Komputer dan kamera adalah 2 perangkat digital yang pastinya sudah akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, di pembahasan kita kali ini kita akan mengulas tentang Fakta Unik Teknologi komputer dan kamera. Berikut ulasannya :

Apa Itu Komputer?

Berdasarkan KBBI, komputer dapat diartikan sebagai alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan mengolah data secara cermat menurut instruksi dan memberikan pengolahan serta menjalankan sistem multimedia.

Komputer yang kita kenal saat ini, memiliki banyak sekali fitur canggih dan modern. Bentuknya pun semakin ringkas dan fleksibel. Komputer tersebut juga mendukung berbagai program berat (sesuai spesifikasi), seperti untuk coding, desain atau gaming.

Komputer Pertama di Dunia

Fakta Unik Teknologi tentang komputer pertama di dunia. Pernah nggak sih kamu penasaran dengan komputer pertama di dunia? Yang pasti, komputer pertama ini bentuknya nggak secanggih dan juga belum multifungsi seperti sekarang ini. Namun, perannya sangat vital. Komputer yang kita pakai saat ini juga belum tentu ada lho kalau seseorang tidak menemukan versi awalnya.

Ya, bisa dibilang versi awal komputer pertama ini akan jadi inspirasi dan cikal bakal untuk pengembangan komputer-komputer masa depan.

Siapa sih penemu komputer pertama? Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage. Ia menemukan mesin penghitung yang menjadi salah satu ikon paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer. Karena penemuannya inilah, ia dijuluki sebagai Bapak Komputer.

Baca Juga : Sejarah Komputer Lengkap Dari Awal Perkembangannya Hingga Sekarang

Charles Babbage sendiri lahir pada 26 September 1792 di Inggris. Ia adalah anak seorang bankir yang bernama Benjamin Babbage. Sejak kecil, Charles Babbage ini memang memiliki kelebihan dalam bidang matematika. Ini dia beberapa perkembangan Babbage dari tahun ke tahun :

  • 1811 : Charles Babbage memasuki Trinity College di Cambridge. Saat itu, kemampuan matematikanya bahkan lebih baik dibandingkan dengan tutornya sendiri. Ia juga matematikawan Inggris pertama yang mengungkap ide tentang komputer yang bisa diprogram. Di usia 20-annya ia bekerja sebagai ahli matematika di bidang fungsi kalkulus
  • 1816 : Charles Babbage dipilih sebagai anggota sains dan akademis independen Inggris Raya yang bernama Royal Society.
  • 1820 : Babbage juga memerankan peran yang sangat penting dalam yayasan organisasi astronomi dan geofisika “Astronomical Society”. Saat inilah, Babbage menunjukkan ketertarikannya pada mesin hitung.
  • 1821 : Babbage menyusun mesin yang bisa menyusun tablet matematika. Mesin ini disebut sebagai Difference Engine. Mesin ini digadang-gadang menjadi komputer pertama di dunia. Meskipun bentuknya masih jauh berbeda, namun prinsip kerjanya sama dengan komputer masa kini. Dimana mesin tersebut sama-sama melakukan perhitungan angka atau sistem komputasi.
  • 1856 : Babbage membuat mesin Analytical Engine yang memiliki beberapa karakteristik dari komputer modern seperti penggunaan punched card dan berbagai elemen dasar lainnya.

Fakta-Fakta Unik Komputer Saat Ini

  • Ada lebih dari 6000 virus komputer yang bisa muncul setiap bulannya.
  • Mouse komputer pertama dibuat oleh Doug Engelbart pada tahun 1964 dan mouse tersebut berbahan dasar kayu.
  • Rata-rata manusia bisa mengedipkan mata 20 kali permenit. Tapi, manusia hanya berkedip sekitar 7 kali per menit menggunakan komputer.
  • Pada akhir tahun 2012, ada sekitar 17 milyar perangkat yang terkoneksi dalam internet.
  • Ada lebih dari 1 juta domain yang diregistrasikan setiap bulannya. Nah, itulah mengapa kamu kesulitan mendaftarkan domain dengan nama yang sudah mainstream.
  • Kalau Facebook menjadi sebuah negara, dengan sekitar 800 juta penggunaanya. Maka, Facebook akan menjadi negara terbesar ketiga di dunia.
  • Tahukah kamu? Kalau kartu grafis nVidia GeForce 6800 mengandung 222 juta transistors.
  • Hampir 20% virus online dibuat oleh unit kejahatan yang terorganisasi. Jadi, kamu harus berhati-hati dan melindungi perangkat serta komputermu dengan antivirus yang handal agar tidak mudah dibobol ya.

