Fakta Seputar Mobil Listrik Dan Kegunaannya

13 0

Mungkin jika berbicara tentang mobil masa depan yang terpikirkan di benak kita adalah mobil terbang yang canggih dengan bentuk futuristik. Tetapi faktanya saat ini telah hadir mobil listrik yang disebut-sebut sebagai pelopor mobil “masa depan”.

Fakta Umum Seputar Mobil Listrik

Jika saat ini saja sudah ada mobil listrik yang bisa dibilang lebih canggih dari mobil biasa, maka siapa tahu di masa mendatang akan muncul mobil lain yang lebih canggih lagi. Tentunya hal tersebut tak lepas dari perkembangan teknologi yang ada.

Perkembangan teknologi tersebut dilengkapi dengan adanya orang-orang yang sudah pasti profesional di bidangnya. Sehingga terciptalah mobil listrik ini dengan berbagai keunggulannya untuk kita gunakan.

1. Ramah Lingkungan

Salah satu hal yang menjadi fakta dari keunggulan mobil listrik ini adalah sumber energi yang digunakannya. Mobil listrik yang menggunakan kekuatan baterai untuk menjadi sumber energi utamanya ini membuatnya menjadi mobil yang ramah lingkungan.

Hal tersebut membuat mobil listrik tidak mengeluarkan emisi gas yang memperburuk udara sekitar. Dengan begini mobil listrik mampu membuat lingkungan di sekitar menjadi lebih sehat.

Disini kamu pun tak perlu khawatir mengenai energi utama yang digunakannya. Sebab dengan teknologi canggih baterai yang digunakan sebagai energi utama ini sangat aman untuk digunakan.

2. Menggunakan Teknologi Baterai

Seperti sudah kita bahas di atas bahwa mobil listrik ini menggunakan baterai sebagai energi utamanya. Sehingga mobil listrik ini pada umumnya menggunakan baterai dengan bahan-bahan tertentu tergantung vendor yang membuatnya.

Umumnya dalam proses pengisian daya mobil listrik ini terbilang aman. Sebab secara umum mobil listrik telah dilengkapi oleh sistem keamanan yang mumpuni saat melakukan pengisian daya. 

Jadi kamu tak perlu segan ataupun ragu  untuk mulai mengisi daya mobil listrik ini sendiri. Selain itu juga kapasitas baterai yang digunakan setiap mobil listrik bisa saja berbeda-beda. 

Uniknya lagi terdapat mobil listrik yang mampu mengisi daya secara otomatis atau mandiri. Caranya mobil tersebut bisa memanfaatkan daya kinetik apabila terjadi pengereman. Disebut-sebut mobil listrik ini memiliki masa pakai baterai yang cukup lama hingga bertahun-tahun lamanya.

3. Lebih Hemat

Fakta lainnya dari mobil listrik yaitu lebih hemat berkali-kali lipat daripada mobil biasa. Bagaimana bisa? Jika kita bandingkan mobil listrik ini dengan sumber energi utamanya mampu lebih hemat 4x lipat atau bahkan lebih dibanding mobil yang menggunakan bahan bakar bensin dan diesel. Bahkan jika dibandingkan dengan mobil dengan jenis hybrid sekalipun mobil listrik ini masih tetap hemat.

Untuk biaya perawatan dan pemeliharaannya juga terhitung cukup hemat karena mobil ini tidak akan banyak jajan. Pasalnya komponen yang digunakan mobil listrik ini umumnya sedikit. Selain itu perawatannya cukup mudah, tidak memerlukan biaya ganti oli, transmisi, mesin dan lainnya. Beberapa hal tersebut menjadikan mobil ini jauh lebih hemat.

Sebagai tambahan mobil listrik murni memungkinkan penggunanya untuk menikmati gratis Bea Balik Nama atau BBn, biaya perpanjangan STNK yang lebih murah, hingga terbebas dari aturan ganjil-genap.

Beralih ke Mobil Listrik Untuk Masa Depan Lebih Baik

Bisa jadi mobil listrik lain atau yang lebih baru memiliki fakta lain yang belum terkuak, sehingga itulah beberapa fakta dari mobil listrik secara umum untuk sekarang ini. Untuk kegunaannya sendiri mobil listrik ini diharapkan bisa menjadi pengganti mobil biasa, baik itu untuk mobil pribadi, bisnis, dan lainnya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!