Teknologi merupakan suatu alat terobosan baru yang diciptakan oleh manusia untuk membantu berbagai pekerjaan yang ada. Setiap saat, kamu bisa menemukan berbagai perkembangan teknologi lho.

Muncul pula banyak penemuan baru yang semakin canggih dan keren. Salah satunya adalah IoT atau Internet of Things. Nah, buat kamu yang penasaran tentang apa itu IoT, yuk simak pembahasannya dibawah ini :

Pengertian Internet of Things

Nah, sebelum mulai membahas tentang penerapan IoT dalam dunia pendidikan. Akan lebih baik kalau kita belajar sekilas Tentang Internet of Things terlebih dahulu.

IoT merupakan sebuah program dimana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Awalnya nih, perkembangan IoT ini sendiri hadir berkat teknologi nirkabel, teknologi microelectromechanical (MEMS), internet, dan QR (Quick Responses) Code serta lain sebagainya.

Untuk pengaplikasian IoT sendiri sudah cukup luas, beberapa perusahaan teknologi terkemuka di dunia juga telah membuat beberapa inovasi menggunakan IoT ini. Contohnya aja, ada sensor suara dari teknologi Google terbaru yakni Google Ai dan Alexa dari Amazon.

Baca Juga : Tahukah Anda? Tujuan Internet diciptakan untuk Keperluan Militer!

Teknologi IoT sendiri juga diterapkan dalam konsep smart city. Seperti yang dilakukan oleh beberapa negara maju seperti China dan Jerman. Penerapan IoT dalam konsep smart city ini memungkinkan pemerintah untuk dapat memonitoring setiap aktivitas penduduk melalui sistem dengan basis data berskala besar.

Unsur-Unsur IoT

IoT sendiri terbentuk dari beberapa unsur. Diantaranya adalah :

  • Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.
  • Konektivitas.
  • Perangkat berukuran kecil.
  • Sensor.
  • Keterlibatan aktif.

Cara Kerja Internet of Things

Sederhananya, cara kerja IoT ini didasarkan pada argumentasi dari algoritma Bahasa Pemrograman yang telah tersusun. Setiap argumen tersebut akan menghasilkan sebuah interaksi yang dapat membantu perangkat keras/mesin menjalankan fungsinya.

Dengan ini mesin tersebut akan secara otomatis menjalankan pekerjaannya tanpa harus dioperasikan langsung oleh manusia. Tugas utama manusia sendiri adalah melakukan pengawasan atau monitoring tindakan dan sistem kerja mesin tersebut.

Salah satu faktor terpenting dari jalannya program tersebut ada di jaringan internet yang menjadi penghubung antar sistem dan perangkat keras. Tanpa internet, pengaplikasian IoT tak bisa dilakukan.

Saat ini sendiri, sistem IoT belum mulai digunakan secara merata. Masih ada banyak sekali kendala yang menghambat berkembangnya Internet of Things ini. Diantaranya adalah sumber daya yang masih terbatas, baik dari segi modal ataupun manusia sehingga tidak semua kota bisa mengaplikasikan teknologi IoT. Belum lagi, di Indonesia sendiri jaringan internet belum stabil dan merata.

Contoh Penerapannya dalam Dunia Pendidikan

Kita nggak bisa memungkiri lagi kalau pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan memberikan banyak dampak positif. Khususnya, dalam hal peningkatan kualitas belajar dan kemudahan aksesnya. Internet of Things memiliki potensi yang sangat besar untuk semakin menunjang sistem pembelajaran ini.

Nah, hal-hal dibawah ini diterapkan dengan menggunakan Internet of Things lho :

1.     Sistem Belajar Jarak Jauh Secara Online (E-Learning)

E-Learning merupakan proses belajar jarak jauh yang dilakukan secara online menggunakan berbagai perangkat digital yang canggih. Dalam hal ini, poses E-Learning ini mampu menjembatani siswa dan guru untuk melakukan proses pembelajaran tanpa harus bertatap muka secara langsung.

E-Learning ini memungkinkan kita untuk bertemu secara maya dalam tempat berbeda untuk waktu yang sama. Untuk menunjang sistem E-Learning ini. Kita membutuhkan perangkat digital (smartphone dan PC) serta internet untuk menjalankannya.

