Firebase Google: Pengertian, Fungsi, dan Fiturnya

8 0
Firebase Google Adalah

Firebase Google adalah sebuah platform yang berfungsi untuk membantu para pengembang supaya aplikasi mereka dapat berjalan dengan optimal.

Jika saat ini kamu baru membangun sebuah aplikasi dan tidak tahu bagaimana cara meningkatkan kualitas aplikasi kalian, maka kalian wajib tahu tentang Firebase Google ini.

Firebase Google

Berdasarkan laman educative.io, Firebase Google adalah backend-as-a-service (Baas). 

Platform ini merupakan salah satu layanan dari Google yang memberikan fasilitas dan layanan untuk membantu para pengembang aplikasi, menumbuhkan basis pengguna, dan mendapatkan keuntungan di atas infrastruktur Google.

Firebase masuk sebagai sebuah program database NoSQL yang menyimpan data dalam bentuk JSON.

Fungsi Firebase Google

Pada dasarnya, terdapat tiga fungsi utama kenapa Firebase Google sangat diperlukan oleh para pengembang. Berikut daftarnya:

1. Tempat Untuk Membuat Aplikasi

Fungsi pertama dari Firebase adalah untuk membangun aplikasi.

Dari platform ini, pengembang dapat membuat aplikasi tanpa harus mengelola server. Tentunya, dengan adanya dukungan infrastruktur yang canggih dan dukungan fitur cloud function, pengembang akan lebih mudah untuk mengintegrasi platform aplikasi mereka.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Game Engine Terbaik Untuk Pemula

Menariknya, kapasitas penyimpanan data Firebase ini juga sangat besar. Jadi, sangat mendukung sinkronisasi database secara nyata.

Berikut adalah fitur-fitur dari Firebase:

  • Cloud Firestore
  • Realtime Database
  • Authentication
  • ML Kit
  • Cloud Functions
  • Cloud Storage
  • Hosting

2. Meningkatkan Kualitas Aplikasi

Meskipun developer telah merilis aplikasi, mereka tetap harus memantau performa dan kualitas aplikasi secara berkala. Hal ini sangat wajib dilakukan supaya aplikasi yang mereka buat minim bug atau error.

Saat pengembang telah selesai membuat aplikasi, mereka akan melakukan testing terlebih dahulu sebelum merilis aplikasi.

Tahapan testing sangat penting karena developer dapat memastikan bahwa aplikasi yang sudah mereka buat berjalan dengan benar dan minim bug.

Setelah merilis aplikasi, developer tetap harus memantau performa dan kualitas aplikasi secara berkala. Hal ini sangat wajib dilakukan supaya aplikasi yang mereka buat minim bug atau error.

Beruntungnya, kegiatan tersebut jadi lebih mudah dengan bantuan Firebase. Firebase memiliki banyak fitur-fitur yang mampu monitoring performa dan stabilitas aplikasi, seperti:

  • Crashlytics: untuk melacak bug dan error.
  • Performance Monitoring: melihat performa aplikasi dan solusi untuk mengatasinya.
  • Test Lab: menguji aplikasi sebelum dirilis ke publik.

Dengan adanya tiga fitur tersebut, Firebase dapat membantu aplikasi yang sudah kalian buat menjadi lebih baik dan berkualitas.

3. Mengembangkan Bisnis

Fungsi terakhir dari Firebase Google adalah untuk membantu developer mengembangkan bisnis mereka.

Salah satu alasan utama mengapa pelanggan setia menggunakan aplikasi adalah kenyamanan dan performa aplikasi yang sangat baik. Aplikasi yang memiliki banyak bug tidak disukai oleh pengguna dan ini akan berdampak pada bisnis developer tersebut.

Tapi, dengan Firebase, developer dapat meningkatkan user experience (UX) aplikasi yang dapat membuat pengguna nyaman menggunakan aplikasi.

Baca Juga : Cara Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Menunjang Perkembangan Bisnismu!

Firebase memiliki sebuah fitur insight yang dapat digunakan developer untuk menganalisa dan mencatat apa saja yang membuat UX pengguna kurang memuaskan. Dari data tersebut, developer dapat memperbaiki performa aplikasi jadi lebih baik.

Berikut adalah beberapa fitur yang mendukung upaya UX:

  • Analytics
  • Firebase A/B Testing
  • Cloud Messaging
  • Remote Config
  • Dynamix Links
  • App Indexing
  • Invites

Fitur-Fitur Yang Ada di Firebase Google

Selain ketiga fungsi diatas, Firebase Google memiliki fitur-fitur canggih lainnya yang bisa kalian coba. Berikut beberapa fitur canggih dari Firebase:

1. Realtime Database

Firebase Google

Fitur pertama yang dimiliki Firebase adalah Real Time Database. Fitur ini berfungsi untuk menyimpan data dan melakukan synchronization antar pengguna secara realtime.

