Teknologi adalah salah satu hal yang pastinya sudah tidak asing lagi, bukan? Setiap harinya, kita selalu memanfaatkan teknologi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Baik dalam keperluan bisnis, hiburan, komunikasi, sektor rumah tangga, dan lain sebagainya.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang Pengertian Teknologi, manfaat, dan juga jenis-jenis teknologi berdasarkan bidangnya. Yuk, simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Teknologi Menurut Ahli

Sebelum kita membuat kesimpulan tentang arti dari teknologi. Tak lengkap rasanya apabila kita tidak mencantumkan beberapa pernyataan para ahli mengenai arti dari teknologi ini. Beberapa ahli yang menyatakan pendapatnya mengenai Pengertian Teknologi antara lain :

  • Teknologi menurut Capra : “Satu pembahasan sistematis atas seni terapan atau pertukangan (mengacu pada literatur dari Yunani yang menyinggung mengenai Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni).
  • Teknologi menurut Manuel Castells : “Suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.”
  • Teknologi menurut Toynbee : “Ciri dari adanya sebuah kemuliaan manusia, di mana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan semata, namun membutuhkan lebih dari itu.”
  • Teknologi menurut Gary J. Anglin : “Penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga pengetahuan lain dengan secara bersistem serta mensistem untuk memecahkan masalah manusia.”
  • Teknologi menurut Merriam Webster : “Suatu penerapan pengetahuan praktis khususnya di bidang tertentu; cara menyelesaikan tugas terutama dengan menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan; serta juga aspek khusus dari bidang usaha tertentu.”
  • Teknologi menurut Poerbahawadja Harahap : “Mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula pada ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik atau industri tertentu.”

Selain berdasarkan pengertian para ahli di atas, kamu juga bisa menemukan Pengertian Teknologi dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berdasarkan KBBI, teknologi merupakan “Suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pengetahuan terapan.”

Pengertian Teknologi

Berdasarkan pengertian-pengertian diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi adalah : “Suatu jenis ilmu pengetahuan yang selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Teknologi adalah ilmu pengetahuan tentang keterampilan dalam menciptakan suatu alat/berbagai media yang dapat membantu segala jenis pekerjaan manusia dalam berbagai bidang.”

Teknologi ini selalu mengalami evolusi dalam setiap fase perkembangannya. Pada awalnya, mulailah ditemukan suatu jenis teknologi awal yang menjadi cikal bakal perkembangan teknologi selanjutnya. Contohnya saja, dalam bidang transportasi.

Dulu, jauh sebelum peradaban digital mulai berkembang. Manusia bepergian dengan berjalan kaki ataupun menggunakan hewan sebagai tunggangan. Kemudian, temukanlah roda yang membantu manusia dalam bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Jauh setelahnya, sebagai sarana transportasi. Kita mengenal berbagai jenis kendaraan modern. Seperti kendaraan jalur darat (mobil dan bus), jalur air (kapal), dan jalur udara (pesawat). Teknologi-teknologi yang kita kenal saat ini tentunya merupakan hasil perkembangan dari teknologi yang tercipta di masa lalu.

Transportasi hanyalah segelintir dari contoh perkembangan teknologi, pengaruh teknologi masih lebih luas lagi lantaran mencakup semua lini kehidupan masyarakat. Karena teknologi ini semakin berkembang, di masa depan besar kemungkinannya masyarakat kita juga akan beralih ke teknologi  yang lebih canggih lagi.

Manfaat Teknologi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Teknologi

Sebelumnya kita telah membahas Pengertian Teknologi. Lalu, sebenarnya apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari teknologi ini? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan teknologi :

  • Kemudahan akses telekomunikasi.
  • Kita bisa melakukan segala hal dengan lebih mudah. Mulai dari belanja online, pesan makanan online dan sejenisnya.
  • Teknologi menghubungkan kita dengan kerabat, keluarga, dan teman di berbagai belahan dunia. Kamu bisa melakukan video call dan tetap terhubung dengan mereka secara real time dimanapun dan kapanpun kamu mau.
  • Membantumu untuk mengembangkan bisnis dengan menjangkau lebih banyak konsumen serta menggunakan berbagai platform jual beli secara online.
  • Membantu dan memudahkan berbagai jenis pekerjaan manusia.
  • Membuat segala hal jauh lebih cepat dan efisien.
  • Membuat segala hal jadi lebih praktis dan digital.
  • Menghadirkan opsi e-learning yang bisa digunakan siswa untuk memudahkan akses pendidikan. Terutama saat pandemi seperti ini.
  • Mempermudah akses kesehatan. Contohnya saja, dengan teknologi digital kamu bisa berkonsultasi dengan dokter via online.
  • Mempermudah pencarian dan penyebarluasan informasi. Contoh, kamu bisa mengakses berbagai informasi terkini yang sedang viral di internet.
  • Memudahkan akses pendataan secara online.
  • Memudahkan aktivitas perbankan.
  • Mempermudah akses transportasi.
  • Dan masih banyak lagi manfaat teknologi lainnya yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu.
Baca Juga : Manfaat Teknologi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jenis Teknologi Berdasarkan Bidangnya

Jenis Teknologi

Berdasarkan bidangnya, berikut ini ada beberapa jenis teknologi :

  • Teknologi Informasi : Teknologi yang berhubungan dengan penyampaian informasi pada orang lain/khalayak banyak dengan lebih cepat dan efektif.
  • Teknologi Komunikasi : Teknologi yang membantu manusia untuk dapat berkomunikasi satu sama lain dimanapun dan kapanpun tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dilakukan dengan menggunakan media/alat digital sebagai perantara. Contoh : smartphone.
  • Teknologi Pendidikan : Teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, berperan sebagai alat bantu/penunjang sistem pembelajaran.
  • Teknologi Transportasi : Teknologi yang berhubungan dengan akses transportasi manusia.
  • Teknologi Medis : Teknologi yang berhubungan dengan ilmu kedokteran.
  • Teknologi Konstruksi : Teknologi yang berkaitan dengan struktur bangunan.

Contoh Teknologi Modern Masa Kini

Contoh Teknologi

Berikut ini segelintir contoh dari berbagai teknologi masa kini yang mulai banyak digunakan :

  • Biometric Sensor : dapat mempermudah akses masuk ke berbagai situs/tempat.
  • Wireless Display : mempermudah konektivitas antar perangkat digital.
  • Teknologi Wireless Charging : memudahkanmu melakukan pengisian daya perangkat digital secara wireless atau tanpa menggunakan kabel. Wireless charging ini sekarang sudah banyak diadopsi oleh berbagai jenis smartphone canggih yang mulai beredar dipasaran.
  • Virtual Keyboard : dengan teknologi ini kamu bisa mengetik tanpa harus menggunakan keyboard komputer fisik.
  • Komputer interaktif : komputer yang lebih peka terhadap visual dan berbagai input yang dilakukan penggunanya.
Baca Juga : Mengenal Teknologi Otomatisasi Proses Robotik (RPA)

Itulah berbagai pembahasan Pengertian Teknologi. Pada intinya, teknologi merupakan suatu alat untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Teknologi selalu berkembang dari satu masa ke masa. Penerapannya juga sudah sangat luas, meliputi berbagai sektor kehidupan masyarakat. Manfaat teknologi pun tidak dapat kita dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Di masa depan, teknologi akan jadi lebih canggih lagi. Kita, sebagai manusia yang hidup di zaman modern dituntut untuk selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar tidak semakin ketinggalan. Semoga Bermanfaat!

Comments (1)

  1. Pingback: Fase-fase dan Penemuan Awal dari Perkembangan Teknologi - Mufazan

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!