Bagi kamu para pengguna internet, kamu nggak mungkin dong nggak tahu apa itu Google. Google adalah mesin pencari populer yang mendominasi lebih dari 70% permintaan pencarian online di seluruh dunia!

Setiap harinya kita menggunakan Google untuk browsing/searching tugas sekolah, tugas kuliah, pekerjaan, atau untuk mengakses apapun yang berhubungan dengan informasi ataupun fungsi entertainment aja.

Nah, tahukah kamu? Kalau ternyata ada beberapa Fakta Unik Google yang jarang diketahui. Nah, di pembahasan kali ini. Kita akan membahas apa itu Google dan juga beberapa fakta unik tentangnya.

Sekilas Tentang Google

Google sendiri merupakan Search Engine atau Mesin Pencari yang didirikan pada tahun 1998 oleh Sergey Brin dan Larry Page. Kantor pusat Google sendiri berada di Mountain View, di California. Mesin pencari ini sendiri dikembangkan oleh Google LLC.

Google LLC (sebelumnya Google Inc. 1998-2017) sendiri merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat yang mengkhususkan dirinya pada jasa dan produk-produk internet. Mesin pencari Google sendiri merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan dan paling sukses. Terlebih, jika kamu bandingkan dengan para pesaingnya yang sudah mulai ditinggalkan. Seperti Bing, Yahoo, Mozilla Firefox, ataupun Internet Explorer.

Google sendiri memiliki layanan yang sangat luas. Ada layanan E-Mail, Web Browser yakni Google Chrome, Google Drive untuk penyimpanan, dan masih banyak lagi. Ponsel-ponsel Android yang ada saat ini juga menggunakan Google. Jadi, secara otomatis ketika kamu membeli smartphone baru, akan ada aplikasi-aplikasi Google yang terinstal di dalamnya. Bahkan, untuk mengakses berbagai fitur di ponsel tersebut kamu harus log in atau mendaftar akun Google (Google Account).

Fakta Unik Google

Berikut ini ada beberapa Fakta Unik Google yang harus kamu ketahui :

  • Nama “Google” sendiri awalnya berasal dari salah ketik

Kamu pasti nggak akan menyangka kalau ternyata nama Google seperti yang kita kenal seperti saat ini ternyata berasal dari salah ketik lho. Seharusnya namanya adalah “Googol”, istilah matematik yang menggambarkan angka 1 yang kemudian diikuti ratusan angka nol dibelakangnya.

Penamaan ini bertujuan untuk mencerminkan banyaknya ketersediaan data yang dicari. Kemudian, salah satu rekan pendiri Google, yakni Sean Anderson mengecek apakah nama domain tersebut masih tersedia atau tidak. Namun, ketika melakukan pengecekan tersebut ternyata Anderson salah ketik. Ia seharusnya mengetik “Googol.com” tapi malah jadi “Google.com”.

Tak disangka-sangka, ternyata pendiri Google yakni Larry Page dan Sergey Brin malah menyukai nama itu. Alhasil, karena nama domain tersebut masih ada, maka mereka memilih menggunakan penamaan Google.com. Itulah asal muasal nama Google, bagaimana menurutmu? Ternyata penamaan perusahaan raksasa itu punya sejarah yang unik, bukan?

  • Ada patung T-Rex di Googleplex yang ternyata memiliki makna mendalam

Nah, salah satu bagian ikonik di kantor pusat Google sendiri (Google Headquarters atau yang biasa disebut sebagai Googleplex yang terletak di Silicon Valley, California, Amerika Serikat) adalah patung kerangka T-Rex. Kerangka binatang yang telah punah tersebut dikelilingi oleh puluhan burung flamingo yang menggerogotinya.

Ternyata patung ikonik tersebut memiliki makna unik lho. Dikutip dari CNBC, patung tersebut dimaksudkan agar para karyawan Google tetap ingat untuk selalu berkembang dan relevan dengan perkembangan zaman, agar tidak punah seperti dinosaurus tersebut.  

  • Ada ratusan kambing pengganti pemotong rumput

Kalau biasanya nih, perusahaan-perusahaan lain akan menggunakan alat pemotong rumput untuk memangkas rumput-rumput yang tumbuh di sekitar lingkungan kantor. Maka, Google tidaklah demikian.

