Bisa dibilang saat ini dunia seni khususnya seni yang berbasis digital tengah banyak digandrungi. Uniknya mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa pun banyak yang tertarik menjadi seniman digital.

Jika dulu sebelum zamannya smartphone menggambar digital hanya bisa menggunakan PC, kini teman-teman bisa menghasilkan karya digital bermodalkan smartphone saja. Karena perkembangan teknologi yang semakin canggih kini hadir beragam aplikasi yang mendukung siapa saja untuk berkarya.

Belajar Desain Grafis Otodidak Untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan

Uniknya banyak orang yang tidak memiliki basic menggambar atau desain tertarik memperdalam bidang ini untuk sekedar hobi saja. Namun tidak sedikit yang mempelajari bidang ini untuk berdakwah melalui karya, hingga mencari penghasilan tambahan.

Karenanya untuk menjadi desainer grafis ini tidak perlu kuliah. Sebab teman-teman bisa mempelajarinya sendiri atau secara otodidak untuk menjadi desainer grafis yang handal di bidangnya.

Setelah memiliki “modal” yang cukup teman-teman bisa mulai mendapatkan penghasilan tambahan dari karya-karya yang dijual ataupun dari jasa desain yang ditawarkan. Meski mencari uang tidak semudah yang dibayangkan tetapi tidak ada salahnya untuk terus mencoba bukan?

Untuk itu simak beberapa tips belajar desain grafis otodidak di bawah ini:

1. Memiliki Alat Untuk Desain

Tak perlu software canggih seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan sejenisnya. Jika teman-teman hanya memiliki smartphone maka gunakanlah untuk memulai belajar desain grafis ini.

Namanya juga baru belajar, jadi manfaatkanlah apa yang teman-teman punya. Setelah itu instal aplikasi untuk desain yang cocok untukmu seperti Infinite Design, Medibang Paint, Canva, Fonty dan lainnya untuk menunjang proses belajarmu.

2. Memahami Dasar-dasar Desain Grafis

Secara umum dasar-dasar desain ini mencakup pada warna, simbol, tipografi, hingga sistem grid. Beberapa hal dasar tersebut penting untuk dikuasai guna menghasilkan pondasi desain yang baik.

3. Tentukan Gaya Dalam Desain

Sebuah gaya bisa mempengaruhi teman-teman dalam membuat desain. Maka penting menentukan gaya desain ini. Beberapa gaya ini misalnya logo, tipografi, ilustrasi, dan lainnya. Sebagai permulaan teman-teman bisa memilih salah satu gaya tersebut untuk mengasah kemampuanmu.

4. Mempelajari Hal  di Sekitarmu

Bisa dibilang mencari inspirasi itu susah-susah gampang. Terkadang hal-hal di sekitar bisa saja menjadi inspirasi untuk sebuah desain. Jadi teman-teman dapat mengamati hal-hal di sekitarmu, saat tiba-tiba ada inspirasi tulis atau gambarlah “hal” tersebut untuk dikembangkan saat membuat desain nanti.

5. Mencari Referensi Desain

Jika teman-teman sudah memiliki gaya desain yang dianggap bagus, maka teruslah belajar untuk mengasah kemampuan lagi dan lagi. Carilah referensi desain dari berbagai sumber yang dianggap desain tersebut memiliki gaya yang menginspirasimu.

Bila perlu teman-teman bisa mengumpulkan referensi sebanyak mungkin untuk kemudian dipelajari. Tentu saja mencari referensi ini bukan hal yang terlarang, selama teman-teman tidak meniru atau menjiplak karya-karya tersebut.

6. Meminta Kritik dan Saran

Dalam proses desain ini teman-teman wajib meminta kritik dan saran kepada siapapun. Baik orang itu bukan ahli di bidangnya ataupun orang yang sudah berpengalaman di bidang desain ini.

Kritik dan saran ini penting untukmu, jadi bila ada yang memberikan kritik cukup pedas maka jadikan hal tersebut untuk membuatmu lebih giat lagi belajar.

Setelah membaca tips tips tersebut, teman-teman mungkin akan tertarik Menjadi Desainer Logo Untuk Menghasilkan Uang dari HP atau bahkan menjadi Freelancer 6 Situs Web Rekomendasi Untuk Freelancer Indonesia dan Luar Negeri.

Itulah beberapa tips menjadi desainer grafis otodidak yang bisa teman-teman coba. Setelah siap dan percaya diri dengan karya yang teman-teman buat, mulailah mencari platform yang tepat untuk menjual karya-karyamu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.