AI atau yang punya nama panjang Artificial Intelligence ini tak lagi jadi hal yang asing di telingamu, bukan? AI ini pun sudah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan. Kamu bahkan mungkin sering memanfaatkannya dalam kehidupanmu sehari-hari. Contohnya aja nih, Asisten Virtual seperti Alexa dan Siri.

Meskipun bukan lagi hal baru. Namun, perkembangan dan inovasi teknologi AI ini sangatlah menarik untuk dibahas. Nah, ini dia ulasan mengenai kecerdasan buatan beserta Fakta Menarik Teknologi AI yang harus kamu ketahui.

Apa Itu AI?

AI, Artificial Intelligence, atau Kecerdasan Buatan adalah sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikannya. Poin-poin penting dalam proses kecerdasan buatan ini sendiri adalah learning, reasoning dan self correction.

AI perlu belajar untuk memperkaya pengetahuannya, oleh karena itu ia butuh data. Ia juga bisa memahami pengetahuan yang diserapnya, mengembangkannya, dan melaksanakannya sehingga ia tak perlu menunggu instruksi manual manusia lagi untuk menjalankan suatu perintah.  Ia juga bisa membenahi dirinya sendiri lho ketika ada sesuatu yang salah.

Agar lebih gampang memahaminya, kita akan membahas salah satu sistem AI yakni AlphaGo. Ketika dikembangkan, AlphaGo sendiri diberikan 100 ribu data pertandingan Go untuk dipelajari. Kemudian, AlphaGo ini akan bermain bersama dirinya sendiri. Setiap ia kalah ia akan mengevaluasi cara bermainnya. Dan proses ini akan diulang sampai jutaan kali.

Nah, uniknya jika manusia hanya bisa bermain 1 kali dalam satu waktu. Maka, AlphaGo ini bisa menstimulasikan beberapa pertandingan dalam 1 waktu (secara bersamaan). Hal ini tentunya membuat AlphaGo bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman dibandingkan dengan manusia biasa. Jadi, ia bisa lebih unggul dibandingkan manusia. Buktinya, tahun 2016 AlphaGo dapat menjadi pemenang juara dunia Go!

Menarik, bukan?

Fakta Menarik Teknologi AI

Nah, berikut ini ada beberapa Fakta Menarik Teknologi AI yang harus kamu ketahui :

