Perkembangan teknologi internet berkembang sangat pesat, bahkan sekarang kita bisa membuat website secara gratis tanpa harus memiliki latar belakang web developer!

Dengan memiliki sebuah website, kalian bisa berbagi informasi, menyalurkan hobi, hingga berjualan dan memasarkannya di dunia maya. Simak disini yuk, cara-cara untuk membuat website secara gratis di WordPress!

Hal-Hal Yang Harus Kalian Persiapkan Sebelum Membuat Website

1.    Tentukan Topik

Renungkan terlebih dahulu tujuan kamu membuat website untuk apa. Jika kamu ingin berbagi tentang hobi, kamu bisa membuat website blog, jika kamu memiliki usaha dan ingin memasarkannya kepada khalayak luas, maka buatlah website profil perusahaan atau website jualan.

Bila kamu ingin membuat website pribadi, tentukan tema niche yang akan kamu buat, apakah berupa blog berisi keseharian kamu, atau tempat kamu berbagi hobi, atau portofolio hasil karya kreasi kamu? Tentukan dari sekarang.

2.    Tentukan Nama Domain Yang Unik

Langkah selanjutnya yang harus kamu persiapkan adalah nama domain.

Nama domain yang unik merepresentasikan brand dan website yang kamu buat. Maka dari itu, kamu harus memikirkan nama domain secara matang yang mudah diingat oleh orang-orang.

Hosting Unlimited Indonesia

Cara Membuat Website Secara Gratis di WordPress

1.    Buka situs resmi WordPress

Ketuk link ini www.wordpress.com untuk masuk ke halaman resmi WordPress. Setelah terbuka, kalian akan melihat sebuah form seperti gambar dibawah ini.

2.    Lengkapi Form Pendaftaran

Berikutnya, isilah kolom-kolom yang berada di dalam form dengan menggunakan data pribadi kamu dengan benar.

Data-data ini nantinya akan kamu gunakan untuk mengakses ke halaman panel kontrol blog WordPress yang kalian telah buat.

3.    Gunakan Alamat Email Pribadi atau Bisnis

Pastikan bahwa alamat email yang kalian gunakan saat mendaftar membuat website di WordPress adalah email yang aktif, bisa berupa email pribadi atau email bisnis yang kamu miliki.

Gunanya menggunakan alamat email yang aktif ini supaya kalian bisa mendapatkan konfirmasi pendaftaran yang akan dikirimkan melalui email tersebut. Selain itu, ketika kalian lupa dengan password website kalian, maka kalian bisa melakukan permintaan mengganti password tersebut dan WordPress akan mengirimkan email pergantian password ke alamat email yang kalian daftarkan.

4.    Gunakan Username Yang Mudah Kalian Ingat

Buat kalian yang bingung dalam memilih username yang mudah diingat, kalian bisa menggunakan nama pribadi kalian atau menggunakan kata Admin, User, atau Owner sebagai username kamu.

Jika username yang telah kamu buat ditolak, maka kamu harus mencari nama lain yang bisa kalian ingat dengan mudah.

5.    Buat Password Yang Unik dan Mudah Diingat

Kenapa sih, kita harus membuat Password yang unik, mudah diingat, tetapi “alay”? Alasannya ialah untuk menambah keamanan akun website kamu sehingga tidak rawan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Maka, pastikanlah password yang kalian buat adalah sebuah kata atau kalimat yang kalian ingat dengan menggunakan simbol-simbol atau angka-angka.

6.    Cek Nama Domain

Meskipun kalian sudah menentukan nama domain untuk website kalian, bisa jadi nama domain tersebut tidak tersedia dan tidak diterima oleh WordPress.

Biasanya, hal ini terjadi karena nama domain tersebut sudah dimiliki oleh orang lain, atau beberapa kata memiliki kata-kata yang kurang pantas.

7.    Buat Website di WordPress Secara Gratis

Setelah menyelesaikan semua form yang wajib kalian isi, kalian akan melihat sebuah tabel yang berada di bagian bawah form.

Pilih paket “WordPress.com Pemula” untuk membuat website di WordPress secara gratis, dan ketuk “Buat Blog.”

8.    Website Sudah Siap Digunakan

Setelah kamu melakukan verifikasi website melalui email kamu, maka website yang kamu telah buat sudah siap digunakan.

Pada tahap ini, kalian bisa mengatur tampilan website kamu dengan berbagai pilihan tema yang telah disiapkan oleh WordPress.

Cukup mudah bukan membuat website secara gratis di WordPress.com? Sekarang, kalian bisa dengan bebas deh menulis artikel, berbagi karya kreatif kamu, hingga berjualan di website yang telah kamu buat.

Selain membuat blog, kalian juga mungkin tertarik untuk menghasilkan uang lewat membuat toko menggunakan wordpress? Simak juga artikel tips nya!

Cara Membuat Website Toko Lewat WordPress

Selamat mencoba!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!