Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal apa itu etika. Nah, dalam penggunaan teknologi kamu tentunya juga harus selalu mengedepankan etika ini ya. Jangan sampai kamu mengabaikan Etika Penggunaan Teknologi karena hal ini dapat merugikan dirimu sendiri hari ini atau suatu saat nanti.

Lalu, apa saja sih etika yang harus kita patuhi ketika menggunakan teknologi? Yuk, simak ulasannya dibawah ini :

Pengertian Etika

Sebelum kita beranjak ke pembahasan selanjutnya, nggak ada salahnya kalau kita membahas terlebih dahulu pengertian etika. Tujuannya, agar kamu bisa lebih paham dengan uraian selanjutnya.

Nah, kamu sendiri pasti sudah sering banget kan mendengar istilah etika ini?

Jadi, etika sebenarnya dapat kita artikan sebagai suatu konsep nilai atau sifat kebenaran dari tindakan sosial yang didasarkan pada tradisi yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Dari pengertian diatas, kita jadi tahu kalau etika sendiri memiliki dasar atau pedoman. Untuk dasar/pedoman itu sendiri dapat bersumber dari filsafat, moral, adat, tradisi, hukum, dan beragam nilai-nilai lainnya (agama, sosial, dsb).

Etika ini mengatur tentang cara manusia bertindak tanpa memperhatikan kondisi fisik. Pada intinya, etika merupakan konsep tentang benar atau salah, baik atau buruk, dan tanggung jawab. Manfaat dari adanya penerapan etika ini tentunya untuk melakukan pengendalian diri pada individu untuk mempermudah pemenuhan kepentingan sosial.

Oke, dari pengertian diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa etika merupakan suatu konsep atau kaidah yang mengatur tingkah laku manusia.

Etika Penggunaan Teknologi yang Harus Kita Semua Patuhi

Karena sekarang kita semua sudah paham tentang arti dari etika. Yuk, lanjut ke pembahasan inti tentang bagaimana Etika Penggunaan Teknologi yang baik dan benar. Secara garis besar, etika dalam penggunaan teknologi ini sangat penting untuk kamu lakukan.

Sebagai referensi, ini dia beberapa Etika Penggunaan Teknologi :

1. Jangan gunakan fasilitas TI (Teknologi Informasi) untuk hal yang tidak bermanfaat

Hal-hal yang tidak bermanfaat hanya akan merugikan dirimu sendiri dan tidak akan membawa dampak baik. Nah, inilah yang jadi salah satu dasar etika dalam penggunaan teknologi. Menyebarkan berita hoax, link pornografi, ujaran kebencian, link situs ilegal adalah hal yang nggak bermanfaat sama sekali. Salah-salah, bukan hanya kamu yang akan rugi tapi juga orang lain!

Bahkan, kamu juga bisa terkena jerat hukum lho karena hal-hal diatas. Jadi, yuk stop menggunakan teknologi untuk hal yang nggak berfaedah seperti diatas. Lebih baik nih, kamu mulai fokus ke pengembangan teknologi untuk hal yang bermanfaat.

Contohnya aja, penggunaan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran atau untuk mengembangkan bisnis yang tengah kamu kelola. Dua hal diatas, jelas akan memberikan feedback yang positif untuk dirimu dan lingkungan sekitarmu.

2. Jangan curi atau akses data orang lain secara ilegal!

Kedua, poin satu ini merupakan poin yang sangat penting yang nggak bisa kamu abaikan sembarangan. Beberapa dari kita menganggap sepele masalah akses data pihak lain. Padahal, hal tersebut sangat privat lho! Kamu sendiri nggak mau kan kalau data pribadimu yang tersimpan di berbagai website atau sosial media diakses orang lain. Apalagi sampai diotak-atik dan digunakan untuk berbagai hal tidak bertanggung jawab!

Jadi, jangan pernah hack akun orang lain apalagi sampai mengakses data orang lain. Sekalipun, hanya untuk iseng-isengan saja. Oh iya, selain itu kamu juga harus menjaga kerahasiaan datamu sendiri. Data semacam itu sangat rawan disalahgunakan.