Satu hal yang menarik dari fitur synchronization ini adalah dapat digunakan saat online maupun offline. Namun, saat dalam keadaan offline, fitur ini hanya berlaku untuk aplikasi iOS dan Android saja.

Jadi, jika kalian memiliki aplikasi berbasis web, sebaiknya digunakan dalam keadaan online saja.

2. Cloud Firestore

Firebase Google

Kedua ada Cloud Firestore. Fitur ini sangat cocok buat kalian yang sedang membangun sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi.

Menariknya, kelebihan fitur ini mampu menjalankan kueri yang lebih kompleks dan lebih canggih daripada fitur Realtime Database.

Jadi, fitur Cloud Firestore lebih cocok untuk aplikasi yang memerlukan interaksi dan data yang sangat besar. 

3. Firebase Authentication

Firebase Google

Fitur selanjutnya adalah FIrebase Authentication yang memungkinkan developer untuk menambahkan sistem autentikasi pada aplikasinya. Saat ini, sistem autentikasi sangat diperlukan demi menjaga keamanan data dan akun pengguna di aplikasi.

Menariknya, Firebase Authentication dari Firebase ini mendukung pendaftaran akun dengan menggunakan email, Google, Twitter, Facebook, Github, dan media sosial lainnya.

Karena fitur autentikasi ini dirancang oleh Google, maka sistem keamanannya sudah pasti terjamin.

4. Firebase Crashlytic

Firebase Google

Firebase Crashlytics adalah sebuah alat yang menunjukkan laporan-laporan yang berguna untuk mengetahui apakah aplikasi memiliki error atau bug. Selain untuk aplikasi iOS dan Android, fitur ini juga bisa dijalankan pada aplikasi tvOS dan watchOS.

Sistem pelaporan tools ini bekerja secara realtime. Jadi, developer akan mendapatkan analisis aplikasi secara detail.

5. Firebase Analytics

Firebase Google

Fitur yang satu ini sangat bermanfaat banget untuk memudahkan pengembang membuat strategi bisnis yang tepat di masa depan.

Karena fitur ini terintegrasi dengan Google Analytics, maka data laporan yang akan kalian dapatkan berupa efektivitas notifikasi, data pembelian, error, hingga jumlah pengguna aplikasi.

6. Remote Config

Firebase Google

Fitur selanjutnya adalah Remote Config. Fitur ini memungkinkan developer mengubah tampilan UI aplikasi secara otomatis. Ini berarti, pengguna tidak perlu melakukan update atau re-install aplikasi untuk mendapat pembaruan.

7. Cloud Messaging

Firebase Google

Fitur terakhir yang wajib kamu ketahui adalah Cloud Messaging. Fitur ini memungkinkan developer untuk mengirim dan menerima pesan tanpa mengeluarkan biaya.

Dengan begitu, developer dapat mengirim pesan atau notifikasi sesuai dengan segmen pengguna atau perilaku pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan Firebase Google

Setelah mengetahui fungsi dan fitur-fiturnya, sekarang mari kita bahas kelebihan dan kekurangan Firebase berikut ini.

Kelebihan Firebase Google

  • Memiliki opsi layanan gratis.
  • Friendly user.
  • Platform yang cepat dan responsif.
  • Dapat digunakan untuk berbagai aplikasi (Android, iOS, java, Objective-C, Swift, Node.Js, JavaScript, Kotlin, dan Flutter).
  • Menggunakan JSON.
  • Mudah digunakan, baik untuk backend maupun front end.

Kekurangan Firebase Google

  • Tidak semua layanan dapat diakses secara gratis.
  • Versi gratis memiliki resource yang terbatas.
  • Potensi overkill (aplikasi terhenti) karena penggunaan data terpusat.
  • Sulit untuk melakukan recovery karena aplikasi disimpan di server milik Google bukan milik pribadi.

Firebase Google adalah platform yang memberikan layanan penyimpanan data aplikasi dan pengelola aplikasi. Firebase tidak hanya memberikan kemudahan dari sisi teknis saja, tetapi juga mendukung peningkatan, pemeliharaan, dan pengembangan bisnis aplikasi.

Dengan platform ini, developer dapat mengembangkan dan meningkatkan aplikasi tanpa harus mengelola server sendiri. Maka dari itu, layanan Firebase Google ini sangat cocok untuk pemula yang baru memulai bisnis aplikasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!