Pengaruh Teknologi bagi kehidupan manusia modern saat ini sangatlah besar. Bahkan, saking tergantungnya kita dengan teknologi. Kita tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa bantuan teknologi.

Sebenarnya, teknologi bukan hanya terpusat dalam teknologi digitalisasi atau komputerisasi saja. Teknologi tidak hanya terbatas pada penggunaan internet, komputer, dan perangkat digital. Teknologi mencakup makna yang lebih luas lagi karena sejatinya teknologi adalah semua peralatan yang dapat membantu pekerjaan manusia.

Semua alat bantu yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan itu sudah dapat disebut sebagai teknologi. Karena pengaruhnya yang sangat erat dalam kehidupan sehari-hari, maka tidak mengherankan apabila kamu bisa menemukan berbagai jenis implementasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai sektor.

Nah, buat kamu yang penasaran seberapa besar pengaruh dan manfaat teknologi ini. Yuk, simak ulasan singkatnya dibawah ini :

Pengaruh Teknologi dalam Sektor Bisnis

Yang pertama, kita akan membahas berbagai manfaat teknologi dalam sektor usaha. Bagi kamu para pebisnis ataupun karyawan, kamu pasti sudah merasakan dampak langsung teknologi dalam bidang bisnis ini, bukan? Apalagi jika kamu pernah hidup di masa teknologi belum secanggih masa kini (usia 40 tahun ke atas).

Dengan teknologi ini, semua pekerjaan bisnismu jadi lebih mudah, efisien, dan efektif. Nah, berikut ini beberapa perubahan sistem dalam dunia usaha berkat kehadiran teknologi :

  • Proses penerimaan pembayaran dari klienmu jadi lebih mudah. Tidak perlu dilakukan secara cash. Dari jarak jauh sekalipun kamu tetap bisa menerima payment melalui e-banking dan digital payment lainnya. Semakin lancar arus penerimaan kas, maka proses operasional perusahaan juga akan semakin baik.
  • Mempermudah sistem pelayanan kepada para konsumenmu. Contoh, kamu adalah seorang pengusaha restoran. Untuk menjalankan proses billing tentunya kamu membutuhkan suatu aplikasi kasir yang secara otomatis dapat menghitung tagihan konsumen.
  • Melalui website dan platform sosial media lainnya, kamu bisa menyebarkan informasi mengenai identitas dan layanan perusahaan.
  • Lebih hemat biaya, baik dari segi operasional, marketing dan segi lainnya. Proses produksi jadi lebih efisien (dalam hal waktu, tenaga, dan biaya) dengan bantuan mesin canggih. Proses promosi juga bisa dilakukan dengan lebih akurat dan murah dengan bantuan berbagai platform dan iklan online.
  • Kalau dulu kita masih menggunakan media cetak seperti koran untuk promosi, sekarang kamu bisa melakukan iklan secara online dengan bantuan teknologi. Sebut saja, iklan di TV, Billboard, radio, dan lain sebagainya.
  • Tersedia berbagai platform jualan online yang dapat kamu manfaatkan untuk menunjang perkembangan bisnis. Sebut saja, layanan e-business, e-commerce, e-banking, dan sejenisnya.
  • Dengan bantuan teknologi, kamu juga bisa menyediakan layanan customer care interaktif secara real time dan bisa diakses oleh konsumen dimanapun dan kapanpun.
  • Adanya perubahan pola kebiasaan kerja, contohnya saja dengan penerapan Enterprise Resource Planning (ERP).

Selain beberapa perubahan diatas, tentunya masih ada banyak sekali inovasi dalam bidang bisnis akibat teknologi ini. Oke, mari kita lanjut ke kesimpulannya. Teknologi dalam bidang bisni ini secara garis besar bermanfaat untuk : mempermudah akses komunikasi dan informasi, sebagai manajemen data, customer relationship management, dan berfungsi untuk menunjang aktivitas bisnis selama 24 jam.

Jika kita bandingkan dengan masa sebelum teknologi berkembang canggih. Segala sistem bisnis dilakukan dengan cara manual. Baik dari segi operasional hingga marketing-nya. Wah, gimana? Menarik, bukan? Yuk, mulai terapkan teknologi ke dalam lini bisnismu!