Google memiliki cara uniknya sendiri untuk melakukan hal tersebut. Di Googleplex, alih-alih menggunakan mesin pemotong canggih. Google justru memanfaatkan ratusan ekor kambing yang dilepas di area luar kantor untuk memakan rumput agar tetap rapi dan tak menjulang tinggi.

Baca Juga : Tahukah Kamu? Wikipedia Dikelola Oleh Ratusan Hingga Ribuan Bot

Tentu hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Seperti yang dilansir dari the telegraph, tujuan Google melakukan hal ini adalah untuk mengurangi tingginya karbon yang dihasilkan dari alat-alat modern yang tidak ramah lingkungan. Oh iya, sebagai informasi tambahan kambing-kambing pemotong rumput tersebut disewa dari suatu perusahaan bernama California Grazing yang digandeng oleh Google.

  • Peluncuran Gmail dikira candaan April Fool’s Day

Google pertama kali memperkenalkan layanan emailnya yang bernama Google Mail atau Gmail tepat di hari April Fools’s Day 2004 lho, (seperti yang dikutip dari Washington Post). Akibat momen peluncurannya yang pas tanggal April Mop ini, banyak orang yang menganggapnya sebagai guyonan atau candaan semata.

  • Ada 6 tanggal ulang tahun

Kalau kita biasanya merayakan ulang tahun setahun sekali. Google bisa merayakannya hingga 6 kali dalam 1 tahun lho! Ya, meskipun kini ulang tahun Google selalu diperingati setiap 27 September. Namun, ada sejumlah tanggal lain yang sesungguhnya bisa disebut sebagai hari kelahiran raksasa teknologi ini. Tanggal tersebut adalah :

15 September (tanggal dimana domain name Google.com didaftarkan), 4 September (tanggal ketika Google menjadi perusahaan resmi). Dan masih di bulan yang sama ada tanggal 7,8,26 & 27 september. Ya, intinya bulan September cukup spesial bagi Google lantaran banyak peristiwa penting di Google yang terjadi pada bulan tersebut.

  • Fakta Unik Google lainnya :
  • Google awalnya memiliki ruang kerja utama di sebuah garasi mobil.
  • Google adalah perusahaan teknologi besar pertama yang memberikan makanan gratis pada orang-orang yang bekerja di dalamnya.
  • Google mengizinkan karyawannya untuk membawa anjing peliharaan mereka ke dalam tempat kerja (Selama tidak mengencingi karpet kantor). Sayangnya, hal yang sama tidak berlaku untuk kucing.
  • Google membeli android dari sosok yang bernama Andy Rubin tahun 2005. Jadi, Google tidak menciptakan android sendiri.
  • Batas kueri pencarian Google hanya sampai 32 kata.
  • Google memanggil karyawannya dengan istilah Googler dan Noogler (untuk karyawan baru). Pada pertemuan pertama perusahaan, mereka diharuskan memakai topi biru, kuning, dan merah.
  • Google Doodle pertama dibuat untuk Burning Man Festival. Doodle art tersebut mengandung pesan dari pendiri Google kalau mereka tengah liburan ke festival burning man, jadi mereka tak bisa membantu apabila terjadi masalah teknis.
  • Awalnya Google hanya mampu memproses 30-50 halaman per detik. Tapi, saat ini Google sudah jauh berkembang. Ia bisa memproses jutaan halaman per detik.
  • Jika ada karyawan Google yang meninggal. Maka, pasangan mereka akan mendapatkan ½ gaji mereka selama 10 tahun!
  • Berdasarkan Alexa, Google adalah website yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Hanya saja, Google ini masih kalah dengan facebook dalam hitungan pemakaian per menitnya.
  • Forbes menobatkan Google sebagai tempat terbaik untuk bekerja di seluruh Amerika Serikat pada tahun 2007.
  • Memiliki lebih dari 450 ribu server yang tersebar di seluruh dunia.

Sekian pembahasan mengenai Fakta Unik Google yang bisa kita ulas kali ini. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya…

Comments (1)

  1. Pingback: Tahukah Anda? Tujuan Internet diciptakan untuk Keperluan Militer! - Mufazan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!