Sebuah website memiliki peran penting untuk mengembangkan usaha di era perkembangan digital sekarang ini. Khususnya bagi para pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang kini terdampak pandemi hingga PPKM.

Kita ketahui adanya pandemi saja sudah menyurutkan roda perekonomian ditambah lagi dengan adanya PSBB hingga sekarang ini PPKM. Tak sedikit pemilik usaha yang kini bangkrut dan tak sedikit pula orang yang harus kehilangan pekerjaannya.

Hal tersebut tentu memiliki dampak besar pula terhadap perkembangan UMKM itu sendiri. Oleh sebab itu kamu yang memiliki UMKM harus memutar otak agar tidak tumbang di tengah kondisi seperti ini.

Memanfaatkan Dukungan Dari Pemerintah

Beberapa waktu lalu Pemerintah mengumumkan bantuan dengan nominal tertentu untuk para pemilik UMKM. Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan jika kamu adalah salah satu pemilik UMKM yang menerima bantuan tersebut.

Misalnya saja jika kamu selama ini ingin memiliki toko digital berupa web tetapi belum memiliki modal, mungkin ini saatnya memanfaatkan bantuan tersebut. Bisa jadi dengan adanya toko digital ini bisa membantu bisnis UMKM semakin berkembang lebih baik.

Toko Digital Solusi Saat Pandemi

Siapa sangka toko digital berbasis website bisa menjadi solusi di tengah pandemi Covid-19 ini? tentu saja bisa. Siapapun bisa mengembangkan usahanya melalui berbagai cara Halal termasuk dengan memiliki website.

Bukan hanya brand-brand besar saja yang cocok dan bisa memiliki pasar melalui website. Kamu yang notabenenya pemilik UMKM bisa menjalankan strategi yang sama.

Untuk itulah simak beberapa alasan penting kenapa kamu harus memiliki sebuah website berikut ini:

1. Website Bisa Diakses Kapan Saja

Toko fisik UMKM kamu biasanya memiliki jam buka dan tutup secara teratur dan bisa jadi terbatas jarak untuk konsumen di luar kota. Tetapi website UMKM memungkinkan pelanggan kamu untuk mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga : Cara Membuat Website Toko Lewat WordPress

Jadi pelanggan bisa kapan saja mencari informasi yang dibutuhkannya di website seperti informasi katalog produk, jam operasional toko, alamat toko, dan lain-lain.

2. Media Promosi yang Hemat Biaya

Website UMKM kamu akan tetap beroperasi kapan pun bahkan saat kamu sedang sibuk, sedang liburan, dan lain sebagainya. Artinya website tersebut akan tetap memasarkan produk UMKM kamu secara otomatis.

Baca Juga : Monetisasi Website Dengan 4 Pilihan Situs Jaringan Periklanan Terbaik 2021

Setiap bulan atau setiap tahunnya kamu memang perlu mengeluarkan biaya untuk website. Tetapi biaya tersebut terbilang cukup murah dan tidak akan membebanimu. Sehingga website ini disebut sebagai media promosi yang benar-benar hemat biaya.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Umumnya sebelum membeli sesuatu orang-orang akan mencari informasi terlebih dahulu. Adanya website tentu memudahkan pelanggan untuk mencari informasi tentang UMKM yang kamu miliki.

Di samping itu adanya website ini bisa membuat UMKM kamu terlihat lebih kredibel dan profesional di mata pelanggan. Hal ini tentu bisa membuat calon pelanggan semakin yakin untuk membeli produk-produkmu.

4. Memperluas Pasar UMKM

Umumnya sebuah website bisa membantu menarik pembeli yang mengunjungi website UMKM kamu. Hal ini yang menjadikan website sebagai sarana untuk memperluas lagi pasar produkmu ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Tak ubahnya memiliki toko online di berbagai marketplace, website ini bisa memberikan peluang untuk kamu mendapatkan pelanggan dari mana saja.

Untuk itulah dengan memiliki toko digital berbasis website ini bisa membantu kamu membuka peluang lebih luas untuk mengembangkan UMKM secara masif. Dengan begitu diharapkan UMKM yang terdampak pandemi saat ini bisa perlahan membaik dengan bantuan platform seperti website ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.