signal tower

Yup, teknologi 5G memang belakangan ini cukup santer dibicarakan. Teknologi ini digadang-gadang dapat memberikan banyak sekali inovasi lainnya bagi perkembangan teknologi digital secara keseluruhan.

Apakah kamu jadi salah satu orang yang penasaran dengan teknologi 5G ini? Kalau gitu, yuk langsung aja simak beberapa pembahasan tentang Perkembangan Teknologi 5G di bawah ini:

Pengertian Teknologi 5G

white switch hub turned on

5G (5 Generation) merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut generasi selanjutnya sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler yang melebihi standar 4G. Teknologi 5G ini sendiri telah dirilis pada tahun 2020 lalu untuk sistem operasi seluler. Sayangnya, tak semua area dan jenis ponsel seluler telah mendukung teknologi 5G ini.

Lalu, apa sih bedanya antara teknologi 5G dengan 4G yang saat ini tengah kamu gunakan?

Dari segi keunggulan, teknologi ini digadang-gadang memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan teknologi 4G. Terlebih dari segi kecepatan datanya yang lebih signifikan. Teknologi ini juga bisa dikoneksikan dengan berbagai alat digital. Seperti, telepon, mobil, dan bahkan peralatan rumah tangga.

Perkembangan Teknologi : dari 1G ke 5G

Sebelum sampai ke generasi kelima, tentunya teknologi jaringan ini telah melewati beberapa fase. Pernah nggak sih kamu merasa penasaran dengan fase-fase perkembangan teknologi jaringan tersebut? Kalau iya, yuk lanjut baca ulasan perkembangan teknologi ini :

Jaringan 1G (1979)

Masih menggunakan sistem analog, kecepatan maksimalnya hanya 2,4 kbps. Hanya sebatas digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Itupun masih berkualitas buruk dan mudah diretas hanya dengan pemindai radio.

Jaringan 2G (1991) 

Ada perkembangan yang cukup signifikan dari jaringan satu ini, yang mana sebelumnya menggunakan sistem analog sudah menjadi digital. Dengan kecepatannya, hal ini memungkinkannya untuk mengirim pesan teks dan gambar.

Jaringan ini juga memungkinkan penggunaan teknologi GSM atau Global System for Mobile Communication. Selanjutnya masih di teknologi 2G, ada teknologi 2,5G yang kecepatan maksimalnya 473 kbps.

Jaringan 3G (2001)

Di awal tahun 2000-an kita disuguhkan dengan teknologi 3G. Teknologi 3G inilah yang meumngkinkan kita mengakses internet menggunakan telepon genggam. Jaringan ini sendiri baru mulai masuk di Indonesia pada tahun 2005 melalui Penyedia Layanan Jaringan Telkomsel.

Kecepatan maksimal yang bisa kamu akses adalah 2 Mbps. Pada masa itu, Blackberry dan Apple lah yang menjadi brand yang paling memanfaatkan teknologi ini. Meskipun kualitasnya masih buruk, tapi pada zaman itu kamu sudah bisa streaming video dan musik.

Jaringan 4G (2009)

Di negara kita sendiri, jaringan 4G ini baru dikembangkan secara merata pada tahun 2014 dan menjadi jaringan paling merata. Teknologi 4G inilah yang membuat kreativitas di internet mulai lahir.

Teknologi 5G (2020)

Yang paling terbaru, yang jadi topik hangat belakangan ini adalah kemunculan teknologi penerus 4G yakni teknologi jaringan 5G. Meskipun belum mulai digunakan di Indonesia, teknologi 5G ini sudah mulai digunakan di beberapa negara di dunia.

Jaringan ini diklaim 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G! Wah, gimana menurutmu? Mengunduh film yang ukurannya bergiga-giga bisa selesai dalam sekejap mata! Bukan hanya itu saja, ada banyak sekali inovasi yang akan hadir berkat lahirnya teknologi 5G ini!

Perkembangan teknologi jaringan ini membutuhkan waktu yang tak instan. Diperlukan waktu bertahun-tahun hingga kita dapat merasakan manfaatnya seperti sekarang ini.

