Selain memiliki Toko di berbagai Marketplace tentunya seorang pebisnis wajib memiliki Toko Digital. Mengapa penting? Sebab Toko Digital ini dapat mempermudah customer saat membeli produk kita.

Memiliki toko digital pun membuat peluang bisnis Anda semakin terbuka lebar. Karena pasar bisnis Anda akan semakin luas tidak hanya mencakup marketplace dan media sosial. Bahkan tak menutup kemungkinan nantinya Anda bisa mendapat customer dari luar negeri.

Cara Mudah Membuat Toko Digital Menggunakan WordPress

Untuk Anda yang ingin membuat toko digital tak perlu repot-repot menyewa jasa pembuatan website. Sebab Anda dapat melakukannya sendiri menggunakan platform WordPress.

Untuk itu simak beberapa cara mudah membuat toko digital menggunakan WordPress berikut ini:

1. Mempersiapkan Domain dan Hosting Terbaik

Domain dan Hosting adalah elemen penting yang wajib Anda persiapkan sebelum membuat toko digital. Domain sendiri merupakan alamat website yang dapat Anda gunakan agar mempermudah customer mengakses toko digital Anda nantinya.

4 Situs Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia 2021

Contoh domain misalnya “tokodigital.com” atau jika menggunakan WordPress gratis menjadi “tokodigital.wordpress.com”. Maka dianjurkan persiapkan domain sesuai  dengan nama usaha yang Anda miliki.

Selain itu Domain ini jika diibaratkan adalah alamat toko digital Anda, sedangkan Hosting jika diibaratkan sebagai toko atau bangunan yang di dalamnya menyediakan berbagai produk Anda. Maka dari itu, dibutuhkan Hosting yang tepat untuk menjaga keamanan toko Anda dari bahaya virus, pencurian data dan lainnya.

Anda bisa membeli Hosting terbaik di beberapa platform yang sudah terpercaya. Biasanya banyak penyedia Hosting yang menyediakan Hosting dengan berbagai fitur kekinian, bonus Domain, hingga gratis berlangganan selama satu tahun.

5 Layanan Web Hosting Gratis Terbaik 2021

Satu hal lagi, jika untuk membuat toko digital tentu sangat disarankan untuk mempersiapkan Domain terbaik dengan cara membeli Domain atau berlangganan WordPress Pro. Sehingga nantinya Domain toko Anda akan langsung menjadi “.com” tanpa ada “wordpress.com”.

Layanan Hosting Niagahoster Diskon sampai 75%

Selain dari WordPress Pro, anda juga dapat menggunakan situs layanan hosting dari Indonesia yang saya rekomendasikan, yaitu Niagahoster menggunakan kode promo “mufazan” untuk mendapatkan potongan sebesar 5% ketika membeli produk di website tersebut.

Atau Anda dapat membeli produk di Niagahoster dengan link referral berikut:

Hosting Unlimited Indonesia

2. Menginstall WordPress

Setelah mempersiapkan domain dan hosting tadi, cara selanjutnya yaitu menginstal WordPress sebagai CMS atau Content Management System sebagai mesin website Anda. Pastikan provider hosting yang Anda pilih ini sudah menyediakan fitur Softaculous untuk Anda. Fitur tersebut tentunya dapat digunakan untuk melakukan instalasi WordPress melalui Cpanel.

Niagahoster juga menawarkan kemudahan dalam pembuatan website melalui wordpress. Anda dapat mencoba membeli dengan potongan harga di link referral berikut:

Cloud Hosting Indonesia

3. Membuat Layout yang Menarik

Cara selanjutnya yaitu membuat layout yang menarik untuk toko digital Anda di WordPress. Layout atau tata letak ini bisa digunakan untuk menonjolkan kelebihan dari toko digital Anda.

Di sini Anda bisa membuat tata letak secara unik dan elegan agar memudahkan customer dalam melakukan pembelian. Jika bingung, Anda bisa mencari referensi tata letak yang unik dari toko digital lainnya.

Tata letak toko digital yang ideal biasanya mencakup halaman produk, halaman informasi pembayaran, checkout, fitur chat untuk menghubungi admin, tracking resi, cek ongkir, menu-menu kategori dan lain sebagainya.

4. Menginstall Plugin Terbaik

Plugin sangat Anda perlukan sebab Plugin ini merupakan etalase toko yang dapat mengatur tata letak produk, pembelian harga dan lainnya secara mudah. Anda bisa memilih Plugin yang dibutuhkan sesuai kebutuhan.

Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan di internet terkait Plugin ini. Tetapi banyak juga yang merekomendasikan Plugin WooCommerce untuk digunakan di toko digital.

5. Mengoperasikan Toko Digital Dengan Optimal

Setelah memiliki website, pengetahuan mengenai suatu produk adalah salah satu hal yang penting. Untuk mengetahui banyak peminat dan target pasar suatu produk dapat anda teliti di berbagai Online Shop besar.

Setelah itu, ketika toko digital anda telah berjalan, anda perlu menggunakan suatu alat analisis mengenai penjualan produk. Alat analisis ini berguna untuk mengetahui mana produk anda yang kurang menarik dan paling menarik yang berguna untuk pembuatan keputusan-keputusan mengenai perkembangan produk.

Selain menggunakan alat analisis, anda juga dapat membaca berbagai feedback dari pembeli. Selain untuk kegunaan analisis, feedback dari pembeli juga dapat digunakan sebagai Testimonials yang berguna untuk menambah kepercayaan calon pembeli.

Setelah itu, anda dapat menggunakan pengiklanan dari berbagai tokoh seperti Selebgram atau lainnya untuk menambah daya tarik produk anda.

Selain dari website, anda dapat menggunakan sosial media sebagai salah satu sarana penjualan. Melihat dari segi perkembangan, peminat dari sosial media terus meningkat dari waktu ke waktu.

Ketika anda telah memiliki Website maupun akun Sosial Media, anda juga perlu membuat konten ke dalamnya. Contohnya adalah artikel, konten/feed, dan lain sebagainya yang berguna untuk menambah daya tarik calon pembeli.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Jadi itulah beberapa cara untuk membuat toko digital lewat WordPress yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Setelah toko digital Anda selesai dibuat, saatnya mengoperasikan toko digital Anda secara maksimal. Dengan adanya toko digital ini tentu saja harapannya bisnis Anda ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. 

Comments (3)

  1. Pingback: Mudahnya Membuat Website Secara Gratis di WordPress - Mufazan

  2. Pingback: Manfaat Memiliki Website Toko Untuk UMKM - Mufazan

  3. Pingback: Pengertian dan Manfaat Hosting bagi Bisnis - Mufazan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.