Bagi teman-teman yang memiliki skill menggambar tidak ada salahnya mencoba untuk fokus dalam satu bidang saja, misalnya memperdalam desain “Logo”. Terbukti dengan berkembangnya teknologi saat ini seorang desainer logo memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Menjadi Desainer Logo Bermodalkan HP Android

Tak tanggung-tanggung, teman-teman bisa langsung mendesain logo hanya bermodalkan HP Android dan jari tangan saja. Untuk permulaan HP Android dan jari tangan adalah modal utama yang sangat simpel.

Bukan tanpa sebab, mengingat saat ini banyak sekali smartphone Android yang memiliki fitur-fitur canggih di pasaran. Maka dari itu spesifikasi HP Android yang dimiliki turut berperan penting untuk menunjang proses desain logo itu sendiri.

Bisa dibilang HP Android merek apapun minimal memiliki sistem Android 7.0 Nougat sudah cukup bagus untuk digunakan mendesain logo. Apalagi sistem Android di atas Nougat yang notabenenya semakin canggih akan lebih mempermudah dalam mendesain logo.

Mempelajari Desain Logo Untuk Menghasilkan Uang

Selain bermodalkan HP Android teman-teman pun perlu mempelajari desain logo lebih dalam lagi. Tujuannya supaya bisa menciptakan logo yang baik, logo yang memiliki ciri khas tersendiri dan logo yang benar-benar orisinil.

Untuk itu simak beberapa tips menarik di bawah ini:

1. Mempelajari Dasar-dasar Desain Grafis

Teman-teman bisa mempelajarinya dari teman sesama desainer logo jika ada, seorang profesional hingga dari YouTube. Misalnya mempelajari bentuk kubus, teknik copy paste, duplikasi objek dan lainnya adalah dasar-dasar yang penting. Teknik crop image dan trim pun penting dikuasai sebagai dasar.

2. Mempelajari Teknik Pewarnaan

Warna adalah unsur penting yang menggambarkan suatu logo. Misalnya warna Merah banyak digunakan untuk logo makanan. Hal ini tentu tak lepas dari teknik pewarnaan itu sendiri.

Maka, pelajarilah teknik pewarnaan untuk bisa mengetahui dasar-dasar penggabungan warna yang cocok untuk sebuah logo. Saat ini logo dengan warna gradasi banyak digemari, sehingga menguasai teknik gradasi bisa menjadi poin penting.

3. Banyak Berlatih dan Mengeksplorasi Logo Orang Lain

Menirukan logo orang lain adalah salah satu hal yang banyak direkomendasikan untuk pemula. Tujuannya tentu saja untuk menambah wawasan dalam membuat logo itu sendiri.

Jadi jangan salah kaprah untuk menciptakan logo orisinil tetapi dengan cara meniru karya orang lain. Justru dengan banyak berlatih dan mencari inspirasi logo lain akan mampu memiliki ide-ide cemerlang untuk membuat logo yang baik dan orisinil

Rekomendasi Aplikasi Untuk Desain Logo di Android

Setelah mempelajari tips di atas, teman-teman pun bisa langsung mempraktekkannya secara langsung di HP Androidmu. Untuk menciptakan logo yang berkualitas dibutuhkan tools yang juga memadai.

Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Infinite Painter

Infinite Painter adalah aplikasi untuk menggambar yang bisa digunakan untuk mendesain logo. Aplikasi ini bisa menciptakan logo sesuai keinginan yang tentu saja orisinil dan bisa disimpan dalam berbagai format.

2. Canva

Sedangkan aplikasi Canva bisa digunakan untuk latihan dengan memanfaatkan berbagai material di dalamnya. Seperti font, ilustrasi dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk kebutuhan komersial mungkin teman-teman bisa mencoba Canva Pro.

Sebagai tambahan nantinya bisa menjual logo yang telah di-desain di berbagai situs, misalnya saja di Creative Market. Satu hal lagi, agar lebih  menjanjikan cobalah meminta pendapat teman atau desainer logo profesional untuk menilai logo yang teman-teman buat. Intinya jangan lupa untuk terus belajar dan mencari pengalaman.

Setelah membuat logo, teman-teman dapat menjual atau membuat Personal Branding dari logo tersebut. Jika ingin menggunakan logo tersebut untuk Personal Branding, teman-teman dapat menggunakan Sosial Media seperti Instagram ataupun situs lainnya seperti Pinterest, Devianart, maupun situs teman-teman pribadi.

Apabila teman-teman hendak menjualnya, berikut beberapa situs yang dapat dicoba untuk menjual logo:

1. Freepik

Freepik menyediakan foto dan aset yang dapat didownload baik gratis maupun premmium. Di dalam situs tersebut teman-teman dapat menjual berbagai aset seperti UI/UX, Icon, Logo, Poster, dan lain sebagainya. Meskipun persyaratan untuk foto atau aset teman-teman diterimanya cukup ketat, mungkin teman-teman dapat mencobanya.

2. projects.co.id

projects.co.id adalah sebuah situs freelancer. Sama seperti situs lainnya, projects menyediakan jasa freelancer dengan banyak pilihan.

Ketika memasuki situsnya, teman-teman akan disuguhi dengan tampilan yang menurut saya terlihat membingungkan ketika melihatnya. Berikut adalah penjelasan singkat di dalam tampilan situs projects:

  1. Projects : Berisi daftar pekerjaan tebaru yang tersedia untuk freelancer menawarkan jasa nya.
  2. Services : Berisi daftar Jasa terbaru yang dapat disewa oleh pekerja.
  3. Products : Berisi daftar produk terbaru yang dapat dibeli secara instan, yang artinya pekerja tidak perlu menunggu freelancer untuk mengerjakan produk tersebut.

Nah, yang dapat teman-teman gunakan adalah fitur New Products untuk menjual logo dengan format yang dapat diedit sehingga pembeli dapat langsung mengedit logo teman-teman.

Website projects.co.id

Jangan sampai menyerah untuk terus produktif, lakukan dengan kesabaran dan konsisten, terus tanam sampai berbuah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Apabila ada kesalahan maupun kekurangan, mohon ditambahkan di dalam kolom komentar. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Comments (1)

  1. Pingback: Jadi Desainer Grafis Otodidak Untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan - Mufazan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.