Halo semua, bagaimana dengan kegiatan belajar online-mu? Apakah semuanya berjalan dengan lancar? Atau masih ada beberapa kendala yang menghambat proses belajar online-mu?

Ketika kamu melakukan proses pembelajaran secara online, tentunya kamu membutuhkan beberapa software dan aplikasi yang mendukung proses pembelajaran,bukan? Di artikel-artikel sebelumnya kita juga telah membahas kalau proses belajar online memang harus didukung beberapa hal. Seperti internet, perangkat digital, dan aplikasi/software tertentu untuk menghubungkanmu dengan rekan dan juga pengajar.

Nah, untuk kelancaran proses belajar online-mu. Ini dia beberapa daftar Aplikasi Penunjang Proses Pembelajaran Online yang harus kamu miliki :

1. Aplikasi Chat Online

Yang pertama nih, ada aplikasi Chat Online. Yup, aplikasi chat online tersebut akan berfungsi sebagai wadah atau ruang obrolan secara online dan realtime. Kalau biasanya kita berinteraksi secara langsung di satu tempat. Maka, aplikasi chat online ini akan sangat memungkinkanmu untuk berinteraksi dengan teman sekolah atau gurumu tanpa harus bertemu langsung.

Kamu bisa membentuk grup belajar, group kelas, bertanya pada guru atau berdiskusi bersama temanmu secara online dengan aplikasi ini. Nah, ini dia beberapa aplikasi chat online yang paling sering digunakan untuk menunjang proses pembelajaran :

WhatsApp

Yang pertama ada WhatsApp, kamu pastinya memiliki aplikasi ini, bukan? Rasa-rasanya, di era ini WhatsApp menjadi aplikasi chat online populer yang paling banyak digunakan di dunia. Berdasarkan data dari Statistika, Indonesia sendiri merupakan negara ketiga dengan jumlah pengguna WhatsApp terbanyak di dunia. Per Juni 2021, jumlah penggunanya mencapai angka 84,8 juta orang lho!

Karena kepopulerannya inilah, tak mengherankan apabila aplikasi ini menjadi aplikasi yang chat online yang paling banyak digunakan. Penggunaan WhatsApp sendiri mencakup beberapa bidang lho. Mulai untuk kepentingan bisnis hingga pendidikan, WhatsApp menjadi salah satu sarana chat online yang lebih relevan dan memiliki banyak sekali keunggulan.

Lalu, sebenarnya apa saja sih alasan kenapa WhatsApp ini populer digunakan?

  • Pertama, WhatsApp ini bisa kamu gunakan secara gratis.
  • Ada WhatsApp Web yang bisa kamu gunakan di PC. Jadi, ketika kamu sedang berdiskusi dengan teman atau guru, kamu bisa menggunakannya di komputer atau laptop kamu untuk mendapatkan tampilan layar yang lebih besar dan kemudahan lebih untuk mengetik ataupun untuk kirim file yang ada di komputer.
  • Sistem pendaftarannya gratis dan terintegrasi dengan nomor telepon seluler yang kamu gunakan.
  • Layanan chat pengganti SMS dan telepon seluler yang lebih praktis, hemat, dan efektif.
  • Bisa video call dengan lebih dari 1 orang.
  • Kamu bisa buat grup belajar dengan mudah.
  • Memiliki User Interface yang friendly/mudah digunakan.
  • Ada berbagai fitur menarik untuk mendukung sistem belajarmu.

Line

Selain WhatsApp, kamu juga bisa menggunakan Line lho! Bedanya, jika WhatsApp merupakan aplikasi khusus untuk chat online. Line memadukan fitur chat online-nya dengan media sosial. Sama seperti WhatsApp, Line ini juga bisa kamu gunakan secara gratis lho. Nah, berikut ini ada beberapa kelebihan Line yang harus kamu ketahui :

  • Tersedia berbagai fitur menarik seperti chat, voice chat, call, video call, live, dan lainnya.
  • Kamu bisa membuat group dengan jumlah member maksimal 500.
  • Suitable untuk berbagai jenis platform.
  • Mudah digunakan.

