5 Tips Cara Cepat Menguasai Dota 2 untuk Pemula

7 0

Game yang memiliki genre MOBA atau multiplayer online battle arena memang kerap menjadi game yang paling popular sejak game Aeon of Strife (AoS) pada 1988, dan dipopulerkan oleh game Dota 2 dan Warcraft III.

Game MOBA adalah jenis permainan turunan dari genre game strategi. Pemain dapat mengontrol karakter atau hero, dan memiliki tujuan untuk menghancurkan bangunan untuk memenangkan permainan.

Di Indonesia, salah satu game MOBA yang terkenal adalah Dota 2. Game ini membutuhkan 5 pemain dalam 1 tim untuk melawan tim musuh.

Karena memiliki jumlah pemain yang cukup banyak dan membutuhkan kolaborasi tim yang bagus, maka tidak heran Dota 2 menjadi game yang paling digemari karena bisa bermain dengan teman-teman sehingga banyak pemain-pemain baru setiap tahunnya.

Kali ini, kita akan memberikan 5 tips cara cepat menguasai Dota 2 untuk pemula, simak baik-baik, ya!

1.   Berlatih Dengan Bot

Jika kamu seorang newbie (pemain baru) dan baru belajar bermain Dota 2, ada baiknya kamu bermain melawan bot terlebih dahulu sebelum bermain dengan real player.

Kenapa kamu harus berlatih dengan bot terlebih dahulu?

Alasan yang paling utama adalah, karena kamu seorang newbie.

Jika kamu bermain dengan real player dan kamu seorang newbie, kamu bisa menjadi beban di dalam tim kamu.

Biasanya, para pemula masih belum memiliki pengetahuan, dan cara bermain Dota 2 dengan baik.

Maka dari itu, kamu harus berlatih terlebih dahulu di arena “Practice with bots” supaya kamu bisa mencoba berbagai hero, berlatih cara memindahkan hero, cara menggunakan skill, dan membeli item yang tepat untuk hero yang kamu gunakan.

Untuk bermain dengan bot, kamu tinggal pilih tab “Play” di bagian atas dan pilih “Practice with Bots” untuk bermain melawan bot atau kalian bisa bergabung dengan “Co-op bot match” yang dimana kamu bisa bermain dalam satu tim dengan teman kamu atau random player melawan tim bot.

2.   Buat Lobby Sendiri

Setelah menguasai beberapa permainan hero, dan kamu merasa lelah bermain dengan bot karena “tidak seru,” kalian bisa mengajak teman-teman kamu untuk bermain bersama.

Kalian bisa membuat sebuah lobby pada menu “Play.” Kalian bisa memberikan kata sandi untuk lobby yang kalian buat supaya hanya kamu dan teman-teman kamu saja yang bisa mengakses lobby tersebut.

Tetapi jika kalian tertarik untuk mencoba melawan random player, kalian boleh tidak membuat kata sandi atau membiarkan lobby terbuka supaya random player bisa masuk ke dalam lobby kamu.

3.   Pelajari Hero, Tipe, dan Role-nya

Dota 2 memiliki 117 hero yang memiliki tipe dan role yang berbeda-beda. Carilah hero yang kamu sukai, pelajari hero tersebut dengan bermain dengan bot, dan cari tahu role yang cocok dengan gaya permainan kamu.

4.   Pentingnya Positioning

Dota 2 memiliki tiga lane, top, middle, dan bot. Jika kamu menggunakan hero support, maka kamu harus bermain bersama dengan hero carry di tim kamu.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati dalam memindahkan hero kamu supaya tidak terkena ambush dari tim musuh.

Melakukan positioning sangatlah tricky, karena kamu harus mengetahui situasi map, posisi musuh, dan posisi teman satu tim kalian.

Untuk menghindari ambush dari tim musuh, kalian harus meletakkan ward di daerah farming kalian.

Apa itu Ward?

Item ward adalah item yang dapat kamu letakkan di daerah-daerah yang kasat mata, seperti daerah farming atau hutan. Dengan menggunakan ward, tim kalian bisa melihat posisi musuh yang berada di tempat-tempat yang sudah kalian letakkan ward.

Dota 2 memiliki dua jenis ward, yaitu Observer Ward dan Sentry Ward.

Observer Ward

Item ini memungkinkan kalian untuk memantau suatu daerah yang kalian letakkan item tersebut. Cara menggunakan item ini sangatlah mudah, kalian tinggal mengetuk item tersebut, lalu ketuk ke tanah untuk meletakkan Observer Ward.

Item ini memberikan penglihatan di daerah sekitar selama 360 detik atau 6 menit.

Sentry Ward

Item ini memiliki fungsi yang berbeda dengan Observer Ward. Sentry Ward bisa membuat kita melihat hero yang invisible akan tetapi Sentry Ward tidak memberikan penglihatan di daerah sekitar selama 480 detik atau 8 menit.

Item ini sangat berguna jika kalian melawan musuh yang invisible seperti Riki atau Hero yang menggunakan item Shadow Blade.

5.   Pentingnya Melihat Mini Map

Biasanya untuk pemain baru Dota 2, mereka akan sering mengabaikan dan tidak memperhatikan Mini Map yang terletak di bagian ujung kiri bawah.

Kenapa harus memperhatikan Mini Map?

Karena, dengan memperhatikan Mini Map, kalian bisa melihat dan memperkirakan posisi hero musuh yang terlihat.

Dengan bantuan Observer Ward, kalian dapat bisa melihat musuh yang berkeliaran di area sekitar kalian, sehingga kalian bisa terhindar dari ambush.

Jadi, buat kalian yang masih baru atau tertarik bermain Dota 2, kalian wajib banget membaca 5 tips bermain Dota 2 untuk pemula. Selain kelima tips yang telah dijelaskan diatas, dengan sering bermain Dota 2 atau menonton pro player bermain Dota 2 bisa meningkatkan keahlian dan strategi permainan kalian di Dota 2. Selamat mencoba!

Leave a Reply

error: Content is protected !!