  • Dalam 15 tahun mendatang, 40% pekerjaan manusia di dunia diperkirakan akan tergantikan oleh mesin. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pakar kecerdasan buatan dan pemodal ventura yang berbasis di China bernama Kai Fu Lee.
  • CAPTCHA atau “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart” adalah AI atau kecerdasan buatan yang bertugas memastikan bahwa aktivitas yang terjadi dalam suatu situs murni dilakukan manusia asli bukan komputer, mesin, atau bot. Kamu mungkin harus mengisi captcha ini di berbagai web sebagai sarana verifikasi.
  • Nah, selain AlphaGo ada juga sistem AI lainnya yang dapat dipergunakan dalam sebuah permainan. Contohnya saja, di Game 2048. Game ini akan melatih kecerdasan otak kita dengan menambahkan angka-angka kelipatan 2 hingga mencapai poin 2048. Tapi, jangan senang dulu kalau kamu berhasil mencapai poin ini. Karena, ada sebuah AI yang dapat meraih hingga 839.732 poin hanya dalam 973 gerakan. Uniknya lagi, tanpa Latihan dulu lho.
  • Fakta Menarik Teknologi AI selanjutnya : tahun 2015 sekelompok pakar AI termasuk Musk dan Hawking menandatangani perjanjian yang mendesak para spesialis untuk jangan pernah sekalipun mencoba menciptakan sistem yang tidak bisa mereka control ataupun mereka rusak. Ya, kalau diingat-ingat lagi, AI ini memiliki potensi tanpa batas yang bahkan bisa melebihi manusia. Bahkan, mereka bisa saling berkomunikasi dengan bahasa mereka sendiri. Wah, tentunya bahaya banget nih kalau sampai AI seperti ini berada di luar kendali manusia. Jangan sampai kejadian AI mengambil alih dunia di film-film terjadi beneran di dunia nyata ya!
  • Mari kita beralih ke Fakta Menarik Teknologi AI selanjutnya. Kalau kamu bertanya ke AI buatan milik Google tentang arti tujuan hidup. Maka, benda tersebut akan menjawab “untuk hidup selamanya”.
  • AI terbagi menjadi 3 jenis. Jadi, Artificial Intelligence ini nggak melulu berupa robot menyerupai manusia lho. Faktanya, AI ini masih terbagi menjadi 3 jenis yakni :
    • Symbol Manipulating : jenis AI yang bekerja dengan simbol abstrak. Informasi yang ditanam sendiri harus berupa hirarki atau diproses dari tingkatan teratas.
    • Neural : jenis AI yang bekerja berdasarkan neuron buatan dan koneksinya. Berbanding terbalik dengan jenis pertama, AI ini bekerja dari bawah.
    • Neural Networks : jenis AI yang terdiri atas beberapa lapisan.
  • Cara kerja kecerdasan buatan sendiri mirip dengan machine learning.
  • Tahukah kamu siapa itu bapak Artificial Intelligence? Orang hebat itu adalah John McCarthy. Ia sendiri mendirikan 2 lembaga penelitian AI yakni Stanford Artificial Intelligence Laboratory dan MIT Artificial Intelligence Laboratory. Dari tempat-tempat inilah, muncul berbagai inovasi pengembangan inovatif.
  • Kebanyakan AI berjenis kelamin perempuan. Kalau kamu pernah berinteraksi dengan AI bernama Cortana, Google Now, dan Siri kamu pasti sadar bukan kalau mereka memiliki suara seorang Wanita. Sebenarnya sih, tidak ada alasan khusus di balik penggunaan suara wanita ini. Hanya saja, ada beberapa faktor yang dipertimbangkan sebelum pengembang ke-3 aplikasi tersebut menggunakan suara wanita sebagai default. Salah satunya karena suara wanita lebih disukai dibandingkan dengan suara pria.
  • Fakta Menarik Teknologi AI selanjutnya adalah banyak AI yang berbentuk hewan peliharaan. Memiliki hewan peliharaan mungkin menjadi impian banyak orang. Hewan tersebut tentunya mampu mengurangi kejenuhan dan menghibur hati pemiliknya.

Sayangnya nih, mengurus hewan peliharaan bukanlah hal yang mudah. Kamu harus memandikannya, memberikannya makan dan minum setiap hari, kamu juga harus memperhatikan dan menyayanginya. Sayangnya, nggak semua orang bisa melakukannya. Terlebih jika kamu cukup sibuk dengan urusan-urusan bisnismu. Belum lagi nih, kamu masih harus merasakan sedih ketika ditinggalkan hewan peliharaanmu. Hal tersebut membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk memiliki hewan peliharaan.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Teknologi Otomatisasi Proses Robotik (RPA)

Nah, inilah yang jadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan yang mulai mengembangkan robot hewan peliharaan yang sudah diprogram dengan sistem kecerdasan buatan ini. Tapi, meskipun robot tersebut sudah ada. Sayangnya, mereka tidak diperjualbelikan secara masal lantaran harganya yang cukup mahal. Menurut prediksi salah satu peneliti, robot peliharaan ini akan banyak dimiliki oleh masyarakat di tahun 2025! Apakah kamu berminat memilikinya?

  • Fakta Menarik Teknologi AI selanjutnya, ternyata AI ini memiliki kemampuan untuk menulis. Hal ini dipublikasikan dalam sebuah artikel yang muncul di situs Los Angeles Time. Dalam artikel tersebut tertulis bahwa komputer yang telah dilengkapi dengan AI berhasil menulis sebuah artikel yang data-datanya diambil dari seismograf.

Teknologi ini sendiri dikembangkan oleh seorang profesor yang bernama Larry Birnbaum. Tapi, menurut Larry, apa yang komputer tulis tersebut masih jauh dari sempurna sehingga AI tersebut hanya dapat menulis sebatas apa yang dibacanya saja. Mungkin, di masa depan AI akan mampu membuat novelnya sendiri. Wah, bagaimana nih menurutmu?

Sekian pembahasan mengenai  Fakta Menarik Teknologi AI. Semoga artikel diatas bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!