Pengaruh Teknologi dalam Bidang Perbankan

Dunia perbankan juga mengadopsi banyak sekali implementasi teknologi lho! Ada banyak sekali teknologi canggih yang semakin mempermudah layanan perbankan. Baik untuk layanan front end “garis depan” (seperti ATM dan komputerisasi sistem perbankan) dan layanan back end (teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan, merchant, atau penyedia jasa transaksi, misalnya electronic check conversion).

Dari segi layanan e-banking, teknologi yang digunakan perbankan meliputi :

  • ATM / Automated Teller Machine : kamu pastinya sudah kenal dong dengan teknologi ATM ini. ATM memudahkanmu untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus antri di teller! Di ATM ini, kamu bisa melakukan transaksi tarik tunai, setor tunai, cek saldo, bahkan pembayaran multifungsi (isi saldo digital money, bayar tagihan PLN, PDAM, dan sebagainya).
  • Computer Banking : merupakan layanan yang bisa kamu akses melalui koneksi internet ke pusat data bank untuk melakukan berbagai jenis layanan perbankan.
  • Debit (or Check) Card :  untuk setiap pembukaan rekening bank baru (kecuali untuk beberapa jenis tabungan), maka kamu akan diberikan yang namanya Debit Card atau yang biasa kita sebut sebagai “Kartu ATM”. Kegunaan kartu ini, tentunya digunakan sebagai media/alat untuk bertransaksi di ATM.
  • Direct Deposit : teknologi Direct Deposit merupakan suatu jenis/bentuk pembayaran yang dilakukan oleh suatu organisasi yang membayar sejumlah dana melalui transfer elektronik langsung ke rekening nasabah.
  • Direct Payment (also electronic bill payment) Electronic Bill Presentment and Payment (EBPP) untuk opsi pembayaran elektronik dengan lebih mudah.
  • Jenis layanan e-banking lainnya : Electronic Check Conversion, Electronic Fund Transfer (EFT), Payroll Card, Preauthorized Debit (or automatic bill payment), Prepaid Card, dan juga Smart Card serta Stored-Value Card.

Nah, kalau layanan diatas merupakan layanan yang biasa kita akses. Untuk lini management-nya sendiri, perusahaan perbankan pastinya juga telah menerapkan berbagai jenis software canggih khusus untuk membantu sistem operasionalnya. Penggunaan software tersebut tentunya juga harus didukung dengan berbagai perangkat digital yang canggih. Contohnya saja penggunaan PC, jaringan internet, dan berbagai perangkat lainnya.

Nah, jika kita bandingkan dengan zaman dulu. Sistem perbankan belum menggunakan sistem canggih seperti ini. Semuanya masih menggunakan sistem manual-semi manual yang tentunya masih sangat terbatas layanannya.

Pengaruh Teknologi dalam Sektor Telekomunikasi dan Informasi

Manfaat besar teknologi juga semakin dapat kita rasakan dalam sektor komunikasi dan informasi. Setiap hari kita dapat terhubung dengan berbagai orang di berbagai belahan dunia karena jasa teknologi.

Contohnya saja, dalam sarana komunikasi. Dulu, jauh sebelum teknologi berkembang. Kamu mungkin harus melakukan kegiatan surat-menyurat melalui pos untuk sekedar bertukar pesan. Sekarang, kamu bisa melakukannya dengan mudah dari rumah.  Cukup ketik-ketik di smartphone saja, pesan terkirim! Gimana? Gampang banget, bukan? Saking gampangnya untuk berkomunikasi secara online, kita bahkan tak perlu bertemu langsung untuk sekedar temu kangen saja dengan orang tersayang.

Untuk sarana penyebaran informasi, kamu bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah melalui internet, televisi, radio, dan lain sebagainya. Zaman dulu, informasi menyebar hanya dari mulut ke mulut.

Nah, itulah berbagai pembahasan tentang Pengaruh Teknologi. Dalam artikel ini, kita hanya dapat membahas 3 bidang yakni, bidang usaha, perbankan, dan bidang komunikasi & informasi. Nah, untuk pembahasan tentang pengaruh dan manfaat teknologi dalam bidang pendidikan, sosial, dan kesehatan. Kamu bisa lanjut baca artikel selanjutnya yang berjudul, “Manfaat Teknologi dalam Kehidupan Sehari-Hari”.

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!