Mulanya setiap orang yang memilih bekerja sebagai freelance memang hanya dijadikan pekerjaan sampingan saja. Misalnya saja seorang mahasiswa yang masih disibukkan dengan kuliah, orang yang memiliki bisnis lain, dan lain sebagainya.

Pilihan Situs Freelance Lokal dan Internasional Terbaik

Seiring berjalannya waktu profesi sebagai freelance ini memang banyak diminati. Karena menjadi freelance sendiri tak jauh berbeda dengan bekerja pada perusahaan atau orang lain.

Salah satu hal yang membedakannya freelance ini biasa bekerja di rumah atau work from home. Meski begitu setiap freelance memiliki kontrak yang berbeda-beda sesuai dengan perusahaan ataupun proyek yang dipilih.

Untuk kamu yang masih bingung mencari pekerjaan sebagai freelance, kamu bisa mencarinya dengan mudah di internet.  Terdapat situs lokal hingga internasional yang bisa kamu pilih tergantung kebutuhan dan kemampuanmu.

Situs Freelance Lokal

Berikut beberapa situs freelance berbasis lokal:

1. Sribulancer

Bisa dibilang Sribulancer ini website freelance yang cukup populer di Indonesia. Kamu bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan di website ini yang tentunya bisa disesuaikan dengan skill atau latar pendidikan yang dimiliki.

Pekerjaan yang ada di Sribulancer ini umumnya berhubungan erat dengan internet. Misalnya pekerjaan sebagai jasa pembuatan website, penulis artikel, penerjemah, dan masih banyak lagi.

Situs ini terbilang cukup direkomendasikan sebab menyediakan banyak pilihan pekerjaan. Jika mendapat pekerjaan di sini kamu bisa dibayar dalam dua pilihan mata uang yaitu IDR dan USD. Gaji kamu akan ditransfer ke bank setiap bulannya.

Website Sribulancer

2. Projects.co.id

Rekomendasi selanjutnya adalah Projects.co.id yang menyediakan berbagai jenis pekerjaan untuk freelance. Di sini kamu bisa mencari pekerjaan dengan mudah seperti jasa SEO, Sosial Media, digital marketing, dan masih banyak lagi.

Biasanya pembayaran di situs ini tergantung dari proyek yang kamu ambil ataupun dari ketentuan projects.co.id sendiri. Tetapi yang pasti setiap orang yang memasang lowongan pekerjaan bisa memberikan komisi yang berbeda-beda.

Website Projects.co.id

3. Freelancer Indonesia

Satu lagi rekomendasi situs freelance dari Indonesia yaitu Freelancer Indonesia. Situs yang satu ini bisa dibilang salah satu yang terbesar di Indonesia.

Kamu bisa memilih berbagai lowongan kerja freelance yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja kamu bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan seperti IT, desain, jasa marketing, penerjemah, jurnalistik, dan lain sebagainya.

Tetapi sebelum memilih situs ini pastikan kamu sudah memiliki PayPal atau kartu kredit. Karena pembayaran yang dilakukan menggunakan kedua platform tersebut.

Website Freelancer Indonesia

Situs Freelance Internasional

Rekomendasi situs freelance berbasis internasional:

1. 99 Design

Untuk kamu yang memiliki skill desain mumpuni situs 99 design ini tentu paling direkomendasikan. Di sini kamu bisa mencari lowongan kerja freelance sebagai graphic designer dengan mudah.

Uniknya situs ini mengusung sistem kontes. Sistem tersebut memungkinkan kamu untuk memasukkan hasil karya ke proyek yang dipilih. Jika karya kamu sudah sesuai dengan kebutuhan pemilik projek maka kamu akan mendapatkan bayaran.

Website 99 Design

2. Fiverr

Fiverr merupakan situs freelancer yang beberapa waktu ini trending di berbagai platform sosial media. Beberapa Youtuber menggunakan fiverr sebagai konten dengan menyewa Freelancer untuk melakukan pekerjaan yang menarik.

Jasa yang ditawarkan dimulai dari amatir dan profesional beberapanya terdapat jasa yang non-formal dan formal. Contohnya jasa yang menawarkan menulis teks yang kamu beri untuk beberapa aksi spesifik, yaitu contohnya Freelancer tersebut akan memberikan video ketika dia sedang bersantai atau kegiatan lainnya menggunakan teks sang pemberi kerja.

Website Fiverr

3. Upwork

Rekomendasi terakhir adalah situs freelance berbasis cloud dengan jumlah klien dan freelancer yang cukup besar. Di situs ini memungkinkan kamu untuk memfilter daftar pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu.

Uniknya situs ini memiliki fitur yang bisa mendeteksi apakah klien yang mendaftarkan lowongan pekerjaan asli atau palsu. Sehingga kamu akan lebih mudah menemukan pekerjaan yang sesuai dan klien yang sudah pasti terpercaya.

Website Upwork

Demikian beberapa situs freelance lokal dan internasional yang kami rekomendasikan untuk kamu. Nah, untuk kamu yang sudah siap mencari pekerjaan coba saja mencari di salah satu situs di atas.

Comments (1)

  1. Pingback: 3 Tips Dasar Menjadi Freelancer Pemula - Mufazan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.