Apa saja sih yang bisa terjadi akibat Perkembangan Teknologi 5G?

black flat screen computer monitor
  • Koneksi internet kamu bisa jadi lebih cepat.
  • Mendukung adanya sistem cloud gaming.
  • Memungkinkan pengendalian perangkat drone yang lebih canggih.
  • Mendukung game VR dan AR.
  • Semakin berkembangnya IoT atau Internet of Things.
  • Mengembangkan industri modern.
  • Dan lain sebagainya.

Efek teknologi 5G bagi Manusia dan Lingkungan

pexels-photo-404280.jpeg

Efek Perkembangan Teknologi 5G ini memang sangat besar. Apalagi, jika di kemudian hari teknologi 5G ini mulai marak digunakan dalam skala besar. Lalu, pernah nggak sih kamu penasaran apa saja efek yang dapat ditimbulkan dari teknologi 5G ini.

Ditilik dari segi kesehatan manusia dan lingkungan, inilah beberapa efek akibat Perkembangan Teknologi 5G!

Dampak Positif Teknologi 5G bagi Manusia

  • 5G menunjang kehadiran berbagai inovasi teknologi yang lebih keren dan canggih di masa depan.
  • Kecepatan internet jadi jauh lebih cepat. Kamu nggak perlu menunggu lama untuk download, upload, atau menunggu loading internet! Tentunya ini akan sangat menyenangkan, bukan? Terutama untuk kamu yang nggak sabaran.
  • Meningkatkan kualitas hidup manusia modern, dengan kehadiran berbagai koneksi yang jauh lebih cepat dan perangkat yang jauh lebih canggih berkat koneksi 5G ini.

Dampak Positif Teknologi 5G bagi Lingkungan

  • Dengan hubungan nirkabel dan sensor khususnya, teknologi 5G ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat pencemaran  air dan udara sekaligus mencari sumbernya untuk menemukan solusi terbaik.
  • Teknologi 5G ini dapat diselaraskan dengan pengaturan tata kota dan lalu lintas. Sistem lalu lintas jadi jauh lebih dinamis, otomatis, dan memungkinkan adanya kontrol & pengawasan jarak jauh.
  • Mendukung gerakan hemat energi di konsep “smart home” yang memanfaatkan teknologi 5G. Lampu, pendingin atau pemanas ruangan bisa mati dan menyala dengan otomatis.
  • Mempengaruhi iklim. Menurut sebuah riset, teknologi ini dapat mengurangi suhu panas bumi dan semakin meminimalisir efek rumah kaca. Teknologi 5G akan membuat pola kerja manusia lebih efisien dan bisa dilakukan di rumah sehingga akan mengurangi tingkat penggunaan energi bermotor. Hal ini tentunya akan mengurangi emisi karbon dan polusi udara, yang akhirnya dapat berpengaruh terhadap kondisi lingkungan (jadi lebih baik).

Efek Negatif Perkembangan Teknologi 5G bagi Manusia dan Lingkungan

flatlay display of electronics next to eyeglases
  • Jangan senang dulu, nyatanya ada berbagai bahaya yang mengancam di balik hadirnya teknologi 5G. Radiasi yang dipancarkannya dapat meningkatkan resiko terkena kanker, adanya gangguan metabolisme tubuh, kerusakan jaringan tubuh, mempercepat penuaan dini, gangguan metabolisme, kerusakan otak dan sel, meningkatkan risiko insomnia, dan meningkatkan hormon stress. Anda bisa mengatasi hal ini dengan membatasi penggunaan smartphone dan juga berbagai teknologi 5G alias gunakan secukupnya.
  • Dari segi lingkungan, salah satunya di dalam pesawat. Teknologi 5G ini dinilai mampu mengganggu instrumen penting dalam pesawat. Penyebabnya? Sinyal dari perangkat 5G dapat memblokir data yang altimeter -pengukur ketinggian yang memberi tahu pilot pesawat seberapa tinggi mereka terbang. Jadi, ketika berada di dalam pesawat kamu sangat disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat atau mematikan perangkat 5G milikmu.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai Perkembangan Teknologi 5G yang bisa kita bahas kali ini. Dari uraian diatas, kita dapat menyimpulkan kalau teknologi 5G ini akan membawa banyak sekali efek (entah itu positif maupun negatif) bagi manusia dan lingkungan.

Sudah siapkah kamu dengan perubahan yang terjadi akibat teknologi 5G ini? Coba berikan pendapatmu.

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!