2. Aplikasi Video Conference

Aplikasi Penunjang Proses Pembelajaran Online selanjutnya yang harus kamu miliki adalah aplikasi Video Conference. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi Video Conference yang bisa kamu gunakan :

Zoom

Di urutan pertama, tentunya ada Zoom! Zoom sendiri adalah salah satu aplikasi Video Conference yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan Zoom ini, kamu, teman sekelas, dan guru bisa saling video call dan berbagi layar bersama. Zoom mampu menghadirkan suasana kelas yang lebih nyata layaknya kelas offline yang biasa kamu datangi.

Baca juga : Manfaat E-Learning Sebagai Metode Pembelajaran Efektif Tanpa Harus Tatap Muka

Di Zoom, ada berbagai fitur menarik seperti unlimited record & transkrip serta kamu bisa mengganti background-mu. Untuk versi berbayarnya, Zoom mampu menampung hingga 1000 partisipan dalam 1 waktu.

Google Meet

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Video Conference gratis yang disediakan oleh Google. Aplikasi tersebut adalah Google Meet. Google Meet ini dapat menampung hingga 300 peserta dalam 1 waktu. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan di smartphone-mu atau di browser. Karena merupakan salah satu produk Google. Google Meet ini juga terintegrasi dengan produk Google lainnya seperti Gmail, Google Calendar, Drive, Google Docs, Spreadsheet, Slide, Google Form, dan Cloud Search.

Google Classroom

Bisa dibilang, aplikasi ini masih “saudara” Google Meet lantaran dikembangkan oleh perusahaan yang sama, yakni Google. Google Classroom ini akan semakin membuat proses belajarmu online lebih produktif.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan dengan Google Classroom ini. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan Drive, Google Calendar, Form, Jamboard, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, dan Gmail yang bisa dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar

3. Aplikasi untuk Mengerjakan File

Nah, dalam proses belajar online. Buku dan alat tulis tidak lagi jadi satu-satunya media yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan tugas. Kamu sekarang bisa mengerjakannya di PC, laptop, tablet, ataupun di smartphone lho.

Bentuknya sendiri berupa file yang kemudian bisa kamu kirimkan dengan mudah ke gurumu. Nah, untuk mengolah file tersebut, tentunya kamu harus memiliki aplikasi pengolah file, bukan? Nah, ini dia rekomendasinya :

Microsoft Office 365

Merupakan software buatan Microsoft yang berfungsi untuk mengolah file. Biasanya, setiap pembelian komputer/laptop terbaru kamu akan diberikan dan diinstalkan aplikasi ini. Namun, sayangnya beberapa komputer/laptop belum mendukungnya. Sehingga kamu harus membelinya sendiri. Untuk versi ori, microsoft Office 365 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1,5 juta.

Dalam software Ms.Office 365 ini, ada beberapa aplikasi yakni :

  • Microsoft Office : untuk mengolah data berupa tulisan.
  • Microsoft Excel : untuk mengolah data berupa angka.
  • Microsoft Powerpoint : untuk membantu kegiatan presentasi.
  • Microsoft Access : mengolah basis data yang saling berkaitan.
  • Microsoft Outlook : berfungsi untuk mengelola informasi pribadi yang digunakan untuk mengirim dan membaca surel. Aplikasi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat catatan, jurnal, jadwal, dan juga kalender.
  • Microsoft OneNote : memiliki fungsi layaknya Notepad, yakni sebagai kertas catatan. Dan lainnya,

WPS

Sayangnya, aplikasi Microsoft hanya bisa digunakan di PC. Kalau kamu bekerja menggunakan smartphone, maka kamu bisa memilih WPS sebagai alternatif untuk mengolah file tersebut. WPS ini juga bisa kamu instal di PC lho! Untuk tampilannya sendiri tidak jauh berbeda dengan Ms.Office.

WPS sendiri merupakan suite kantor multifungsi yang mengintegrasikan Word, PDF, Excel, PowerPoint, tabel, dokumen, penyimpanan cloud, perpustakaan templat, serta pembagian dan pengeditan daring.

Sekian pembahasan tentang Aplikasi Penunjang Pembelajaran Online yang bisa kita bahas kali ini. Aplikasi tersebut hanyalah segelintir contoh ya. Selain aplikasi-aplikasi diatas, masih ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menunjang proses belajarmu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!