Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan sistem pembelajaran dengan metode E-Learning ini, bukan? Bahkan, kamu (yang masih menjadi siswa) pastinya melakukan metode pembelajaran ini setiap harinya.

E-Learning sendiri memiliki makna yang lebih luas dibandingkan dengan Online Learning. Pembelajaran dengan E-Learning ini tidak hanya mencakup pembelajaran yang memanfaatkan internet saja. Melainkan, mencakup semua metode pembelajaran yang menggunakan media elektronik.

Di pembahasan sebelumnya kita juga telah membahas tentang E-Learning secara umum. Nah, di pembahasan kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan E-Learning.

Baca Juga : Kendala yang Sering Dihadapi dalam Penerapan Sistem E-Learning di Indonesia

Yuk, langsung saja ke pembahasan tentang Manfaat E-Learning berikut ini :

1.   E-Learning Membuat Waktu Belajarmu Jadi Lebih Fleksibel

Beda dengan sistem pembelajaran konvensional yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu. Seperti contohnya, setiap hari Senin-Sabtu dari jam 07.00 sampai 12.00. Maka, E-Learning ini sistemnya lebih fleksibel, dimana waktu belajarmu tidak terbatas oleh waktu.

E-Learning memungkinkan proses belajar yang lebih efektif, efisien, dan cepat, serta fleksibel. Kamu, teman sekolah, dan juga gurumu bisa menggunakan berbagai media online dan menentukan waktu pembelajaran di waktu tertentu. Semisal, melakukan Zoom meeting jam 09.00 – 10.00. Guru akan menerangkan materi pokok dan tugas. Kemudian, kamu bisa mencari referensi atau sumber pembelajaran lainnya setelah sesi Zoom tersebut selesai.

Baca Juga : 3 Metode Pembelajaran Online yang Mungkin Kamu Rasakan

Dengan waktu yang lebih fleksibel ini, kamu (sebagai siswa) juga bisa lebih bebas untuk mengatur jadwal Daily Activity-mu. Kamu masih memiliki banyak waktu yang tersisa untuk membantu orangtua mengerjakan pekerjaan rumah, bersosialisasi dengan teman dan lingkungan, mengembangkan bakat dan kreativitas, berolahraga, beristirahat, dan lain sebagainya.

Waktu untuk melakukan hal tersebut biasanya sangat terbatas ketika kamu masih melakukan kegiatan pembelajaran konvensional. Bahkan, ada pula yang pulang hingga sore hari. Ketika tubuh dan pikiran lelah, kamu mungkin tidak sempat melakukan hal lainnya. Apalagi untuk sekedar berolahraga.

Inilah Manfaat E-Learning yang akan sangat kamu rasakan, yakni membuat proses belajar lebih fleksibel dalam hal waktu.

2.   Lebih Hemat Biaya Operasional

Manfaat kedua dari penerapan pembelajaran dengan sistem E-Learning adalah lebih hemat biaya. Yah, meskipun kamu harus membeli perangkat digital dan kuota data untuk mengaksesnya. Tapi, sistem E-Learning memungkinkamu untuk belajar dari mana saja. Kamu bisa lebih hemat biaya untuk ongkos transportasi (pulang pergi ke sekolah), ongkos untuk jajan di sekolah, atau bahkan biaya untuk beli buku cetak lantaran sumber pembelajaran saat ini bisa kamu akses secara online.

3.   Mendorong kreativitas dalam menyampaikan bahan ajar

Manfaat E-Learning selanjutnya adalah mampu mendorong kreativitas pengajar dalam mengemas bahan ajar yang dimilikinya. Pelajaran nggak harus melulu menggunakan papan tulis atau hanya berdasarkan buku dan penjelasan guru.

Agar lebih menarik, materi pembelajaran juga bisa disajikan dalam bentuk Video Based Learning dan presentasi dengan powerpoint. Atau bahkan, pengajar bisa menerapkan metode belajar dengan teknologi gamification untuk semakin menarik minat belajar siswa.

Kehadiran E-Learning memungkinkan pengajar untuk mengkreasikan metode penyampaian pembelajaran yang dimilikinya. Siswa pun juga lebih semangat belajar dan tidak mudah bosan. Jika pelajaran tersebut menarik, kamu pun juga bisa lebih mudah menyerap materi yang diajarkan.

