silver imac displaying collage photos

Kita tak bisa menampik fakta kalau teknologi mengubah gaya hidup dan juga sistem yang ada di lingkup bisnis. Kehadiran teknologi ini membawa banyak perubahan dan modifikasi sistem kerja yang ada.

Bukan hanya bisnis skala besar saja yang terpengaruh oleh teknologi. Tapi, bisnis skala kecil dan sedang pun turut terpengaruh. Nah, untukmu yang saat ini berprofesi sebagai wirausahawan atau pemilik bisnis. Yuk, simak cara memanfaatkan teknologi guna menunjang perkembangan bisnis yang kamu kelola.

Cara Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Menunjang Produktivitas

Cara pertama yang bakal kita bahas ini berhubungan dengan tingkat produktivitas kerja. Seperti yang kita semua tahu, produktivitas kerja akan sangat mempengaruhi tingkat pertumbuhan perusahaan.

Makin produktif bisnismu, maka semakin baik pula bagi kelancaran usahamu. Hadirnya teknologi ini tentunya bisa kamu jadikan ajang untuk melakukan inovasi dan improvement untuk meningkatkan produktivitas kerja!

Lalu, apa aja sih cara yang bisa kamu lakukan?

  • Pertama, kamu bisa memanfaatkan teknologi mesin canggih untuk menunjang efisiensi kerja dan biaya di perusahaan. Teknologi keren ini sudah banyak lho digunakan dalam dunia kerja. Bahkan, hampir semua perusahaan mulai beralih ke penggunaan mesin canggih ini. Contoh : Kamu punya usaha sablon. Alih-alih melakukan cara sablon manual. Kamu bisa menggunakan mesin sablon modern.
  • Kamu bisa menggunakan hardware (komputer, printer, telepon) dan software (Ms.Office, dsb) untuk menunjang produktivitas kinerja team management-mu. Penggunaan catatan manual tanpa perangkat digital sekarang ini sudah nggak efektif lagi untuk pekerjaan-pekerjaan office yang berulang. Dengan bantuan peralatan teknologi tersebut kamu dan karyawanmu bisa bekerja dengan lebih cepat, tepat, dan mudah.

Selain melalui cara diatas, masih ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan guna menunjang produktivitas kerja.

Cara Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Menunjang Sistem Pemasaran

close up photo of monitor

Pemasaran dan produksi itu bisa kita ibaratkan layaknya 2 hal yang saling berkaitan erat. Kalau kamu bisa menghasilkan produk, maka kamu harus bisa menjualnya. Sebaliknya, jika kamu mampu menawarkan dan menjual suatu barang maka kamu harus bisa memproduksinya!

Sistem pemasaran saat ini jadi jauh lebih gampang untuk dilakukan berkat adanya teknologi. Coba aja kita bandingkan dengan zaman dulu.

Dulu, jauh sebelum penggunaan teknologi meluas seperti sekarang. Pemasaran masih dilakukan secara manual. Kamu harus beriklan di koran, menyebarkan brosur yang entah akan dibaca atau tidak oleh konsumen, menyebarkan info produk dari mulut ke mulut, melakukan direct marketing dengan sistem door to door, dan mengadakan berbagai event fisik untuk promosi produk.

Kelemahannya? Ya, tentu ada di area/jangkauan promosi yang masih terbatas. Kamu nggak bisa memasarkan produk secara luas. Nah, beda lagi ceritanya kalau kamu menggunakan teknologi untuk melakukan promosi.

Lalu, apa aja sih hal yang bisa kamu lakukan?

  • Gunakan sosial media untuk promosi produk. Bisa dengan buat akun sosmed sendiri, endorse, atau paid content.
  • Bangun website dan channel Youtube perusahaan. Untuk traffic-nya sendiri bisa kamu dapatkan secara organic atau melalui iklan berbayar dengan sistem CPC di Google.
  • Beriklan di Billboard, TV, Radio, dan platform online lainnya.
  • Membuat konten-konten menarik dan bermanfaat yang berpotensi viral lalu membagikannya di berbagai platform.
  • Lakukan Email Marketing, Social Media Marketing, SEO untuk optimasi website, Search Engine Marketing dan lain sebagainya.

