Apakah kalian pernah mendengar apa itu teknologi artificial intelligence (AI)? Istilah ini mungkin tidak terdengar asing di kuping kalian karena saat ini sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menggunakan teknologi artificial intelligence.

Teknologi ini sangat membantu kehidupan kita sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak apa itu teknologi artificial intelligence berikut ini!

Apa Itu Artificial Intelligence?

Berdasarkan laman Oracle, artificial intelligence atau AI adalah sebuah sistem yang meniru kecerdasan manusia untuk melakukan tugas dan secara iteratif dapat meningkatkan diri berdasarkan informasi yang mereka kumpulkan.

Bentuk teknologi AI ini kita temukan dalam beberapa versi, beberapa di antaranya adalah:

  • Chatbot: teknologi AI digunakan untuk mempercepat respon pelanggan dengan perusahaan. AI juga dapat menemukan masalah dan memberikan solusi yang lebih efisien.
  • Intelligence Assistant: AI juga dapat mengolah berbagai informasi penting dari kumpulan data tulisan untuk meningkatkan sistem penjadwalan.
  • Recommendation Engines: AI berfungsi sebagai mesin pemberi rekomendasi kepada pengguna. Hasil rekomendasi yang diberikan tersebut mereka dapatkan berdasarkan sejarah pencarian yang dilakukan oleh pengguna.

AI adalah tentang bagaimana proses dan kemampuan teknologi untuk mengolah dan menganalisis data yang sangat besar. Meskipun AI terlihat sebagai robot yang mirip manusia, teknologi ini tidak akan menggantikan peran manusia di masa depan.

Ini berarti, AI hanya berfungsi sebagai pembantu manusia untuk mengolah dan menganalisis data kompleks dalam jumlah besar.

Kenapa Artificial Intelligence Penting?

Saat ini, jumlah data yang terkumpul oleh manusia dan mesin terlampau sangat banyak. Alhasil, manusia kesulitan untuk mengolah dan menganalisis data-data tersebut.

Inilah yang membuat teknologi artificial intelligence sangat penting. Teknologi ini akan membantu manusia untuk menyerap informasi, mengumpulkan data, dan menganalisis untuk menemukan keputusan atau tindakan yang baik.

Contoh Penerapan Artificial Intelligence

Seperti yang sudah dijelaskan, teknologi AI sudah banyak diaplikasikan di berbagai industri, mulai dari medis, pendidikan, bisnis, dan bahkan industri hiburan.

Mungkin saat ini kamu tidak sadar bahwa kamu menggunakan teknologi ini di aplikasi yang kamu punya. Biar kamu tidak kaget, yuk intip beberapa industri yang menggunakan teknologi AI ini.

1. DeepFace Facebook

Contoh pertama penerapan teknologi AI sudah dilakukan oleh Facebook di fitur DeepFace.

Dalam fitur ini, AI bertugas untuk mengenali wajah seseorang yang tercantum di postingan foto. Dengan adanya AI, pengguna tidak perlu lagi melakukan tag kepada seseorang secara manual, karena AI akan melakukan hal ini secara otomatis.

2. E-Commerce

Mungkin kalian tidak sadar bahwa saat ini, industri e-commerce telah menggunakan AI dan bertanya-tanya bagaimana penerapan teknologi ini di e-commerce?

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, AI juga berfungsi sebagai recommendation engine (mesin rekomendasi).

Jadi, ketika kamu membuka aplikasi, melihat-lihat produk-produk yang ada disana, lalu menutup aplikasi tersebut, dalam beberapa jam kedepan, kalian akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi e-commerce bahwa produk yang telah kalian lihat sedang mengadakan promo.

Atau, kamu selama ini mencari-cari informasi mengenai suatu produk, tapi kamu masih belum memutuskan untuk membelinya atau tidak. Maka, saat kamu membuka aplikasi e-commerce, produk rekomendasi pertama yang akan muncul adalah produk yang sudah kalian cari itu.

3. Asisten Virtual

Contoh penggunakan teknologi artificial intelligence yang bisa kita temukan selanjutnya adalah asisten virtual.

Biasanya, aplikasi AI ini sering kita temukan di aplikasi seperti Google Assistant, Siri, dan Alexa.

