Bagi pengguna Android, akun Gmail atau Google merupakan akun wajib yang dapat memaksimalkan Android itu sendiri.

Akun Google di Android digunakan untuk mengakses Play Store atau menyinkronkan perangkat Anda dengan aplikasi di perangkat Android. Penting, menghubungkan akun Anda ke Android Anda, Anda dapat mengakses email langsung dari Android.

Terkadang seseorang ingin menghapus akun Google di Android. Ada banyak alasan mengapa orang ingin menghapus akun Google di Android.

Mungkin karena ingin mengganti ponsel dengan ponsel baru, dengan akun Google baru, atau seseorang menggunakan Gmail di ponsel orang lain dan ingin segera menghapusnya.

Banyak orang yang belum mengetahui cara menghapus akun Gmail di Android. Ini karena apabila pengguna membuka aplikasi Gmail atau Google, pengguna mungkin tidak menemukan opsi keluar atau logout dari akun tersebut.

Hal ini membuat sebagian orang bingung bagaimana cara hapus akun Google di Android. Padahal, cara menghapus akun Google di Android bisa dilakukan melalui pengaturan ponsel Android itu sendiri.

Berikut cara sukses menghapus akun Google yang kami rangkuman dari berbagai sumber

Cara Hapus Akun Google dengan Mudah

Sebagian orang memilih menghapus akun Google nya dari perangkat. Ini agar perangkat tidak bekerja terlalu berat. Kami merangkum cara mudah menghapus akun Google dari sumber support.google.com.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

Laporan dari support.google.com bahwa jika Anda menghapus akun Google Anda, banyak hal yang akan terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya periksa dengan seksama sebelum memutuskan untuk menghapus akun Google Anda.

  1. Jika Anda menghapus akun Google Anda, Anda akan kehilangan semua data dan konten di akun tersebut.
  2. Jika akun Google dihapus, maka Anda tidak akan dapat menggunakan layanan Google yang Anda masuki ke akun tersebut. Seperti Drive, Gmail, Play, atau Kalender.
  3. Jika Anda menghapus akun Google, Anda akan kehilangan akses ke langganan dan konten yang dibeli di Google Play atau Youtube menggunakan akun tersebut, seperti film, aplikasi, game, acara TV, dan musik.

Data dan Konten Akan Hilang

Jika Anda menghapus akun Google Anda, beberapa data dan konten akan hilang. Anda tidak akan dapat lagi menggunakan beberapa aplikasi dan layanan di perangkat Anda.

Jika menggunakan perangkat Android:

Google Play

  1. Anda tidak akan dapat menginstal atau memperbarui aplikasi dari Play Store.
  2. Tidak dapat menonton film, membaca majalah, mendengarkan musik, atau buku yang baru beli.
  3. Anda akan kehilangan musik yang dibeli dari tempat lain dan ditambahkan ke Google Play perangkat Anda.
  4. Apabial akun Google dihapus, pencapaian dalam bermain game dan juga data Google Play hilang dari akun Anda.

Drive

  1. Anda tidak dapat mengunduh atau mengunggah file ke akun yang dihapus.
  2. Data Anda tidak akan disimpan ke Drive. Data termasuk file yang diunduh dari email atau foto yang diambil dengan perangkat Anda.

Kontak

Apabila Anda menghapus akun Google, kontak yang disimpan di akun Google akan hilang apabila Anda tidak menyimpannya secara terpisah di perangkat.

Cara Hapus Akun Google dan Gmail di Ponsel Terutama

1. Buka menu “Setelan” atau setting di perangkat Android Anda.

2. Buka menu akun dan klik Kelola “Akun dan Pencadangan”. Apabila tidak ada, maka klik yang ada nama “Akun” atau “Google”. Di sini Anda akan melihat semua akun Gmail yang terhubung di ponsel Android Anda.

3. Pilih akun Gmail yang ingin Anda hapus, lalu pilih opsi “Hapus Akun” atau hapus akun dengan mengklik ikon 3 titik vertikal di sudut kanan atas layar.