Di masa pandemi seperti ini, sistem belajar secara online ini tentunya akan sangat memudahkan proses belajar mengajar siswa dan guru. Kamu (siswa) tetap bisa belajar dari manapun kok, termasuk dari rumahmu.

2.     Mempermudah proses peminjaman perlengkapan sekolah

Salah satu contoh perlengkapan sekolah disini adalah buku pelajaran. Dengan teknologi yang berbasis IoT, siswa dapat melakukan peminjaman buku secara online di perpustakaan sekolah. Di waktu tertentu, buku yang telah siap dipinjam tersebut bisa diambil oleh siswa. Atau buku tersebut akan diantarkan ke alamat siswa.

Proses ini dapat berjalan berdampingan dengan sistem E-Learning. Dengan adanya implementasi teknologi Internet of Things ini. Maka, kegiatan tatap muka bisa lebih diminimalisir sehingga siswa dan guru bisa lebih aman  terlebih di masa pandemi Corona yang mengharuskan kita semua untuk membatasi aktivitas fisik.

3.     Menunjang Sistem Pembelajaran Interaktif

Kamu pastinya sudah tak terlalu bergantung pada buku, bukan? Dibandingkan zaman dulu, sekarang ini ada lebih banyak referensi sumber belajar yang bisa kamu manfaatkan. Contohnya nih, ketika kamu mengerjakan tugas dan tidak menemukan jawaban dari persoalan tersebut. Maka, kamu bisa searching di Google untuk menemukan jawabannya. Nah, itulah salah satu bentuk sederhana penerapan Internet of Things dalam sistem pembelajaran interaktif.

Semakin banyak sumber belajar yang bisa kamu akses. Maka, akan semakin banyak pula informasi yang bisa kamu kumpulkan untuk menambah wawasanmu.

4.     Aplikasi-aplikasi belajar

Saat ini ada banyak sekali aplikasi pendidikan yang bisa kamu akses. Contohnya saja ada aplikasi penyimpanan cloud, aplikasi E-learning, aplikasi pembelajaran jarak jauh seperti video conference, bahkan aplikasi belajar online.

Baca Juga : Aplikasi Penunjang Proses Pembelajaran Online Ini Wajib Dimiliki oleh Setiap Siswa

Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi yang sederhana dengan IoT. Untuk mengakses aplikasi tersebut, kamu bisa menginstalnya terlebih dahulu di smartphone atau di PC milikmu. Kemudian, menghubungkan perangkat digital milikmu dengan internet. Nah, aplikasi tersebut sudah siap kamu gunakan. Bagaimana? Mudah bukan? Ya, semuanya memang jadi serba lebih mudah dengan Internet of Things!

Selain contoh-contoh diatas, tentunya masih ada banyak sekali penerapan IoT dalam dunia pendidikan yang bisa kamu temukan saat ini.

Bagaimana Internet of Things dapat Mempengaruhi Dunia Pendidikan?

IoT memang akan sangat mempengaruhi dunia pendidikan saat ini, terutama karena IoT :

  • Menawarkan kemudahan dalam akses data.
  • Membantu murid untuk mengejar ketertinggalannya.
  • Menghadirkan interaksi antara murid dan mesin.
  • Memberikan keamanan yang lebih untuk murid dan guru.

Itulah beberapa pembahasan Tentang Internet of Things yang bisa kita bahas kali ini. Dunia saat ini telah memasuki era revolusi 4.0, dimana perkembangan industri menjadi begitu pesat dan bergantung pada koneksi internet yang super cepat. Kemudian, muncullah istilah IoT atau Internet of Things yang kita kenal seperti sekarang ini.

Pada intinya IoT merupakan suatu keadaan dimana seluruh struktur masyarakat terkoneksi dalam jaringan internet. Tujuan IoT sendiri adalah meningkatkan komunikasi antar manusia dan mesin yang semakin berpotensi melahirkan inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi.

Bukan hanya dalam sektor industri saja, nyatanya IoT ini juga diaplikasikan dalam dunia pendidikan. Ada banyak sekali produk-produk digital yang hadir berkat teknologi IoT ini. Hal tersebut tentunya akan semakin membuat proses pembelajaran jadi lebih mudah, efektif, dan efisien.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!