Asian woman student video conference e-learning with teacher on computer in living room at home. E-learning ,online ,education and internet social distancing protect from COVID-19 viruses.

Karena COVID-19, muncullah beragam metode pendidikan baru yang saat ini mulai digunakan untuk menggantikan sistem pendidikan konvensional. Sebelumnya, kamu mungkin masih merasa asing dengan sistem pendidikan online. Kamu terbiasa untuk bangun pagi lalu berangkat ke sekolah, bertemu dengan guru dan kawan-kawanmu di kelas, serta belajar bersama-sama.

Sayangnya, pandemi membuat kita semua harus mengurangi aktivitas fisik di luar rumah. Hal ini membuat pembelajaran offline di sekolah jadi nggak memungkinkan. Alhasil, kamu harus belajar di rumah dengan sistem E-Learning.

Yup, sistem E-Learning baru-baru ini menjadi terobosan baru sistem pembelajaran secara online. Kamu mungkin sudah nggak asing lagi dengan sistem ini. Nah, buat kamu yang sedang menjalani sistem belajar dengan metode E-Learning atau untukmu yang tertarik Mengenal E-Learning lebih jauh. Yuk, simak pembahasan tentang E-Learning berikut ini :

Mengenal E-Learning Lebih Jauh

Oke, mari kita bahas pengertian E-Learning terlebih dahulu. E-Learning atau pembelajaran online merupakan suatu sistem pembelajaran formal/in-formal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi, sehingga memungkinkan kamu (siswa/pengajar) untuk belajar dari mana saja dan kapan saja secara online.

Dalam sektor formal, E-Learning ini diterapkan di sekolah-sekolah resmi. Sementara untuk sektor informal sendiri, E-Learning ini bisa berupa kursus online, seminar online, dan sebagainya.

Untuk medianya sendiri, E-Learning membutuhkan perangkat digital (seperti PC, Laptop, Komputer, Tablet, Smartphone, dsb) yang dapat terkoneksi dengan internet. Selain itu, kamu juga harus menginstal aplikasi/perangkat lunak untuk melakukan proses E-Learning tersebut.

Baca Juga : Kendala yang Sering Dihadapi dalam Penerapan Sistem E-Learning di Indonesia

Contoh perangkat lunak/aplikasi tersebut : Aplikasi Video Conference (Zoom, Googe Meet, dsb), Aplikasi Kursus Online (Ruang Guru), Aplikasi-aplikasi E-Learning yang diluncurkan oleh sekolah, Aplikasi E-Learning lainnya (Indoprima, Edmodo, Google Classroom), Google Suite, Aplikasi Chat Online (WhatsApp dan Line), dan masih banyak lagi.

Sekarang ini, berkat populernya sistem belajar dengan E-Learning. Ada lebih banyak aplikasi penunjang sistem belajar online (baik formal dan informal) yang bisa kamu instal di smartphone-mu lho. Untuk pengguna Android, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store. Sementara itu, untuk pengguna iOS, kamu bisa mengunduhnya di App Store.

Karakteristik E-Learning

Nah, ini dia beberapa karakteristik E-Learning yang membedakannya dengan pembelajaran konvensional lainnya :

  • Daya tangkap murid tidak bergantung sepenuhnya pada guru melainkan siswa mengkonstruksi sendiri ilmu pengetahuan yang dimilikinya melalui bahan ajar yang disampaikan melalui interface situs web.
  • Sumber informasi pengetahuan tersebar dimanapun dan dapat diakses dengan mudah oleh setiap orang. Hal ini tentunya dikarenakan oleh sifat media internet yang sudah mengglobal dan bisa diakses siapapun, termasuk kamu.
  • Lembaga pendidikan dan pengajar akan berperan layaknya pembimbing/mediator.
  • Akan diperlukan restrukturisasi terhadap kebijakan sistem pendidikan, kurikulum, dan manajemen yang mendukung pemanfaatan TIK yang lebih optimal.

Mengenal E-Learning Berdasarkan Model-Model Pembelajarannya

Nah, ini dia beberapa model pembelajaran E-Learning yang tentunya harus kamu ketahui :

1.     Web-Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Web

Model E-Learning pertama yang pastinya sering juga kamu lakukan adala Web-Based Learning. Sesuai dengan namanya, “web”. Di model pembelajaran online satu ini, kamu akan menggunakan situs web sebagai media pembelajaran online-mu.

Di situs web ini, kamu bisa berkomunikasi dan belajar jarak jauh bersama rekan dan gurumu, menerima ajaran, mengunduh tugas, mengumpulkan tugas, melihat perkembangan nilai tugas, berdiskusi dalam forum, mengikuti kuis, mencentang list kehadiran, berbagai informasi dalam web seputar pelajaran, dan aktivitas lainnya.

