Dibawah ini adalah panduan cara membuat Google form di hp. Google Form merupakan layanan yang disediakan oleh Google dan berguna untuk membuat survei atau kuesioner online terbaik hingga saat ini. Karena selain kemudahan penggunaan dan aplikasi, layanan milik Google ini juga gratis alias free.

Dengan menggunakan Google Forms, Anda dapat membuat berbagai bentuk formulir pendaftaran aktivitas dan kuesioner atau survei opini, serta Anda dapat membuat dan menyesuaikan berbagai bentuk pertanyaan sesuka hati.

Keluaran atau hasil yang disajikan dalam bentuk jawaban juga menarik karena dianalisis secara otomatis dan kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik, sehingga memudahkan untuk membaca data yang akan Anda kumpulkan.

Apa itu Google Form (Formulir) ?

Google Form atau Google Formulir merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Anda dapat menggunakannya untuk membuat formulir online yang memenuhi berbagai kebutuhan.

Jika Anda tidak tahu cara membuatnya, silakan pelajari cara membuat Google Form terlebih dahulu.

Fungsi Google Form

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Google Form atau Google Formulir adalah layanan yang menyediakan pembuatan formulir secara online.

Jika Anda sudah memiliki akun Gmail dan dapat mengaksesnya dari smartphone atau PC, Anda dapat menggunakan layanan ini.

Dalam penggunaan Anda sendiri, Google Form telah terintegrasi dengan aplikasi lain, seperti Google Docs atau Drive, agar Anda dapat dengan mudah membukanya dari mana saja.

Pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail untuk membuat Google Form.

Fungsi Utama Google Form

Ada banyak kegunaan dari Google Forms, dan Anda dapat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Layanan ini biasanya banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk penelitian, survei, formulir pendaftaran, dll.

Menggunakan layanan Google Forms berarti Anda tidak perlu lagi mencetak kertas. Dengan penggunaan yang praktis, Anda bahkan bisa memakainya kapan saja, di mana saja.

Berikut adalah beberapa penggunaan Google Forms yang sering kita jumpai:

  • Ikuti kuis atau tes online
  • Lakukan survei
  • Buat formulir pendataan warga
  • formulir pendaftaran
  • Pengumpulan data dan formulir penelitian skripsi
  • Formulir Lamaran Pekerjaan

Selain kegunaan Google Forms, Anda tidak perlu khawatir kehilangan atau menyembunyikan data.

Pasalnya, semua data yang dimasukkan otomatis tersimpan di server Google. Oleh karena itu, layanan ini bisa dikatakan sangat aman, praktis dan nyaman, dan yang terpenting bisa digunakan secara gratis.

Bagi yang masih bingung cara membuat Google Form ternyata sangat simple dan mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu menyiapkan handphone, laptop atau komputer pribadi yang terkoneksi dengan internet. Berikut beberapa cara membuat Google form di hp !

Cara Membuat Survei Online Menggunakan Google Form

Sebenarnya banyak sekali layanan formulir online gratis di internet yang bisa digunakan untuk melakukan survei atau kuesioner online. Salah satu yang lebih populer dan sederhana adalah google form. Kali ini kami akan memberikan tutorialnya. Termasuk layanan atau aplikasi survey.

Cara Mudah Sederhana Membuat Survei dan Kuesioner Google Form di HP

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat survei di Google Forms melalui HP.

1. Silahkan buka aplikasi browser di smartphone Anda dan kunjungi halaman Google Forms.

2. Masukkan judul yang diinginkan di bidang formulir tanpa judul. Jika sudah, silahkan masukkan jenis pertanyaan yang ingin ditanyakan pada kolom “Untitled Question”.

3. Untuk memperjelas masalah ini, pengguna juga dapat menyertakan foto menggunakan icon bingkai. Untuk melakukan ini, cukup klik ikon galeri yang tercantum di sisi kanan pertanyaan dan pilih foto yang ingin Anda unggah.

