5 Rekomendasi Aplikasi Game Engine Terbaik Untuk Pemula

7 1

Industri game saat ini berkembang sangat pesat, hal ini bisa kita lihat dari banyaknya game engine terbaik yang tersedia saat ini yang membuat banyak generasi milenial tertarik mempelajarinya dan bercita-cita untuk menjadi seorang game developer.

Saat ini, game indie menjadi salah satu jenis yang mencuri perhatian banyak kalangan. Bahkan, berawal dari game indie, pengembang bisa sukses membuat dan menarik perhatian developer besar dan bekerja sama dengan mereka

Hal ini lah yang membuat banyak generasi millennial tertarik untuk belajar membuat game indie.
Sekarang, sudah banyak game engine yang bisa kita gunakan secara gratis untuk mewujudkan mimpimu membuat game. Berikut 5 rekomendasi aplikasi game engine terbaik untuk pemula:

1. Construct

Jika kamu lebih akrab dengan HTML5, maka Construct 2 bisa menjadi mobile game engine yang bisa kalian andalkan.

Construct memberikan banyak kemudahan untuk para penggunanya karena dapat ditemukan di iOS, Android, Windows Phone, dan Browser Web.

Construct adalah game engine yang sempurna untuk pemula, dan menjadi pilihan yang paling sering digunakan oleh mahasiswa untuk memahami dasar-dasar pengembangan game.

Construct menggunakan sistem skrip visual yang mirip dengan Unreal’s Blueprints atau drag-and-drop dari GameMaker.

Selain itu, Construct juga mendukung JavaScript yang memudahkan kamu untuk membuat proyek yang menggabungkan blok dan JavaScript.

https://construct.net/

2. Unity

Telah dikembangkan dari tahun 2006, game engine Unity telah menjadi andalan industri game indie hingga saat ini.

Setelah melakukan pembaruan terus-menerus dan menghadirkan fitur-fitur yang canggih terbaru seperti Unity Reflect, game engine unity ini patut diberikan acungan jempol.

Tidak hanya untuk membuat game 2D dan 3D saja, tetapi juga populer di kalangan pengembang game VR dan AR karena banyaknya perusahaan dan pengembang yang membuat SDK yang nyaman untuk mesin tersebut.

Hal terbaik yang dimiliki Unity adalah Personal Edition yang dapat diunduh secara gratis oleh semua kalangan.

Selain itu, Unity memiliki komunitas yang sangat besar, dengan Asset Store yang memberikan aset secara gratis maupun berbayar untuk para developer yang memiliki penghasilan kurang dari $100k/tahun.

Fitur tersebut dikarenakan biaya untuk mendapatkan lisensinya terbilang cukup mahal yang mengharuskan kamu untuk membayar lisensinya setiap bulan – meskipun begitu, dengan fitur premium yang diberikan Unity sangatlah banyak.
Hal yang patut dikhawatirkan adalah pembaharuan yang terlalu sering dilakukan Unity, sehingga fitur-fitur yang baru dirilis akan mudah kamu lewatkan, atau kamu tidak bisa menemukan fitur yang lama karena UI dan sistemnya mungkin berubah total.

https://unity.com/

3. Unreal Engine

Salah satu engine game yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh para pengembang adalah Unreal Engine yang dimiliki Epic Games.

Secara dasar, game engine Unreal Engine ini adalah mesin multi-platform pengembangan game yang dirancang khusus untuk bisnis yang membantu mengubah sebuah ide menjadi konten visual yang menarik.
Kekuatan yang dimiliki Unreal Engine adalah kemampuan modifikasi sehingga game yang kamu buat bisa menjadi sangat unik. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil tersebut, dibutuhkan developer yang terampil yang memiliki pengalaman yang luas.

Kabar baik untuk pengguna Unreal Engine adalah, pengguna dapat menggunakan alat yang dibundel Quixel (Bridge, Mixer) dan semua aset Megascans Quixel secara gratis. Hal ini karena Epic Games telah diakuisisi oleh Quixel yang memiliki aset “fotogrametri” besar yang dapat digunakan untuk membuat animasi dan video game.

https://www.unrealengine.com/

  1. GameMaker

Game engine populer yang dibuat pada tahun 2017 ini adalah versi terbaru dari GameMaker Studio, yang telah ada sejak tahun 1999.

GameMaker memiliki banyak dukungan di berbagai platform, salah satunya adalah Nintendo Switch.

Game engine ini sangat ramah bagi pengguna yang tidak memiliki keterampilan coding karena menggunakan bahasa scripting visual drag-and-drop ciptaannya yang memungkinkan semua tingkat keahlian pengguna untuk membuat sebuah game impiannya.

Namun jika kamu menyukai dunia pengkodean, GameMaker menawarkan program Bahasa GameMaker untuk memprogram perilaku khusus yang dapat dicakup oleh pemrograman visual.

Singkatnya, mesin ini sangat sederhana dan mudah digunakan oleh game developer dan semua kalangan.

  1. Godot

Hadir sejak tahun 2014, Godot telah menjadi game engine yang cukup popular.

Game engine ini mendukung kemampuan 2D dan 3D, sengga memiliki fitur yang sangat lengkap untuk segala jenis game.

Godot memiliki sistem arsitektur node dan scene untuk mewakili fungsi tertentu. Hal ini lah yang membedakan Godo dari pesain yang serupa yang memberikan kemudahan bagi banyak pengguna.

Kelemahan yang dimiliki Godot adalah menggunakan bahasa pribadinya untuk scripting yang biasa disebut GDScript. Meskipun bahasa ini sangat luar biasa karena dirancang secara khusus untuk Godot, pengembang yang berpengalaman akan merasa sulit untuk beradaptasi dengan bahasa lain.

https://godotengine.org/

Itulah 5 rekomendasi game engine terbaik untuk pemula buat kamu yang ingin menjadi game developer. Apapun aplikasi yang kamu gunakan, semoga bisa dengan membaca artikel ini bisa membantumu mencapai impianmu, ya!

1 comment

Leave a Reply

error: Content is protected !!