Contoh penerapan sistem Web-Based Learning ini ada di sistem E-Learning yang dimiliki oleh Universitas Terbuka. Mahasiswa yang terdaftar, akan mengikuti tuton (tutorial online) di situs E-Learning khusus UT yang bisa diakses di laman web : www.elearning.ut.ac.id. Di laman web ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas pembelajaran seperti yang disebutkan diatas lho.

2.     Computer Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Komputer

Sederhananya, bisa kamu artikan sebagai metode pembelajaran yang menggunakan komputer. Di sistem belajar online, apalagi di masa saat internet sudah sangat berkembang saat ini. Komputer tidak lagi menjadi barang tersier yang hanya dimiliki oleh segelintir kalangan.

Saat ini, kita (baik karyawan atau siswa) pasti membutuhkan komputer untuk menunjang aktivitas kerja dan belajar. Komputer pun jadi salah satu alat yang kehadirannya memang sangat kita butuhkan.

Belajar dengan komputer, baik mengerjakan file tugas dan aktivitas lainnya ini merupakan salah satu metode pembelajaran E-Learning dengan Computer Based Learning.

3.     Virtual Education atau Pendidikan Virtual

Pendidikan virtual merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang terjadi di sebuah lingkungan belajar dimana pengajar dan siswa berada dalam tempat yang terpisah. Pihak pengajar akan menyajikan materi melalui aplikasi tertentu (seperti Video Conference) dengan memanfaatkan internet.

4.     Digital Collaboration atau Kolaborasi Digital

Yakni kegiatan belajar dimana peserta didiknya merupakan hasil kolaborasi dari kelompok yang berbeda (bisa beda kelas, beda sekolah, bahkan antar negara sekalipun). Untuk bersama-sama  belajar dalam suatu proses.

Kelebihan E-Learning

Nah, ini dia beberapa kelebihan E-Learning yang akan membuatmu semakin semangat belajar dengan sistem ini :

  • Sebagai fasilitas e-moderating : guru dan siswa dapat saling berkomunikasi melalui internet tanpa batasan jarak, ruang, dan waktu.
  • Siswa dan pengajar dapat menggunakan bahan ajar yang terstruktur dan terjadwal sehingga keduanya bisa saling menilai seberapa jauh bahan ajar yang tengah dipelajari.
  • Siswa dapat mereview bahan ajar tersebut setiap saat, karena bahan ajar tersebut bisa diakses sewaktu-waktu di perangkat digitalnya.
  • Siswa dapat dengan lebih mudah mendapatkan informasi seputar materi pembelajaran yang harus dipahami.
  • Memungkinkan adanya diskusi di internet dengan jumlah peserta yang banyak sehingga akan diperoleh ilmu dan wawasan yang lebih luas.
  • Peran siswa akan jadi lebih aktif dan mandiri.
  • Sistem belajar jadi lebih efisien dan efektif.
  • Kegiatan belajar dapat dilakukan darimanapun kamu berada. Sekalipun kamu berada di luar kota atau di rumah.

Kekurangan E-Learning

  • Sayangnya di Indonesia sendiri, sarana dan prasarana untuk melakukan E-Learning ini terbilang masih minim dan kurang merata. Terutama di daerah pinggiran dan di pedesaan.
  • Kita tak dapat berinteraksi secara langsung sehingga hal ini menghambat perkembangan kemampuan untuk bersosialisasi yang kita miliki.
  • Siswa yang tidak memiliki motivasi yang tinggi, cenderung berpotensi untuk gagal.
  • Kurangnya tenaga profesional yang menguasai internet ini.
  • Kurangnya pemanfaatan teknologi internet ini.

Perbedaan antara E-Learning dan Online Learning?

Apa sih sebenarnya perbedaan antara E-Learning dan Online Learning? Apakah sebenarnya kedua hal ini sama? Oke, mari kita bahas perbedaannya. Online Learning merupakan bagian dari E-Learning! E-Learning sendiri mencakup konsep yang lebih luas dibandingkan dengan Online Learning.

E-Learning merupakan rangkaian proses yang menggunakan semua media elektronik untuk membuat pelatihan dan pendidikan jadi lebih fleksibel. Online Learning sendiri merupakan pembelajaran yang menggunakan internet, intranet, dan ekstranet, atau pembelajaran yang menggunakan jaringan komputer yang terhubung secara langsung dan global.

Sekian pembahasan tentang Mengenal E-Learning ini. Semoga artikel diatas bermanfaat buat kamu semua ya,

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!