Nah, cara-cara diatas pastinya lebih gampang untuk kamu lakukan. Kamu bahkan nggak perlu pergi kemana-mana untuk melakukan sistem promosi ini. Dari kantor atau rumah sekalipun kamu sudah bisa melakukannya.

Cara Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Menunjang Pelayanan

person holding prosthetic arm

Oke, mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yakni tentang pelayanan. Eits, jangan salah! Teknologi juga bisa kamu manfaatkan untuk semakin memuaskan pelangganmu dari segi pelayanannya lho. Jadi, penggunaan teknologi tidak hanya terpaku pada bidang management, marketing, atau produksi saja.

Pelanggan merupakan sumber kehidupan bisnis. Jadi, kamu harus mampu memprioritaskan kepuasan pelangganmu. Jangan sampai nih, pelangganmu lari ke orang lain!

Nah, ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan :

  • Gunakan beragam jenis teknologi penunjang untuk lebih memuaskan pelanggan. Contohnya dengan menggunakan program kasir dan perangkat digital untuk mempermudah dan mempercepat input orderan.
  • Berikan opsi pemesanan online untuk mempermudah akses pelanggan ke produkmu. Manfaatkan e-commerce yang marak digunakan belakangan ini.
  • Selalu update informasi terbaru perusahaan, promo, produk baru di sosial media perusahaan, website, atau melalui DM langsung.
  • Menerapkan Customer Relationship Management. Salah satunya adalah menyediakan layanan call center yang bisa dihubungi pelanggan sewaktu-waktu.
  • Lakukan survey online kepuasan pelanggan guna mengetahui apa saja hal yang harus kamu perbaiki.
  • Sediakan beragam opsi pembayaran cashless.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Menunjang Layanan Pengiriman

a man stacking the boxes at the back of a car

Poin ini tentunya hanya berlaku khusus untukmu yang menjalankan bisnis sektor manufaktur dan perdagangan, bukan sektor jasa. Karena ini berkaitan dengan sistem pengiriman. Saat ini, di tengah deraan kemajuan teknologi. Ada banyak sekali opsi pengiriman yang bisa kamu aplikasikan ke bisnismu.

Kalau kamu belum punya kurir atau bagian delivery sendiri, kamu bisa memanfaatkan layanan kirim barang yang disediakan pihak lain. Contohnya nih, untuk pengiriman dalam kota kamu bisa pakai jasa kirim dari Gojek atau Grab.

Untuk pengiriman produk-produk ke uar kota atau yang jarak tempuhnya jauh. Kamu bisa bekerja sama dengan beberapa perusahan ekspedisi. Sebut saja ada JNE, J&T, Pos Indonesia, TIKI, dan sejenisnya.

Dengan beragam pilihan pengiriman tersebut, kamu bisa menjangkau lebih banyak lagi konsumen di luar sana. Tanpa harus bingung tentang gimana cara barang itu sampai ke tangan konsumen karena sudah ada jasa pengiriman.

Cara Memanfaatkan Teknologi Digital dalam Bidang Keamanan

two gray bullet security cameras

Keamanan merupakan salah satu hal vital yang harus benar-benar kamu perhatikan. Apalagi jika usahamu memiliki skala yang cukup besar. Selain mempekerjakan security, kamu juga bisa memperketat keamanan tempat usahamu dengan memasang CCTV. Jadi, apapun hal yang terjadi. CCTV tersebut bisa jadi bukti yang kuat.

Nah, kalau untuk masalah keamanan data yang tersimpan di komputer. Kamu bisa menginstal antivirus dan mempekerjakan ahli IT sebagai operator.

Rasa-rasanya teknologi sudah melekat dalam sektor bisnis. Hampir semua jenis bisnis telah menerapkan teknologi dalam sistem kerja mereka. Selain beberapa cara diatas, masih ada banyak sekali cara memanfaatkan teknologi untuk menunjang bisnis yang bisa kamu lakukan.

Aplikasinya pun semakin beragam dan tak terbatas dari 1 aspek saja.

Gimana? Apakah cara-cara diatas sudah kamu lakukan? Sudahkah kamu memanfaatkan teknologi dengan maksimal untuk menunjang bisnis? Atau kamu masih melakukan cara-cara manual dalam bekerja? Tinggalkan komentarmu di bawah ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!