Digital Skill yang Wajib Dimiliki di Abad 21

6 0
digital-skill-adalah

Digital skill adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh semua orang yang dapat membantu performa kita saat bekerja di masa depan.

Apalagi, sekarang ini kita sudah mulai beralih dari marketing 4.0 ke marketing 5.0 yang dimana perkembangan teknologi saat ini sudah semakin berkembang dan makin banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Maka dari itu, jika kalian adalah seorang fresh graduate atau ingin menjalani karir baru, kalian harus memiliki keterampilan digital supaya dapat menarik perhatian HR. Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas apa itu digital skills dan kenapa keterampilan ini sangat penting dan patut untuk dipertimbangkan.

Apa Itu Digital Skill?

Digital Skill Adalah

Menurut laman digitalskills.unlv.edu, digital skill adalah kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan, berbagi, dan membuat konten dengan menggunakan perangkat digital seperti komputer dan smartphone.

Saat ini, digital skill sangat dibutuhkan di tempat kerja, maka dari itu, banyak perusahaan yang berharap sebagian besar karyawan mereka memiliki keterampilan ini.

Teknologi adalah pusat kehidupan kita, dan seiring meningkatnya ketergantungan penggunaan internet dan digital communication, maka tenaga kerja harus bisa berkembang dan mengikuti tren penggunaan teknologi saat ini.

Kenapa Harus Memiliki Digital Skill?

Transformasi digital saat ini sedang meningkat pesat dan mempengaruhi setiap industri bisnis.

Sekarang, petani tidak lagi sekadar menabur benih dan memanen saja, mereka sudah mulai menggunakan teknologi yang dapat memantau dan mengatur sistem supaya lahan pertanian mereka lebih menguntungkan, efisien, dan berkelanjutan.

Selain itu, sekarang sudah ada aplikasi food delivery yang membantu restoran untuk memberikan pilihan menu kepada pelanggan dan mengantar makanan ke rumah pelanggan secara langsung.

Jadi, kalian sudah sadar bukan bahwa pergeseran massal operasi bisnis tradisional ke digital sudah semakin cepat beberapa tahun terakhir ini, kan?

Maka dari itu, tanpa memiliki keterampilan yang kuat, kalian tidak dapat bersaing dengan teknologi atau bahkan pelamar lainnya yang memiliki kekuatan di bidang digital.

Dengan mengembangkan digital skill yang lebih baik, kamu akan mendapat kesempatan untuk berkontribusi di perusahaan, membangun karir di masa depan, dan menjelajahi berbagai peluang karir profesional.

Digital Skill Apa Saja Yang Harus Dimiliki Untuk Entry-Level?

Jika kalian adalah seorang fresh graduate dan baru ingin memulai karir baru, maka ada beberapa digital skill yang wajib kalian pelajari dan kuasai. Berikut adalah beberapa digital skill dasar supaya kalian bisa mendapatkan posisi entry-level di suatu perusahaan,

  • Berkomunikasi melalui email.
  • Melakukan research secara online.
  • Menggunakan alat kolaborasi berbasis cloud seperti Google Drive, DropBox, dan MIcrosoft Teams.
  • Membuat dan mengelola spreadsheet dan dokumen digital.
  • Manajemen perangkat dasar seperti menghubungkan perangkat ke internet atau menginstal/memperbarui software.
  • Screen sharing saat video call..
  • Menggunakan kalender online dan mengelola jadwal secara efisien.

Keterampilan-keterampilan ini setidaknya harus kalian kuasai karena saat ini hampir semua perusahaan mulai menggunakan alat-alat ini.

Bagaimana Cara Meningkatkan Digital Skill?

Setelah kamu tahu betapa pentingnya keterampilan ini, sekarang kami akan membagikan tips cara meningkatkan digital skill yang dapat kalian cantumkan di dalam resume kalian.

1. Belajar Sendiri/Otodidak

Cara pertama untuk meningkatkan digital skill adalah mencoba-coba atau mempelajari alat-alat digital secara mandiri.

Kamu hanya perlu mencoba-coba beberapa platform digital seperti Google. Google memiliki banyak layanan yang dapat kita akses secara gratis. Manfaatkanlah platform tersebut untuk mempelajari fitur-fitur yang ada di dalam layanan Google, seperti Gmail, Google Meet, Google Drive, dan lain sebagainya.

2. Kursus Online Gratis

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan keterampilan digital kalian adalah dengan mengikuti kelas online gratis.

