Fase-fase dan Penemuan Awal dari Perkembangan Teknologi

7 0
Fase Perkembangan Teknologi

Pada artikel Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contoh Teknologi, kita telah membahas tentang pengertian teknologi. Nah, di artikel kali ini kita akan giliran membahas masalah Perkembangan Teknologi jika ditilik berdasarkan fase dan juga penemuan awal teknologi modern yang kita kenal seperti sekarang.

Bagaimana? Apakah kamu penasaran dengan Perkembangan Teknologi ini? Yuk, baca ulasannya di bawah ini :

Perkembangan Teknologi

Selayaknya tubuh manusia yang selalu bertumbuh, teknologi juga selalu mengalami perkembangan yang cukup signifikan lho! Terlebih jika kita bandingkan dengan teknologi-teknologi beberapa tahun silam.

Nah, tahukan kamu? Kalau di tahun 2022 ini, kita sedang berada di fase dimana teknologi sedang berkembang ke fase dewasa? Seperti yang dikutip dari liputan6.com, hal menarik ini disampaikan pada sesi AdAsia 2017 yang berjudul “Merge: Closing the Gap Between Humans and Technology” yang dibawakan perusahaan PHD!

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Handphone atau Smartphone Terlengkap dari Masa ke Masa

Dalam garis besarnya, sesi tersebut membahas beberapa fakta teknologi yang terus tumbuh kearah yang lebih matang. Karena itulah, kita sebagai manusia modern harus siap menerima perubahan besar teknologi yang mungkin akan terjadi dalam waktu dekat.

Perkembangan Teknologi dalam Berbagai Fase

Perkembangan Teknologi sendiri terbagi menjadi beberapa fase lho! Secara umum, ada 5 fase dalam Perkembangan Teknologi ini. Fase tersebut memiliki rentang waktu tertentu dan menandakan beralihnya suatu masa evolusi teknologi. Nah, ini dia beberapa fase yang dimaksud :

Fase 1 – Surfacing : 1950-1995

Fase Perkembangan Teknologi pertama adalah fase Surfacing yang terjadi pada tahun 1950 hingga 1995 (dalam rentang waktu 45 tahun). Dalam fase ini, mulailah diperkenalkan teknologi modern paling awal dengan cara paling sederhana.

Contoh : di era 1980-an, mulailah diperkenalkan PC atau Personal Computer. Menjelang tahun 1990-an, internet mulai menyebar. Pengguna early adopter dalam masa ini memanfaatkan akses internet untuk mendapatkan lebih banyak informasi.

Fase 2 – Organizing : 1990-2015

Fase kedua atau yang disebut sebagai fase Organizing ini  memiliki rentang waktu yang lebih singkat yakni 25 tahun dan berakhir pada tahun 2015 silam. Sebelum mulai beralih ke fase selanjutnya. 

Pada fase ini,  para pengakses teknologi melakukan pengaturan atau “Organize” informasi dari internet dan membuatnya dapat diakses secara global dan berharga secara universal. Kemudian, muncullah berbagai jenis perangkat digital yang akan semakin menghadirkan akses yang lebih cepat dan efisien.

Fase 3 – Extracting : 2010 – 2025

Fase ini masih berlangsung sampai sekarang lantaran berada di rentang tahun 2010 hingga 2025 (15 tahun). Pada fase ini, terjadi proses penggabungan yang penting antara teknologi dan manusia. Dalam era ini, mesin pencari menjadi lebih canggih dan pintar, penetrasi smartphone semakin meluas, konektivitas lebih cepat dan mudah, dan ada perkembangan machine learning yang dramatis.

Pada fase ini, manusia tidak hanya mengatur akses informasi saja. Melainkan, mengekstrak arti baru dari perluasan teknologi tersebut sendiri. Pada masa ini pula, manusia mulai terbiasa dengan sistem operasi, perangkat pintar, dan juga Internet of Things, AI (Artificial Intelligence), dan asisten virtual.

Fase 4 – Anticipating : 2020-2035

Fase Perkembangan Teknologi keempat adalah fase Anticipating yang mulai terjadi pada tahun 2020. Pada fase ini, barulah muncul perluasan teknologi yang menjadi manifestasi ide yang memiliki dampak besar.

Ada perkembangan yang lebih baik mengenai AI/Kecerdasan Buatan dan deep learning. Pada fase ini, Asisten Virtual dan Chatbots akan mulai mengambil alih. Pengakses Teknologi harus mulai mengantisipasi dampak yang akan terjadi akibat hal ini. Kamu juga harus semakin terbiasa dengan penggunaan asisten visual dan juga chatbots. Beberapa bidang pekerjaan yang dulu ada, juga lambat laun mulai menghilang akibat digantikan oleh eksistensi penggunaan teknologi.

Fase V – Elevating : 2030-2050

Fase kelima atau yang disebut sebagai fase elevating ini belum terjadi alias baru akan terjadi pada tahun 2030 hingga 2050 kemudian! Fase ini diklaim sebagai fase akhir dari proses penggabungan teknologi dan manusia.