Kamera

Nah, Fakta Unik Teknologi kedua yang akan kita bahas adalah tentang kamera. Kamera sendiri merupakan alat utama yang paling populer dan sering digunakan dalam dunia fotografi. Namanya sendiri didapat dari camera obscura (Bahasa Latin : Ruang Gelap) yang ditemukan oleh ilmuwan muslim bernama Ibnu Haitsam atau Abu Ali Muhammad al-Hasan bin al-Haitsam atau yang lebih dikenal sebagai Alhazen di dunia barat.

Beliaulah yang menginspirasi penemuan lensa dan film kepada para ilmuwan barat. Beratus-ratus tahun setelahnya, kamera pertama berhasil ditemukan oleh Angelo Sala (1614). Pria asal Prancis ini menemukan tinta hitam akibat cahaya matahari yang membakar perak nitrat terbungkus kertas. Sayangnya, temuannya tersebut tidak mendapatkan respon yang positif dari ilmuwan lainnya.

Penelitian tentang kamera masih berlanjut. 1 abad setelahnya, tepatnya tahun 1717 Johann Heinrich Schulze, sosok profesor Jerman tanpa sengaja menggunakan botol berisi kapur dan perak nitrat di dekat jendela. Campuran tersebut ternyata membuat botol jadi gelap dengan sebagian sisi yang berwarna putih membentuk suatu pola garis.

Kemudian, ada Carl Wilhelm Scheele seorang penemu eksperimen fotografi yang berhasil menemukan amonia larut dalam perak nitrat yang tidak termasuk partikel gelap yang berguna untuk menstabilkan gambar tertentu pada perak nitrat.

Tahun 1800, atas jasa Thomas Wedgwood. Hasil jepretan kamera berhasil. Sayangnya, kamera ini belum disempurnakan lagi karena Thomas Wedgwood wafat.

Tahun 1816, ada penemuan kamera kecil yang mampu menghasilkan foto dengan media kertas yang terbungkus nitrat perak. Penemuan ini merupakan karya Nicephore Niepce (Prancis). Atas penemuannya inilah Pemerintah Perancis memberikan apresiasi terhadapnya.

Lanjut ke tahun 1838, seorang ilmuwan perancis bernama Louis Daguerre berhasil melakukan pemotretan kamera pertama dengan daguerreotype temuannya dan menghasilkan gambar orang di dalam foto pada tahun tersebut. Saat itu, kamera pertama sudah dianggap cukup sempurna.

Tahun 1857, seorang ilmuwan bernama Desire van Mock Oven menemukan kamera pelat kering. Seiring berjalannya waktu, kamera ini berkembang jadi kamera plat basah yang memiliki kecepatan dan kualitas yang lebih baik yang dikembangkan oleh Richard Leach Maddox.

Lompat ke abad ke-19, Steven J. Sasson menemukan kamera digital mandiri (portabel) pertama. Sasson sendiri merupakan pria kebangsaan Amerika yang lahir pada 4 Juli 1950. Selama karirnya, Sasson juga mampu menemukan kamera genggam pertama beresolusi 0,1 megapiksel dengan berat 8 pon pada tahun 1975. Proses perekaman kaset dengan kamera ini juga hanya membutuhkan waktu 23 detik saja. Kamera karya Steven J. Sasson ini berhasil mengambil gambar hitam putih.

Atas jasanya ini, Pemerintah Amerika Serikat mengundangnya ke Gedung Putih untuk mendapatkan penghargaan langsung dari presiden Barack Obama tahun 2009 lalu.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai Fakta Unik Teknologi komputer dan kamera. Kedua perangkat digital tersebut akan semakin memudahkan kita sebagai manusia untuk melakukan beberapa pekerjaan dengan lebih otomatis dan cepat. Sekian, semoga bermanfaat…

Comments (1)

  1. Pingback: Fakta Konstruksi Gedung Pencakar Langit! - Mufazan

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!