Saat ini sudah ada banyak sekali platform edukasi yang berbagi kelas secara gratis. Seperti Google Digital Garage, HubSpot Academy, dan Coursera, dan lain sebagainya. 

Manfaatkan platform-platform tersebut untuk mendapat materi lanjutan yang kalian butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan impian kalian. Tapi jangan lupa untuk mempraktekkan ilmu itu sendiri supaya kalian tidak lupa cara mengoperasikannya.

3. Kelas Online Sertifikat

Selain belajar online secara gratis, ada baiknya juga kalian mencari kelas online yang menyediakan sertifikat juga.

Salah satu contoh platform edukasi yang menyediakan sertifikat secara gratis adalah HubSpot, Coursera, Google Digital Garage, dan lain sebagainya. Tapi, sertifikat tersebut biasanya hanya untuk kelas-kelas tertentu saja.

Jika kalian ingin mendapatkan sertifikat dengan level advance atau lebih tinggi, kalian bisa membeli kelas online di Coursera atau Udemy. Sertifikat tersebut akan berguna sekali karena beberapa perusahaan melihat sertifikat tersebut sebagai penilaian karyawan baru.

5 Digital Skill Paling Banyak Dicari Perusahaan

Penjelasan sebelumnya adalah keterampilan dasar yang wajib kalian kuasai. Tapi, jika kalian mengincar posisi pekerjaan yang lebih spesifik dan paling banyak dicari perusahaan, maka kalian wajib memiliki digital skill berikut ini.

1. Social Media

Social Media

Keterampilan digital pertama yang paling banyak dicari oleh perusahaan adalah media sosial. Saat ini, hampir semua industri bisnis mengandalkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness, engagement, dan juga sales.

Jika kamu tertarik memulai karir di bidang media sosial, maka kalian harus memiliki kemampuan dan keterampilan berikut ini:

  • Dapat membuat konten yang menarik.
  • Mengatur dan mengelola akun yang banyak.
  • Membuat cerita dalam bentuk visual.
  • Social media planning.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik dengan audiens.

2. Search Engine Optimisation (SEO)

SEO

Digital skill kedua yang paling banyak dicari perusahaan adalah mereka yang memiliki keahlian meningkatkan posisi halaman website dengan menggunakan teknik SEO.

Salah satu syarat untuk bisa menjadi seorang SEO specialist adalah:

  1. Dapat melakukan research keyword.
  2. Mengetahui keyword yang evergreen (abadi).
  3. Audit website.
  4. Riset performa website kompetitor.
  5. Paham algoritma search engine.
  6. Menulis artikel berbasis SEO.

3. UI/UX

UI/UX

User experience (UX) dan user interface (UI) adalah salah satu keterampilan yang paling banyak dicari oleh perusahaan besar. 

Keterampilan ini akan membantu perusahaan untuk membuat situs website yang lebih profesional dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Jika kalian tertarik dengan profesi yang satu ini, maka keterampilan yang harus kalian miliki adalah:

  1. Dasar desain website.
  2. Copywriting.
  3. Psikologi

4. Programming

Programming

Programming adalah keterampilan yang memungkinkan kalian untuk memahami bahasa pemrograman seperti Python, C++, Java, JavaScript, PHP, dan lain sebagainya.

Profesi ini sudah mulai banyak dicari perusahaan karena mereka membutuhkan seorang ahli yang dapat membangun sebuah website atau aplikasi perusahaan yang interaktif dan dinamis.

5. Cybersecurity

Cybersecurity

Skill digital terakhir yang paling banyak dicari adalah cybersecurity.

Seperti yang kita tahu, saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai sadar akan ancaman pencurian data privasi yang terjadi di internet. Apalagi, sekarang ini perkembangan fintech sudah mulai meningkat dan semua transaksi pembayaran dapat dilakukan melalui smartphone.

Maka dari itu, cybersecurity menjadi salah satu keterampilan yang paling banyak dicari oleh perusahaan, termasuk industri keuangan. 

Yuk Kembangkan Digital Skill Dari Sekarang

Digital skill adalah suatu keterampilan yang sangat wajib kalian kuasai saat ini. Tanpa adanya keterampilan ini, kalian akan kesulitan untuk bersaing dengan rekan kerja atau teman-teman kamu di masa depan. Jadi, yuk mulai sekarang kembangkan keterampilan ini!

Leave a Reply

error: Content is protected !!