Oke, mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul “Pengaruh Teknologi bagi Kehidupan Manusia Modern Saat Ini”.

Nah, untuk pembahasan kali ini. Kita akan lanjut membahas tentang manfaat dan pengaruh teknologi dalam kehidupan sehari-hari manusia modern, dalam bidang sosial, pendidikan, dan juga kesehatan.

Yuk, simak penjelasannya di ulasan bawah ini!

Manfaat Teknologi dalam Bidang Pendidikan

Buat kamu nih yang masih menjadi seorang siswa, mahasiswa, atau sudah berprofesi sebagai tenaga pengajar. Pengaruh teknologi dalam bidang pendidikan ini sudah semakin kuat. Terlebih setelah adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan lembaga pendidikan untuk menemukan inovasi sistem pembelajaran terbaru tanpa harus bertatap muka.

Alhasil, sekarang ini terciptalah suatu metode pendidikan yang sistemnya sangat bergantung pada teknologi. Metode pendidikan tersebut disebut sebagai pembelajaran daring atau e-learning!

Untuk melakukan pembelajaran daring, kamu tentunya harus memiliki perangkat digital yang mendukung (contoh smartphone dan PC), jaringan internet yang stabil, kuota internet seluler/wifi, dan berbagai peralatan penunjang lainnya.

Tanpa hal-hal diatas, pembelajaran daring akan sangat sulit bahkan mustahil dilakukan. Selain itu, kamu juga memerlukan beberapa aplikasi atau perangkat lunak yang dapat menjembatani sistem daring ini. Contoh aplikasi tersebut adalah Zoom Meeting, Google Classroom, Google Duo, dan lain sebagainya.

Karena sistem pembelajarannya online, maka kegiatan asesmen atau pengumpulan dan penilaian tugas juga akan dilakukan secara online. Jadi, alih-alih menulis manual menggunakan buku. Kamu bisa menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas.

Nah, bukan hanya sistem pembelajaran daring saja yang memanfaatkan teknologi. Nyatanya, sistem pembelajaran tatap muka pun sudah banyak yang mengadopsi teknologi. Contohnya saja, penggunaan powerpoint sebagai media presentasi.

Siswa-siswi juga bisa menggunakan layanan penyimpanan cloud untuk menyimpan berbagai file/tugas yang mereka miliki. Dengan layanan cloud ini, para pengajar pun bisa men-share tugas dan bahan pelajaran dengan lebih mudah.

Sumber pembelajaran juga tidak hanya bisa kamu ambil dari buku cetak saja. Melainkan bisa dari internet baik di website, sosial media, ataupun Youtube. Intinya, ada semakin banyak referensi pembelajaran yang bisa kamu akses.

Penerapan teknologi dalam dunia pendidikan tidak hanya ada di lini sistem pembelajarannya saja lho. Melainkan ada juga di sistem pendidikan internalnya. Contohnya, untuk penerimaan siswa baru sendiri, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online.

Untuk pendataan murid, guru, dan sekolah sendiri juga telah menggunakan banyak sekali teknologi dan perangkat canggih. Sebut saja, sekarang ada teknologi Big Data yang mempermudah pendataan tersebut.

Semoga saja nih, kedepannya teknologi akan semakin memajukan sistem pendidikan di Indonesia. Sehingga negara kita tidak tertinggal oleh negara lainnya.

Manfaat Teknologi dalam Bidang Sosial

Kehidupan sosial manusia modern sendiri tidak lepas dari teknologi. Meskipun, ada dampak negatif dan positifnya. Tapi, teknologi mampu menjembatani kegiatan sosial kita lho tanpa harus bertemu secara langsung.

Yah, meskipun terkadang hal ini membuat kita kurang aware terhadap kondisi lingkungan sekitar. Namun, jika kamu bisa memanfaatkannya dengan baik maka kamu bisa memperluas koneksi dan kenalanmu lho. Kamu bisa mendapatkan teman dari berbagai negara di belahan dunia!

Tapi, selalu ingat ya untuk mengedepankan kode etik dalam penggunaan teknologi ini. Agar apapun yang kita post tidak menyinggung pihak lain dan merugikan diri sendiri atau orang banyak.

