Pada dasarnya permainan Tic Tac Toe adalah permainan lama yang memang cukup diminati belakangan ini. Dulu bermain Tic Tac Toe ini dibutuhkan setidaknya alat pendukung seperti kertas dan pulpen atau alat tulis lainnya.

Seiring berkembangnya zaman kini permainan Tic Tac Toe ini dapat kita mainkan di aplikasi Android. Meskipun terlihat sebagai jenis permainan yang sudah ketinggalan zaman tetapi permainan ini mulai diangkat kembali ketika para Youtuber memainkannya.

Siapa Sangka Bermain Tic Tac Toe Ada Manfaatnya

Meskipun permainan ini sudah ada dari zaman dahulu kala namun permainan ini diciptakan bukan tanpa alasan. Selain mengisi waktu luang ternyata bermain game Tic Tac Toe bersama teman adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan berpikir kita. 

Berikut adalah beberapa manfaat yang dirasakan bila kita membiasakan bermain Tic Tac Toe:

1. Asah IQ Atau Logika Kita

Ternyata bila anak- anak remaja dari umur kecil hingga dewasa bermain game ini maka mereka akan terlatih secara logika dan pemikiran. Karena tentu saja bermain game Tic Tac Toe ini mengharuskan kita berpikir keras. Meskipun sebenarnya tujuannya adalah untuk bersenang- senang.

2. Menjadi Ahli Strategi Mirip Bermain Catur

Tentunya kita sudah mengenal catur sebagai sebuah permainan yang bergengsi dan menjadi cabang olah raga. Bagi anak kecil bermain catur memang akan sedikit menyulitkan.

Karena bermain catur bukanlah permainan biasa. Dalam bermain catur kita harus mengetahui fungsi setiap bidak catur. Sehingga hal tersebut terkadang membuat pusing anak- anak.

Berbeda dengan bermain catur, Tic Tac Toe dapat dipahami secara cepat. Sehingga permainan ini akan dapat dimainkan oleh anak- anak semenjak dini.

Terlebih kemampuan analisa dan strategi permainan Tic Tac Toe hampir mirip dengan Catur. Dimana kita harus menentukan langkah kita dengan benar agar tidak kalah oleh pemain lawan. Sehingga konsentrasi tersebut dapat dikatakan mirip permainan catur.

3. Permainan Menantang Meningkatkan Adrenalin dan Mental

Permainan Tic Tac Toe akan menjadi permainan simpel yang menantang. Bagi anak dan remaja akan dituntut untuk berhati- hati untuk melangkah.

Tujuannya untuk meningkatkan mental dan keputusan kita. Selain itu permainan ini bisa menjadi permainan yang memacu adrenalin.

4. Tingkatkan Kemampuan Visual

Sudah pasti bahwa permainan Tic Tac Toe  ini melibatkan fokus. Fokus tersebut dilatih dengan kemampuan visual antara dua objek.

5. Tingkatkan Konsentrasi Belajar

Karena game ini adalah game yang melibatkan fokus, maka sudah pasti dibutuhkan tingkat konsentrasi untuk mengalahkan lawan. Meskipun memang kita harus kalah bukan berarti tingkat konsentrasi kita tidak terlatih.

Sehingga menang ataupun kalah sama- sama akan meningkatkan konsentrasi kita. Dan hal tersebut sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan konsentrasi dalam belajar.

6. Melatih Kesabaran

Bermain Tic Tac Toe memang membuat para pemainnya harus tetap sabar dan tidak terburu- buru. Meskipun kadang dapat dimainkan secara cepat namun tetap saja terdapat unsur kesabaran di dalamnya.

Setiap pemain mau tidak mau harus menunggu giliran untuk menentukan langkah. Kesabaran akan teruji bila bertanding dengan lawan yang memang tidak terlalu cepat dalam menentukan pilihan.

Hal tersebut adalah upaya untuk meningkatkan kesabaran. Sehingga permainan ini sangat baik pula untuk anak- anak yang memang perlu dilatih dalam kesabaran.

7. Bermain Dengan Banyak Pemain

Agar permainan Tic Tac Toe tidak monoton maka kita dapat bermain dengan banyak pemain secara bergiliran. Dapat pula dijadikan turnamen sistem gugur agar permainan ini lebih menarik untuk dimainkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!