4. Akun Anda telah berhasil dihapus di perangkat Android.

Cara Menghapus Akun Gmail di ponsel Android Kedua:

  1. Buka aplikasi Gmail di Android
  2. Setelah itu, klik ikon gambar profil di pojok kanan atas
  3. Pilih opsi “Kelola Akun di perangkat ini” di pojok bawah
  4. Kemudian pilih akun Gmail yang ingin Anda hapus dari perangkat Android.
  5. Selesai

Cara Membuat akun Google Baru di Android

Begini cara membuat akun google baru di Android dan ini pada dasarnya sama dengan cara membuat akun google yang baru di PC atau komputer.

1. Temukan menu pengaturan atau pengaturan di ponsel Anda

2. Cari menu akun atau Akun dan Pencadangan

3. Pilih Tambah akun atau Add Account di pojok bawah

4. Cari ikon Google

5. Login dan buat akun baru akan muncul

6. Pilih untuk membuat akun baru, lalu pilih Untuk diri sendiri

7. Isikan nama depan dan nama belakang

8. Klik Berikutnya

9. Kemudian isikan tanggal lahir dan jenis kelamin

10. Klik Berikutnya

11. Tentukan alamat email, cobalah dengan opsi Buat alamat Gmail Anda sendiri

12. Klik Berikutnya

13. Jika tertulis “Nama pengguna ini sudah diambil. Coba yang lain”, itu berarti orang lain telah menggunakan nama pengguna yang Anda pilih

14. Anda dapat melampaui nya dengan menambahkan angka

15. Klik Berikutnya

16. Langkah selanjutnya adalah memilih password. Masukkan kata sandi minimal 8 karakter, dan Anda dapat menggunakan huruf kecil, huruf besar, angka, dan karakter unik.

17. Klik Berikutnya

18. Langkah selanjutnya tidak wajib. Jika Anda ingin mengisi, klik Berikutnya. Jika tidak, klik Lewati

19. Akan muncul kotak privacy and terms

20. Klik Saya setuju

21. Nama pengguna dan kata sandi akan dikonfirmasi setelahnya

22. Klik Berikutnya

23. Kemudian klik Next dan aplikasi akan diproses. Setelah itu, Anda akan menerima notifikasi yang menyatakan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru

24. Dengan memiliki akun email di Gmail, Anda dapat lebih mudah mengakses layanan lain, seperti YouTube, Google, dan Play Store. Oleh karena itu, buatlah akun email di Gmail seperti yang dijelaskan di atas

Manfaat Menggunakan Akun Gmail

Gmail merupakan salah satu layanan email milik Google dan masuk sebagai email terbesar didunia. Jumlah pengguna aktif Gmail terus bertambah. Menurut data terbaru yang dirilis oleh Twitter, saat ini jumlah pengguna aktif telah mencapai 1,5 miliar.

Pencapaian ini semakin memperkuat posisi Gmail sebagai salah satu layanan email terpopuler. Sebagai catatan, biasanya beberapa orang memiliki beberapa akun Gmail.

Fungsi dan antarmuka Gmail juga mudah digunakan semua orang. Berikut adalah fitur Gmail yang memudahkan pengguna untuk mengirim email:

1. Penyaringan Spam

Sebagian besar email sekarang menyediakan fungsi pemfilteran, dan filter spam Google sangat efektif. Gmail selalu mencoba memfilter spam, dan upaya phishing iklan, dan ini bukan filter yang 100% efektif.

2. Digabungkan dengan Google Hangouts

Jika Anda menggunakan Desktop Gmail, ini akan menampilkan kontak Hangouts pada sisi kiri layar, sehingga Anda dapat melihat kontak email mana yang menggunakan Hangouts. Hangouts adalah aplikasi perpesanan instan yang memiliki keunggulan dapat melakukan panggilan video dengan banyak orang.

3. Akses Offline

Bahkan jika Anda tidak terhubung ke Internet, Anda masih dapat mengakses Gmail secara offline di komputer Anda. Caranya adalah dengan memasang ekstensi chrome offline Gmail di browser web Anda.

Demikian artikel singkat kami, yang mencakup semua informasi yang diperlukan tentang alasan, hasil, dan langkah-langkah cara hapus akun Google.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.