Memasuki kondisi yang mungkin sedang rumit karena pandemi covid 19 ini membuat semua orang hampir kehilangan arah. Untungnya teknologi internet tidak pernah libur untuk terus menayangkan informasi yang dibutuhkan yang berasal dari segala penjuru.

Hal tersebut sebenarnya merupakan peluang emas kita bagi yang hendak berjuang mencari penghasilan tambahan dan lebih. Tentunya mengejar atau mendapatkan penghasilan di dunia digital itu gampang- gampang sulit.

Dari sudut kemudahan adalah melihat pangsa pasar yang mungkin tidak terbatas di seluruh dunia. Sudut kesulitan adalah tidak semua mengerti cara mengelolanya dan mencari pundi- pundi uang.

Bagi yang sudah terbiasa mencari penghasilan lewat dunia digital disebut sebagai Freelancer Digital. Tentu saja menjadi Freelancer Digital ini tidak dapat dijalani secara instan.

Menjadi Freelancer Digital yang Sukses

Meskipun menjadi freelancer itu dapat dikatakan mudah namun bukan berarti mudah secara mutlak. Karena kita harus menemukan benang merah atau sudut- sudut akan minat kita terhadap sebuah pekerjaan.

Kemudahan mengakses internet memang sudah jauh lebih baik dibanding 10 atau 20 tahun ke belakang. Namun tetap saja menggali penghasilan dibutuhkan beberapa hal yang saling keterkaitan. 

Bila tertarik menjadi Freelancer Digital maka simak langkah- langkah penting berikut ini:

1. Mempersiapkan Keahlian

Dalam dunia digital terdapat beberapa pekerjaan yang umum dilakukan. Pekerjaan tersebut di antaranya adalah:

  • Membuat website.
  • Menjadi penulis SEO.
  • Menjadi Desainer Ilustrator.
  • Editor Foto atau Video, dan masih banyak lainnya.

Sebaiknya bila kita memiliki waktu yang banyak dapat mencoba memperdalam lagi hal tersebut. Karena biasanya sebagian contoh di atas dapat kita latih secara otodidak meski tidak memiliki basic yang khusus.

Baca Juga : 6 Situs Web Rekomendasi Untuk Freelancer Indonesia dan Luar Negeri

Contohnya dalam kasus website yang memang dapat dipelajari dengan singkat lewat Youtube. Namun tetap saja butuh sedikit modal dan waktu yang cukup banyak untuk mempelajarinya. Kita dapat mempelajari membuat website via WordPress yang dianggap sebagai sarana mudah untuk membuat sebuah website.

2. Menentukan Jenis Pekerjaan yang Rasional

Sebagai calon Freelancer tentu saja kita wajib menentukan beberapa pekerjaan yang mampu kita lakukan. Karena di dunia Freelancer Digital terdapat segudang pekerjaan.

Layaknya pekerjaan pada umumnya, di dunia Freelancer Digital kita harus pintar mencari pekerjaan yang mampu kita lakukan. Jangan memilih jenis pekerjaan yang hanya membuat kita kebingungan dan ujung- ujungnya menyulitkan kita.

Baca Juga : Jadi Desainer Grafis Otodidak Untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan

Bekerja secara digitalisasi bukan berarti kita dapat dengan bebas mengambil jenis pekerjaan. Karena pada dasarnya untuk mendapatkan pekerjaan digital itu regulasinya hampir sama dengan pekerjaan offline.

Biasanya sebagai calon pekerja digital kita akan diuji terlebih dahulu. Sehingga jangan sampai memilih pekerjaan yang dimana pekerjaan tersebut diluar kapasitas kita.

Contohnya bila kita tidak memiliki keahlian membuat website, jangan coba- coba mengambil pekerjaan jenis tersebut. Bila kita memiliki keahlian dalam bidang penulisan atau menganggap bidang penulisan itu hal yang mudah dipelajari maka bisa saja terjun ke dalam hal terebut.

3. Manajemen Waktu

Kelemahan bekerja secara digital adalah segala sesuatunya kita harus atur sendiri. Bila kita terlampau santai maka sudah pasti pekerjaan itu akan menjadi berantakan.

Baca Juga : Menjadi Desainer Logo Untuk Menghasilkan Uang dari HP

Dalam arti bahwa kita hendak memutuskan pekerjaan digital maka sudah harus siap dengan konsekuensi yang ada. Waktu adalah unsur yang terpenting dalam dunia Freelancer digital.

Karena kita bekerja tanpa pengawasan bukan berarti pekerjaan tersebut kita lakukan dengan santai. Kita harus tetap menghormati deadline. Apalagi sebuah pekerjaan digital akan memiliki penilaian terhadap sebuah profil kita kedepannya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!