Kecerdasan buatan yang dikembangkan manusia sebelumnya, juga sudah mulai mengubah cara manusia dalam beraktivitas sehari-hari. AI akan mulai memiliki kecerdasan layaknya manusia. Akan ada banyak sekali penemuan besar dan inovatif berbasis AI.

Baca Juga : Sejarah Komputer Lengkap Dari Awal Perkembangannya Hingga Sekarang

Nah, itulah beberapa tahap dalam Perkembangan Teknologi. Bagaimana? Sudahkah kamu siap dengan segala perubahan yang mungkin akan terjadi dimasa depan akibat inovasi teknologi? Hemm, kalau belum. Ada baiknya, kamu mulai mengakrabkan diri dengan teknologi mulai dari sekarang!

Berbagai Penemuan Awal Menarik dalam Bidang Teknologi

Penemuan Awal Perkembangan Teknologi

Sebenarnya, sebelum tahun 1950 pun baik itu masa-masa kuno atau sebelum peradaban mulai berkembang. Nenek moyang kita sudah menemukan banyak sekali teknologi-teknologi awal sederhana.

Teknologi awal inilah yang membantu kita, manusia modern. Untuk dapat melakukan inovasi dan pengembangan teknologi sederhana yang sudah mulai ditemukan di awal. Nah, sebagai tambahan informasi. Kali ini kita juga akan membahas tentang Perkembangan Teknologi berdasarkan beberapa temuan unik berdasarkan tahun penemuannya.

  • Mari kita kembali lagi jauh ke belakang. Sekitar 3,3 juta tahun yang lalu ditemukan alat pertama, yakni penemuan serpihan batu tajam yang digunakan sebagai pisau, batu tak berbentuk yang lebih besar yang digunakan sebagai palu dan landasan.
  • 1 juta tahun yang lalu, mulai ditemukan api.
  • 20.000 hingga 15.000 tahun yang lalu, terjadi Revolusi Neolitik. Orang-orang mulai menggunakan tanah liat untuk tembikar dan batu bata. Pakaian dibuat dengan cara ditenun. Roda, bahkan kemungkinannya ditemukan di masa ini.
  • 6000 SM : Sistem irigasi pertama mulai digunakan.
  • 4000 SM : Kapal Layar pertama mulai digunakan di Sungai Nil.
  • 1200 SM : Produksi peralatan berbahan besi mulai meluas.
  • Tahun 850 CE : Mulai ditemukan bubuk mesiu.
  • Tahun 1950 : Kincir angin pertama digunakan di Persia!
  • Tahun 1044 : Adanya penemuan kompas sederhana.
  • Di rentang tahun 1250-1300, jam mekanis pertama didunia mulai muncul di Eropa.
  • Tahun 1455 adanya penemuan mesin cetak pertama oleh Johannes Gutenberg.
  • 1765 : Ditemukan mesin uap.
  • 1804 : Adanya lokomotif kereta api pertama. Merupakan hasil perkembangan dari mesin uap yang ditemukan pada tahun 1765.
  • 1807 : Kapal uap.
  • 1826/1827 : Fotografi.
  • 1831 : Adanya penemuan mesin penuai mekanis oleh Cyrus McCormick.
  • 1844 : Penemuan telegraf.
  • 1876 : Penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell.
  • 1876 : Insinyur Jerman Nikolaus Otto membuat mesin yang menggunakan pembakaran bahan bakar untuk menggerakkan piston. Jenis mesin inilah yang nantinya akan mulai digunakan untuk menggerakkan mobil.
  • 1879 : Adanya penemuan lampu listrik pertama di dunia oleh Thomas Alfa Edison.
  • 1885 : Penemuan mobil.
  • 1901 : Radio oleh Guglielmo Marconi.
  • 1903 : Wright bersaudara melakukan penerbangan pesawat pertama di dunia.
  • 1926 : Uji terbang roket berbahan cair pertama oleh Robert Goddard.
  • 1927 : Televisi.
  • 1937 : Perancangan komputer digital elektronik pertama oleh matematikawan dan fisikawan Iowa State John Atanasoff.
  • 1942 : Tenaga nuklir.
  • 1947: Transistor.
  • 1957: Penerbangan luar angkasa.
  • 1974 : Komputer pribadi.
  • 1974 : Internet. Vinton Cerf dan Robert Kahn berhasil menemukan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
  • Beralih ke tahun 2017, berkembangnya program kecerdasan buatan oleh Tim AlphaGo.

Teknologi selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Meskipun pada awal penemuannya, teknologi tersebut masih terbilang cukup sederhana. Namun, lambat laun teknologi tersebut berubah menjadi lebih modern seperti yang kita kenal saat ini. Semoga bermanfaaat!

Leave a Reply

error: Content is protected !!