dari posting atau feed instagram kamu.

7. Terus Mengasah Kemampuan

Tidak hanya mengasah kemampuan kamu dalam keahlian yang biasa dijadikan konten, kamu dapat mengasah keahlian lain untuk diasah sehingga konten yang kamu buat menjadi lebih menarik.

Cobalah untuk belajar mengenai teknologi, perbanyak baca artikel dan berita agar up to date, menulis (copywriting, content writing, dan lainnya).

8. Time dan Stamina Management

Jangan sampai kamu keteteran mengatur waktu dan stamina kamu hanya untuk membuat konten. Bangun dan tidurlah lebih awal untuk membantu konsisten, fokus, dan waktu yang kamu miliki.

9. Aktif dan Konsisten

Buatlah kalender dan usahakan untuk terus membuat konten yang menarik. Gunakan target dalam satu periode waktu dan terus konsisten dan aktif.

10. Miliki Niat dan Mental yang Kuat

Itulah beberapa tips menjadi selebgram yang bisa kamu coba. Jika berhasil menjadi selebgram bisa jadi banyak tawaran endorse atau paid promote menghampirimu. Untuk itu persiapkan niat dan mental yang kuat untuk memperjuangkannya. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!