WordPress tentu dapat membantu seseorang dalam membuat website yang diinginkannya. Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari wordpress.

Mungkin sudah lebih dari 15 tahun yang lalu seorang ahli website harus memiliki skill yang mumpuni untuk membuat sebuah website. Sehingga sudah pasti membuat sebuah website dibutuhkan biaya yang cukup besar.

Meskipun begitu sebuah website masih menjadi pekerjaan yang cukup jarang dibandingkan sekarang. Seiring perkembangan zaman kini membuat website semakin dipermudah karena adanya sebuah platform. Platform seperti wordpress sendiri adalah salah satunya yang mampu mengubah semua stigma tentang membuat website.

Kelebihan Membuat Website Dengan WordPress

Kini membuat website tidak harus memiliki keahlian seperti mendalami dan menguasai bahasa pengkodean. Contohnya mempelajari CSS, PHP ataupun HTML yang tentu akan memakan waktu bertahun-tahun bahkan berbulan-bulan untuk terbiasa.

Masa untuk mempelajari secara manual tersebut kini sudah hampir berakhir. Datanya sebuah platform dengan sistem manajemen konten yang dikenal CMS adalah salah satu kemajuan teknologi dalam dunia Website.

Sehingga kita dapat mempelajarinya dengan melihat tutorial di YouTube. Tentu saja hal ini akan menjadi kita tidak terbatas akan hal kreativitas. 

Platform CMS seperti WordPress ini adalah dimana kita mampu mengekspresikan diri dengan berbagai aktivitas. Dan bahkan bila kita ahli maka sudah pasti bisa memiliki nilai ekonomi yang cukup lumayan.

Berikut adalah alasan dan kelebihan mengapa membuat website Dengan wordpress cukup diminati:

1. Platform Yang Gratis

Kita harus bersyukur bahwa sampai saat ini platform WordPress merupakan salah satu kanal yang memudahkan kita. Apalagi platform ini dapat kita miliki secara gratis.

Namun tentu saja sebuah website harus memerlukan hosting dan domain agar lebih otentik. Sehingga kita dapat memiliki nama sesuai yang kita inginkan dan tampak terlihat original.

Baca Juga : 5 Layanan Web Hosting Gratis Terbaik 2021

Meskipun begitu WordPress sendiri memiliki layanan hosting dan domain dengan harga yang terjangkau. Semuanya dapat dimiliki dan terbayarkan dengan sepadan apalagi kita mendapatkan segala sesuatu yang mampu memudahkan untuk kedepannya.

Bila dihitung pengeluaran minimalnya untuk memiliki website sendiri kita hanya dikenakan biaya kurang dari 250 ribu per tahun. Maka dari itu tidaklah aneh bila membuat website via wordpress adalah salah satu langkah yang ditempuh bagi sebagian orang termasuk para profesional.

2. Memiliki Fitur Yang Banyak

Selain harganya yang terjangkau membuat website berbasis WordPress membuat kita tidak kebingungan untuk mencari fitur tampilan yang unik. Segala sesuatu tersebut dibalut dalam sebuah sistem yang dinamakan Plugin.

Plugin berisikan berbagai hal yang kita butuhkan untuk WordPress kita. Plugin dalam bahasa mudahnya adalah tema atau gadget yang terdapat di sebuah smartphone.

Tentunya sebagai pengguna smartphone kita pasti sudah terbiasa dengan hal tersebut. Tidak jauh berbeda dengan Smartphone, maka plugin dalam WordPress pun berlaku demikian.

Semakin bagus dan unik tampilan atau plugin dalam WordPress maka tentu akan sebanding dengan harganya. Sehingga bila kita hendak memiliki karakter website yang baik kita hanya butuh mencari tema dan plugin yang sesuai dengan budget dan keinginan kita.

Bila memang kita hanya cukup dengan tema bawaan maka kita tidak perlu mengeluarkan uang lebih. Namun tentu saja tema dan plugin berbayar akan lebih menggiurkan.

3. Berekspresi Dengan WordPress

Tentu saja sebuah website dapat kita lakukan untuk kebutuhan pribadi atau bisnis. Dengan memakai WordPress kita akan mampu mengeksplorasi lebih jauh. Banyak pula pengguna WordPress yang berpengalaman menjadi sebuah webmaster dan akhirnya membuka jasa pembuatan website.

Oleh karena itu mengapa para pengguna WordPress ini tidak akan pernah sepi peminat. Mungkin saja Anda salah satunya yang akan mengetahui manfaat dari WordPress ini.

4. Menampung Berbagai Media

WordPress dapat menambahkan berbagai media menurut guide dari websitenya seperti:

  • Video
  • Dokumen
  • Audio
  • Image

Meskipun saya belum pernah menggunakan media selain dari Image, tentu apabila ada kebutuhan dalam media-media tertentu tersebut kenapa tidak?

5. Instalasi Mudah

Untuk membuat website dari WordPress tidak perlu untuk mengetahui berbagai bahasa pemroggraman yang biasanya untuk orang awam sulit dan rumit untuk dikuasai.

Ketika menggunakan wordpress, pengguna hanya perlu melakukan pendaftaran dan kustomisasi tema, widget, adsense, dan lainnya hanya dengan kesederhanaan karena seluruhnya telah disiapkan oleh wordpress itu sendiri.

6. Komunitas yang Besar

Apabila pengguna melihat di Dashboard WordPress, maka akan terlihat adanya WordPress Events and News yang berisi Event dan Berita seputar WordPress.

Baca Juga : 4 Situs Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia 2021

Selain dari hal tersebut, pengguna juga dapat mengikuti berbagai seminar, webinar, workshop, dan lainnya melalui platform media sosial dari forum atau grup yang berkaitan dengan wordpress.

Atau bahkan pengguna dapat mencari forum terkait melalui Search Engine Google atau website-website yang mempunyai hosting biasanya memiliki komunitas wordpress-nya sendiri.

7. Pengelolaan Mudah

Hanya dengan menguasai User Interface dari WordPress, pengguna dapat mengelola seluruh isi wordpress melalui Setting, Plugins, Theme, dan lainnya tanpa perlunya pengguna menggunakan bahasa pemroggraman.

Tentunya untuk mengubah tampilan tertentu, pengguna mungkin saja perlu untuk mengubah sedikit di Theme Editor yang biasanya terdiri dari css dan php.

8. SEO Friendly

Biasanya untuk membantu seorang pengguna dalam meningkatkan SEO Websitenya adalah melalui plugin-plugin tertentu.

Ada banyak sekali plugin yang dapat membantu seorang pengguna yang dapat meningkatkan SEO Friendly Websitenya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!