Penerapan teknologi AI di aplikasi ini akan memudahkan pengguna untuk mencatat meeting, memberi informasi, dan bahkan memberi navigasi jalan kepada pengguna.

Hal yang paling menariknya, pengguna juga bisa membuat permintaan atau perintah kepada assistant virtual untuk membuka aplikasi, membalas pesan, memainkan musik, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Artificial Intelligence

AI memang sangat membantu kehidupan manusia sehari-hari. Meskipun begitu, teknologi ini tidak luput dari kekurangan.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Artificial Intelligence dalam kehidupan sehari-hari.

Kelebihan Artificial Intelligence

1. Mengurangi Human Error

Ungkapan “human error” muncul karena manusia melakukan kesalahan dari waktu ke waktu. Dengan adanya AI yang sudah diprogram dengan benar, kesalahan yang mungkin terjadi akan berkurang.

2. Tersedia 24×7

Kelebihan artificial intelligence selanjutnya adalah tersedia selama 24×7. Seperti yang kita tahu, rata-rata manusia bekerja selama 6-8 jam sehari tidak termasuk istirahat.

Manusia sangat butuh waktu untuk istirahat untuk mengistirahatkan otak dan pikiran sejenak. Maka dari itu, manusia butuh waktu istirahat dan libur mingguan untuk menyegarkan diri mereka.

Tapi tidak dengan AI. Teknologi ini dapat bekerja 24×7 atau tanpa jeda. Karena mesin tidak memiliki emosi seperti manusia, mereka tidak membutuhkan waktu libur atau merasa bosan karena dituntut untuk bekerja secara terus menerus.

3. Aplikasi Harian

Aplikasi sehari-hari seperti Apple Siri, Window Cortana, Google OK Google sering digunakan dalam rutinitas kita sehari-hari apakah itu untuk mencari lokasi, mengambil selfie, membuat panggilan telepon, membalas email dan banyak lagi.

4. Digital Assistance

Kelebihan AI selanjutnya adalah berfungsi sebagai pembantu atau asisten digital. Saat ini, banyak perusahaan besar yang menggunakan digital assistance untuk berinteraksi dengan pelanggan untuk menghemat waktu dan sumber daya manusia.

Bahkan, penerapan asisten ini sudah banyak digunakan di banyak situs web untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Bahkan, beberapa sistem chatbot dirancang sedemikian rupa sehingga sangat sulit untuk mengetahui apakah kita sedang berbicara dengan AI atau dengan manusia.

Kekurangan Artificial Intelligence

1. Membuat Manusia Malas

Sayangnya, teknologi AI akan membuat manusia menjadi malas karena semua hal dapat dilakukan dengan mesin.

Faktor ketergantungan inilah yang membuat manusia kecanduan untuk terus menggunakan aplikasi AI. Ini akan membuat masalah untuk generasi mendatang.

2. Ancaman Pekerjaan

AI memang dirancang sebagai sebuah komputer yang membantu manusia untuk melakukan berbagai pekerjaan. Tapi, beberapa industri justru malah mengandalkan teknologi ini untuk menggantikan tenaga manusia.

Tentu hal ini akan menjadi masalah di masa depan yang dimana ekonomi lokal tidak dapat berputar dengan baik karena masyarakat tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.

Salah satu contoh pekerjaan yang mungkin akan hilang di masa depan adalah pramusaji, supir taxi, dan lain sebagainya.

3. Tidak Dapat Berpikir Secara Luas

Mesin hanya dapat melakukan tugas-tugas yang sudah dirancang atau di program untuk pekerjaan tertentu. Terkadang, hal ini akan membuat produktivitas pekerjaan terhambat karena mesin memberikan output yang tidak relevan.

Sudah Paham Apa Itu Artificial Intelligence?

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan artificial intelligence dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini memang tidak dapat dihindari karena mesin merupakan sebuah alat ciptaan tangan manusia.

Namun begitu, teknologi artificial intelligence sangat dibutuhkan saat ini karena dapat memudahkan pekerjaan kita sehari-hari.

Semoga artikel apa itu artificial intelligence ini menambah wawasan kalian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!