Selalu ganti password akun online-mu secara berkala ya, jangan bagikan password-mu ke orang lain, dan jangan masukan data pribadimu di situs-situs yang kurang terpercaya kredibilitasnya!

3. Jangan memberikan atau menggunakan User ID orang lain

Dalam suatu jenis website, aplikasi, sistem,  atau platform online tertentu kamu mungkin memerlukan User ID sebagai akses untuk memasukinya. User ID ini berperan layaknya identitas online-mu.

Saking vitalnya User ID ini, kamu nggak boleh sembarangan memberikan User ID dan passwordmu pada orang lain atau bahkan menggunakan User ID orang lain untuk kepentinganmu sendiri. Contoh gampangnya adalah User ID di tempat kerja atau di kampusmu.

Menjaga data dan privasi diri sendiri serta orang lain merupakan salah satu Etika Penggunaan Teknologi yang harus kamu patuhi.

4. Rawat dan gunakan alat pendukung teknologi dengan baik dan bijaksana

Jika kamu diberikan akses terhadap beberapa peralatan digital pendukung teknologi, maka kamu juga berkewajiban untuk merawatnya dengan baik. Contohnya saja, peralatan komputer di kantor. Gunakan perangkat teknologi tersebut sebagai mestinya untuk mendukung pekerjaanmu. Bukan malah untuk melakukan hal diluar pekerjaan ya! Missal bermain game.

Pakailah peralatan tersebut sesuai dengan tujuannya dan rawat dengan benar agar perangkat tersebut tidak mudah rusak.

5. Jangan gunakan teknologi untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan norma masyarakat

Hal yang satu ini sangat penting dan tidak boleh kamu abaikan. Etika adalah suatu batasan, itu artinya kamu nggak bisa secara sembarangan melakukan perbuatan yang dilarang dalam hukum dan norma masyarakat sekitar.

Contoh : berjualan barang ilegal, menyebarkan konten tidak senonoh ataupun menyebarkan konten kekerasan.

6. Junjung tinggi penggunaan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Setiap konten seperti image, video, muskc, audio, film, webtoon, drama, dan sejenisnya yang biasa kamu temukan di internet pastinya memiliki hak cipta. Jangan menggunakan konten tersebut tanpa izin pemilik hak cipta apalagi menyebarkannya secara ilegal!

Hargailah pemilik hak cipta dengan mengakses konten-konten tersebut melalui platform resminya. Membaca webtoon online bajakan atau menonton film di situs illegal sudah jelas merupakan hal yang harus kamu hindari.

7. Utamakan sopan santun meskipun tidak bertatap muka secara langsung

Etika dalam berkomunikasi juga nggak boleh kamu lupakan, sekalipun kamu berinteraksi secara maya. Jangan melakukan hate comment, melakukan spamming, memberikan ancaman, atau berkata-kata tidak sopan pada lawan bicaramu.

Manfaat Memperhatikan Etika Penggunaan Teknologi

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu selalu menjunjung tinggi Etika Penggunaan Teknologi, diantaranya adalah :

  1. Dapat membuatmu paham secara penuh terhadap hal yang ada di sekitar, terutama antara hal baik dan buruk.
  2. Membuatmu jadi lebih kritis dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi.
  3. Memantapkan pendirianmu atas suatu hal. Batasan hal yang baik dan buruk akan jadi lebih jelas.
  4. Membantumu untuk lebih tegas dalam menentukan sikap terlebih dalam penggunaan teknologi.
  5. Kamu juga akan lebih dihargai kalau kamu mau menghargai orang lain.
  6. Kamu bisa terhindar dari berbagai hal buruk, seperti sanksi sosial dan juga pidana.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai Etika Penggunaan Teknologi. Etika tersebut tidak hanya terpaku di hal-hal diatas lho, masih ada banyak sekali etika dalam menggunakan teknologi yang harus kamu patuhi!

Bagaimana? Apakah artikel ini bermanfaat? Tinggalkan komentarmu ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!