4.   Tersedianya beragam sumber pelajaran yang bisa diakses siswa

Peserta didik memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengakses berbagai referensi pembelajaran dengan sistem belajar E-Learning. Seperti yang kita sebutkan sebelumnya, saat ini buku bukan satu-satunya sumber materi pelajaran yang bisa diakses siswa.

Siswa bisa mencari sumber materi lain yang tersedia di internet, seperti di web yang berkredibilitas tinggi, melalui Youtube, sosial media yang menyajikan info-info pendidikan terkini, melalui aplikasi les online, video-video pembelajaran, hingga ke siaran televisi dan radio yang edukatif.

Dengan semakin banyaknya sumber pelajaran yang bisa diakses olehmu. Maka, kamu bisa lebih mengembangkan wawasan yang kamu miliki. Pengetahuan yang kamu miliki juga tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Melainkan, kombinasi dari beberapa sumber yang ada.

5.   Meningkatkan partisipasi aktif siswa

Manfaat E-Learning selanjutnya adalah dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Nah, jika kamu terbiasa duduk diam sembari mendengarkan guru di sistem pendidikan konvensional.

Maka, di sistem pendidikan dengan E-Learning ini. Kamu dituntut untuk lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran. Kamu harus dapat menyusun jadwal belajarmu, kamu harus bisa menyusun materi-materi pelajaranmu, dan sebagainya.

Jika ada hal yang tidak kamu ketahui, maka kamu bisa segera menanyakannya kepada guru via online, dan sebagainya. Kamu juga dituntut untuk lebih aktif dalam setiap proses diskusi sehingga kamu tahu arah pembicaraan tersebut.

Sejatinya, kamu sebagai siswa memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan proses belajar. Semakin aktif dan tanggap kamu dalam E-Learning, maka akan semakin baik pula hasilnya. Begitu pula sebaliknya, jika kamu tak dapat me-manage waktu dan kegiatan belajarmu ditambah kamu cenderung acuh tak acuh maka proses pembelajaran ini hasilnya tak akan efektif sama sekali.

Jadi, yuk mulai berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran E-Learning ini! Bagaimanapun juga, kamulah yang akan memanen hasilnya kelak.

6.   Meningkatkan kemandirian siswa

Jika biasanya kamu tergantung pada guru dan buku sebagai sumber referensi materi. Maka, di sistem E-Learning ini kamu dituntut untuk lebih mandiri. Kamu harus bisa mencari referensi materi lainnya yang sesuai dengan pelajaran yang kamu ampu.

Semakin tinggi tingkat kemandirian siswa, maka akan semakin baik pula hal tersebut bagi perkembangannya suatu saat nanti.

7.   Menyelesaikan masalah jarak

Dengan E-Learning, jarak tak lagi jadi penghalang agar kamu bisa belajar bersama-sama dengan guru dan teman belajarmu lainnya. E-Learning memungkinkanmu untuk belajar bersama siapapun dari area manapun. Tidak terbatas di area tertentu saja.

Dalam hal ini, kamu mungkin akan memerlukan perangkat digital dan internet sebagai jembatan penghubung. E-Learning juga memungkinkan adanya program kolaborasi bersama dengan sekolah lain di satu area atau bahkan dari mancanegara sekalipun.

Selain itu, kamu dapat mempelajari kecenderungan pola belajar mereka dan bertukar informasi, kamu juga dapat memperluas koneksi dan lingkup pertemananmu lho.

E-Learning adalah suatu metode pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik dan teknologi. Dalam dunia pendidikan, E-Learning ini nyatanya mampu memberikan dampak yang cukup besar.

Manfaat E-Learning dalam dunia pendidikan antara lain adalah membuat waktu belajar lebih efisien dan fleksibel, lebih hemat biaya, mendorong kreativitas pengajar dalam menyampaikan pembelajaran, memungkinkan tersedianya beragam sumber pelajaran, meningkatkan partisipasi dan kemandirian siswa, menghubungkanmu dengan orang lain tanpa batasan jarak, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa Manfaat E-Learning. Asal kamu memanfaatkan metode pembelajaran ini dengan baik. Maka, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat yang maksimal darinya.

Sekian, semoga bermanfaat…

Comments (1)

  1. Pingback: Aplikasi Penunjang Proses Pembelajaran Online Ini Wajib Dimiliki oleh Setiap Siswa - Mufazan

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!