Bahasa pemrograman atau yang juga sering disebut sebagai Bahasa Komputer atau Bahasa Pemrograman Komputer merupakan suatu instruksi untuk menjalankan suatu perintah pada komputer.

Bahasa ini memungkin seorang programmer untuk dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data tersebut disimpan/diteruskan, dan jenis langkah yang akan diambil dari berbagai situasi secara persis.

Fungsi utama Bahasa Pemrograman ini tentu saja untuk memberikan perintah pada komputer untuk melakukan sesuatu atau mengolah data sesuai dengan keinginan kita sebagai operator/pengguna. Produk dari hasil instruksi tersebut dapat berupa suatu program atau aplikasi tertentu.

Contoh gampangnya nih, seperti aplikasi kasir di mall, resto, dan swalayan yang pastinya sering kamu temui.

Ragam Bahasa Pemrograman

Kita sendiri mengenal banyak sekali jenis Bahasa Pemrograman di dunia. Beberapa Bahasa Pemrograman yang paling terkenal dan pasti sering kamu gunakan (jika kamu seorang programmer) adalah Java, Javascript, Python, PHP, C, C++, dan lain sebagainya.

Bahasa Pemrograman tersebut sudah dirilis puluhan atau belasan tahun silam lho. Meski begitu, eksistensinya tak memudar. Nah, diantara Bahasa Pemrograman tersebut kira-kira mana nih yang lebih banyak kamu gunakan?

Bahasa-bahasa di atas sering sekali digunakan untuk membuat aplikasi seperti game, antivirus, web, aplikasi management, dan berbagai program lainnya. Di pembahasan kali ini, kita akan mengupas beberapa jenis Bahasa Pemrograman Komputer Terbaru yang belum lama ini dirilis. Kebanyakan Bahasa Pemrograman yang akan kita bahas rilis pada awal tahun 2000-an.

Penasaran apa saja Bahasa Pemrograman tersebut? Yuk, simak ulasannya dibawah ini :

1. Bahasa Pemrograman Golang

Ya, yang pertama adalah Bahasa Pemrograman Golang. Hmm, kamu pasti masih merasa asing dengan Bahasa Pemrograman satu ini, kan? Meskipun Bahasa Pemrograman ini terlihat menjanjikan, namun penggunaannya sendiri masih sangat terbatas dan belum bisa menjamah semua aplikasi. Inilah alasan kenapa Golang kurang populer.

Sebagai informasi tambahan, Golang ini merupakan hasil kolaborasi Google dengan Ken Thompson, Robert Griesemer dan Rob Pike. Golang pertama kali dirilis pada tahun 2009. Sifatnya sendiri open source dan ditulis dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C. Tujuanya sendiri, untuk meningkatkan produktivitas programming.

Apakah kamu tertarik memakai Bahasa Pemrograman ini? Ini dia beberapa kelebihan Golang yang harus kamu tahu :

  • Golang telah mendukung fungsi concurrency dan footprint. Tentunya hal ini membuat aplikasi ini cocok untuk pengembangan back end. Salah satu platform yang memakai Bahasa Pemrograman ini sendiri adalah Dropbox.
  • Ada cukup banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan Golang. Contohnya nih, kamu bisa membuat sistem kompleks yang butuh kinerja tinggi dan membangun developer team yang scalable.
  • Bisa kamu gunakan untuk merumuskan kode server jaringan seperti server web dengan layanan minim.
  • Cocok banget buat kamu yang ingin buat aplikasi dalam waktu singkat dengan budget minim.
  • Lebih gampang dipelajari dan memiliki garbage collector.

Untuk kekurangannya, karena terbilang cukup baru. Golang masih memiliki beberapa aspek yang perlu dikembangkan. Pilihan framework-nya sendiri masih sedikit dan tidak memiliki manajemen memori manual.

Gimana? Tertarik menggunakan Golang?

2. Kotlin

Bahasa Pemrograman Komputer Terbaru kedua adalah Kotlin. Dibandingkan Golang, Kotlin ini dirilis lebih akhir lho. Yakni pada Februari 2016. Kotlin sendiri makin populer di kalangan developer setelah Google mengumumkannya sebagai salah satu bahasa resmi untuk membuat aplikasi Android pada tahun 2017!