4. Selain itu, pengguna pun dapat memilih cara responden menjawab pertanyaan dengan memilih opsi pada kolom 1.

5. Pada kolom ini, silahkan pilih jenis jawaban yang Anda inginkan, mulai dari pilihan ganda, checkbox, short text field, dll.

6. Untuk menambahkan bidang pertanyaan, pengguna cukup mengklik ikon plus. Ikon ini terletak di bagian bawah layar smartphone.

8. Jika menurut Anda pertanyaan tidak pantas, Anda juga dapat menghapus pertanyaan yang tidak diinginkan dengan menekan tombol dengan ikon tempat sampah.

9. Setelah membuat pertanyaan, pengguna dapat mengklik ikon “Kirim” atau “Send”.

Ada beberapa metode untuk mengirimkan/menyebarkan formulir di Google Formulir.

Pengguna dapat mengirim Google Formulir melalui email, menambahkan alamat email responden satu per satu di kolom yang terdaftar.

Cara Lengkap Membuat Google Form di HP

Membuat Google Forms sebenarnya bisa dilakukan dimana saja, termasuk handphone. Baik itu Android atau iPhone, selama Anda dapat menjelajahi Internet dan memiliki browser, Anda bisa!

Berikut langkah-langkah cara membuat Google form di hp:

1. Pertama gunakan browser untuk membuka URL https://docs.google.com/forms, dimana kami menggunakan Google Chrome (disarankan)

2. Untuk mengedit pengaturan browser agar tampilan versi desktop lebih rapi dan nyaman, klik/pilih di menu pengaturan browser, lalu centang situs desktop hingga tampilannya seperti ini:

3. Kemudian mulailah membuat formulir Anda untuk menggunakan template atau tema yang disediakan dengan cepat dan mudah, atau pilih yang kosong, karena kami akan membuat dan menyesuaikannya sendiri. Kemudian edit formulir Anda dengan memberikan nama formulir, deskripsi formulir, jenis formulir pertanyaan dan jawaban (jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, dropdown, dll.).

4. Ajukan pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda yang Anda tentukan untuk dipilih responden, misalnya ada 2 pilihan jenis kelamin, laki-laki dan perempuan.

5. Kemudian tambahkan pertanyaan lain dengan memilih + (tanda plus) di sebelah kanan

6. Tambahkan pertanyaan atau bidang yang diperlukan, misalnya usia

7. Tambahkan pertanyaan yang Anda butuhkan. Misalnya soal pilihan ganda.

8. Agar google form lebih menarik, silahkan tambahkan foto judul form dengan memilih menu bingkai cat warna warni > pilih gambar > upload > pilih gambar/foto yang ingin digunakan > crop dan lengkapi seperti berikut Langkah.

9. Selain judul foto, Anda juga bisa mengatur warna tema dan memilih warna yang di inginkan

  • Logo Palet Cat untuk mengubah tampilan
  • Logo mata untuk melihat atau contoh dari Google Form kita
  • Tombol SEND untuk mengirim/copy link google form kita

10. Pada tahap ini Google form Anda sudah dibuat, sekarang saatnya untuk berbagi dengan responden dengan memilih untuk mengirim atau SEND di Google form.

Anda dapat mengirimkan tautan ke kuesioner online Google Forms melalui email, atau menyalin tautan dengan memilih logo tautan, setelah menggunakan tombol SEND.

Cara Melihat Google Forms yang di Dikirim

Setelah membagikan tautan Google Form, saatnya untuk melihat hasil responden berupa jawaban atau tanggapan yang diberikan oleh semua orang. Sangat mudah untuk melihat hasil atau jawaban kuesioner Google Formulir yang diisi orang.

Cara Lihat Hasil Respon Google Form di HP

1. Buka formulir yang dibuat sebelumnya dan pilih umpan balik/responses.

2. Lihat setiap jawaban yang diberikan oleh responden. Anda dapat memilih setiap jawaban secara lebih rinci di bagian ringkasan (keseluruhan data), pertanyaan (setiap pertanyaan), dan individu (perorang).

Begitulah cara membuat Google Form yang sederhana dan lengkap atau rumit menggunakan HP. Semoga bermanfaat~

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.