Manfaat Teknologi dalam Bidang Kesehatan

Teknologi sangat-sangat berjasa dalam pembaharuan management dalam instansi kesehatan. Bukan hanya itu saja, teknologi juga mempermudah aksesmu ke berbagai jenis layanan kesehatan. Nah, berikut ini Manfaat Teknologi dalam bidang kesehatan :

  • Mempermudah pasien untuk mengakses informasi dan layanan kesehatan. Hanya dengan browsing di internet, kita bisa dengan lebih mudah mengetahui layanan suatu instansi kesehatan (baik puskesmas, rumah sakit, ataupun klinik), jadwal dokter, harga/tarif layanan (untuk pasien berbayar), dan bahkan melakukan pendaftaran secara online.
  • Mempersingkat waktu tunggu : Kamu bisa melakukan booking atau pendaftaran layanan secara online atau membuat janji konsultasi dengan dokter secara online. Dengan waktu konsultasi yang telah ditentukan di awal perjanjian, kamu tidak perlu menunggu hingga berjam-jam.
  • Memudahkan tenaga medis untuk melakukan pertolongan terhadap pasien : dengan teknologi (terutama dari segi teknologi informasi dan komunikasi), tenaga medis dapat lebih mudah menjangkau dan melakukan pertolongan pada pasien. Kamu pun bisa langsung menghubungi rumah sakit terdekat melalui telepon untuk meminta pertolongan.
  • Tersedianya berbagai alat kesehatan canggih nan modern yang akan semakin memudahkan tenaga medis untuk mendiagnosa serta menangani jenis penyakit tertentu.
  • Sistem penyimpanan dan perawatan data pasien yang lebih mudah. Dari sisi penyedia layanan, teknologi juga bisa mempermudah proses pencarian dan penyimpanan data pasien. Data pasien akan secara otomatis tersimpan dalam bentuk file dalam satu aplikasi yang bisa dengan mudah diakses oleh tenaga medis. Riwayat kesehatan pasien pun akan tercatat dengan baik, sehingga di kemudian hari dapat membantu proses diagnosis dokter.
  • Membuat alur kerja di instansi kesehatan jadi jauh lebih efisien dan efektif karena tidak perlu dilakukan secara manual lagi.
  • Dapat digunakan sebagai sarana penyebaran dan sosialisasi pada masyarakat banyak. Seperti contohnya, melakukan kampanye kesehatan atau untuk memberikan informasi terbaru pada masyarakat.
  • Memungkinkan dokter untuk melakukan monitoring pasien secara online. Terlebih jika posisi pasien dan dokter tidak sedang berada dalam 1 lokasi (luar kota atau bahkan luar pulau sekalipun).
  • Menjangkau lebih banyak konsumen dengan lebih luas.
  • Memungkinkan adanya layanan konsultasi online, penebusan obat secara online, dan sejenisnya.

Harapan kedepannya, dengan bantuan teknologi. Maka akses masyarakat terhadap kesehatan jadi lebih terjangkau. Selain itu, dengan banyaknya teknologi canggih kedepannya akan ada lebih banyak inovasi penanganan suatu penyakit yang lebih baik lagi. Sehingga tingkat kesembuhan pasien bisa lebih tinggi.

Dari beberapa pembahasan mengenai pengaruh dan Manfaat Teknologi tersebut. Baik dalam bidang usaha, pendidikan, sosial, komunikasi & informasi, kesehatan, dan perbankan. Dapat kita tarik kesimpulan bahwa teknologi sangat membantu manusia dalam mengerjakan berbagai hal. Teknologi membuat sesuatu jauh lebih efisien, cepat, efektif, dan akurat!

Tanpa teknologi, akses kita terhadap informasi dan berbagai layanan juga akan terbatas. Selain dalam beberapa bidang di atas, penerapan teknologi sebenarnya juga lebih luas lagi. Masih ada banyak sekali bidang yang sangat tergantung pada teknologi. Bidang tersebut adalah bidang transportasi, militer, pemerintahan, riset dan sains, dan masih banyak lagi.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tapi teknologi sebenarnya juga memiliki banyak sekali efek negatif. Tapi, itu semua tergantung pada kita yang berperan sebagai operatornya. Jika kita menggunakan teknologi untuk berbagai hal positif, maka manfaatnya akan terasa. Begitu pula sebaliknya. Jadi, bijaklah dalam menggunakan teknologi.

Menurutmu bagaimana? Dapatkah kita membayangkan bagaimana kehidupan kita tanpa teknologi yang biasa kita gunakan?

Comments (1)

  1. Pingback: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contoh Teknologi - Mufazan

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!