Kotlin ini juga bersifat open source. Sama seperti Bahasa Pemrograman Java, Kotlin sekarang ini banyak dipakai untuk melakukan pengembangan aplikasi di platform Android. Bahasanya pun bersifat interoperability, dimana kamu bisa beralih dari Bahasa Java ke Kotlin dengan cepat.

Oh, iya buat kamu yang masih ragu untuk menggunakan Kotlin. Ada fakta unik yang perlu kamu ketahui. Berdasarkan data statistik Google, tercatat ada hampir 80% dari 1000 aplikasi teratas di Google Play store yang diramu menggunakan Kotlin!

Keunggulan Bahasa Pemrograman Kotlin

  • Kotlin bisa dikatakan sebagai Bahasa Pemrograman penyempurnaan dari Java untuk mengembangkan aplikasi di Android.
  • Bisa berjalan di mana saja, bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan server, back end, aplikasi desktop dan juga website.
  • Mature : aplikasi ini adalah Bahasa pemrograman modern yang sudah matang.
  • Concise : ringkas dan dapat dioperasikan bersamaan dengan Java dan bahasa lainnya.
  • Safe Code  : Kotlin juga akan menjamin bahwa bahasa yang kita tulis sebisa mungkin tidak akan eror saat proses kompilasi. Salah satu fitur yang menunjang fungsi ini adalah fitur Null-Safety.
  • Versatile : bisa kamu gunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile, client-side ataupun server-side.
  • Memiliki fitur yang beraneka ragam.
  • Kotlin sudah diakui secara akademis dan cukup populer di dunia industri.
  • Memiliki konsep dasar yang mudah dipahami.

Nah, dari berbagai keunggulan tersebut kita dapat menyimpulkan kalau Kotlin ini cocok dipelajari terlebih untukmu yang ingin membangun aplikasi multi platform. Kotlin juga telah didukung penuh oleh Google untuk membangun aplikasi Android. Selain itu, Bahasa Pemrograman Komputer Terbaru ini juga mendukung berbagai paradigma pemrograman, misalnya Object Oriented Programming (OOP) dan Functional Programming.

Gimana? Tertarik untuk belajar Bahasa Pemrograman satu ini?

3. Bahasa Pemrograman Swift

Swift - Apple Developer

Kalau Golang diperkenalkan pada tahun 2009 dan Kotlin pada tahun 2016. Maka, di tengah-tengahnya ada perilisan Bahasa Pemrograman Swift! Swift ini adalah Bahasa Pemrograman objek fungsional untuk iOS dan OS X yang dibuat oleh Apple. Apple memperkenalkan Swift ini pada tahun 2014 di acara tahunnya, yani WWDC.

Bahasa Pemrograman Komputer Terbaru Swift sendiri didesain oleh beberapa orang yakni : Chris Lattner, Doug Gregor, John McCall, Ted Kremenek, Joe Groff, Apple.

Bahasa ini juga dikembangkan berdampingan dengan Objective-C dan menghindari program dari kode yang salah. Swift juga dibangun dengan compiler LLVM yang termasuk dalam Xcode 6 beta. Pada 2 Juni 2014, aplikasi WWDC menjadi yang pertama kali dirilis ke public yang ditulis menggunakan Bahasa Pemrograman Swift.

Saat ini, Swift telah menjadi salah satu Bahasa Pemrograman yang cukup populer di dunia. Bahkan, berdasarkan survey dari StackOverflow, Swift merupakan bahasa komputer favorit kedua. Sebagai informasi tambahan, Swift ini dijadikan Bahasa Pengantar untuk pengembangan Mac, iOS, dan platform utama Apple.

Bahasa ini pun dianggap cukup aman karena Swift memiliki manajemen memori yang bagus. Para developer tak perlu takut akan masalah ini. Itulah sekilas tentang Swift!

Seiring dengan semain berembanganya dunia teknologi IT. Maka, akan ada lebih banyak lagi Bahasa pemrograman baru yang akan terus muncul ke depannya. Kalau kamu tertarik dalam bidang pemrograman komputer ini, yuk selalu tingkatkan pemahamanmu dan pelajari Bahasa-bahasa Pemrograman baru tersebut untuk meningkatkan skill yang kamu miliki.

Sekian, semoga bermanfaat ya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!