Main game lancar, mulus, tanpa gangguan tentunya jadi nikmat tersendiri buat kamu –para gamers, kan? Sayangnya, kita masih seringkali dibuat jengkel karena game yang kita mainkan lag. Pengalaman bermainmu jadi kurang menyenangkan. Bahkan kamu bisa kehilangan EXP ataupun kesempatan untuk melawan musuhmu.

Salah satu game ini adalah Ragnarok X : Next Generation. Kamu pasti pernah dong mainin game yang satu ini? Ya, masalah lag pada game Ragnarok X : Next Generation ini sendiri merupakan masalah klasik. Salah satu alasannya, game ini sendiri diklasifikasikan dalam kategori game berat yang memakan cukup banyak sumber daya device.

Untuk mengatasinya, sebelum kamu mulai menginstal game ini di App Store atau Google Play Store, akan lebih baik kalau kamu memperhatikan spesifikasi smartphone yang disyaratkan ya. Kalau spek ponselmu dibawah persyaratan, maka menjalankan game ini rasanya akan cukup sulit untuk dilakukan. 

Tapi, gimana kalau ponsel pintarmu sudah memenuhi persyaratan namun kamu belum bisa menjalankan game ini dengan lancar? Oke, kamu mungkin bisa melakukan hal-hal dibawah ini:

Trik Mengatasi Ragnarok X lag

1. Cek Koneksi Internet

Sebagai salah satu game mobile online, maka ketersediaan kuota dan juga kestabilan jaringan akan jadi syarat utama agar kamu bisa menjalankan game ini dengan mulus. Percuma aja dong kalau ponselmu bagus tapi sinyalmu jelek, game tersebut juga akan tersendat-sendat atau mengalami lag.

Jadi, sebelum mulai bermain dengan game ini pastikan kalau kamu berada di wilayah yang koneksi internetnya bagus ya. Jangan lupa juga cek kuota internet kamu, jangan-jangan habis nih atau waktu berlakunya paket sudah berakhir. Kalau ada Wi-Fi, kamu juga bisa memanfaatkannya lho karena kualitas jaringan Wifi lebih stabil dibandingkan dengan data seluler.

2. Main di Jam-Jam Sepi

Jam-jam sepi ini biasanya berkisar antara tengah malam hingga dini hari (sebelum jam 5 pagi) atau di work our – hanya saat kamu senggang ya, jangan main game di tengah jam kerja atau jam sekolah!

Ragnarok X : Next Generation sendiri telah dimainkan oleh lebih dari 5 juta pengguna Android. Di jam-jam biasa, dimana kebanyakan orang menghabiskan waktunya untuk main game. Maka, bisa saja server game tersebut penuh jadi game tersebut sering nge-lag.

Nah, ketika lalu lintas game lebih sepi. Main game juga bisa lebih lancar lho. Eits, tapi kamu jangan terlalu sering begadang ya untuk main game karena itu akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatanmu.

3. Sesuaikan kualitas grafis dengan device

Trik Mengatasi Ragnarok X lag ketiga adalah dengan menyesuaikan kualitas grafis dengan device (dalam hal ini, smartphone) yang kamu gunain. Kamu bisa melakukan hal ini di bagian settingan game. Semakin tinggi kualitas grafisnya maka gambarnya juga akan semakin jernih dan bagus. Hanya saja, hal tersebut juga akan meningkatkan konsumsi daya, data, dan juga devicemu.

Ilustrasi gampangnya nih, sama kayak pas kamu nonton Video Youtube. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus kualitas gambar dalam videonya. Hanya saja, karena koneksi internetnya nggak kenceng maka video tesebut akan sering kejeda.

Baca Juga : Tips dan Trik Ampuh untuk Cepat Naik Level di Game Ragnarok X

Di beberapa device yang terbilang cukup standar, kamu disarankan untuk memilih mode low grafis. Yah, meskipun kualitasnya masih standar tapi seenggaknya gamenya nggak akan nge-lag. Kalau kamu mau pakai High Quality Grafis sementara devicemu tidak mendukung, maka jalan terbaiknya adalah dengan dengan upgrade device! Atau beli HP baru yang lebih canggih, hehe…

4. Memaksimalkan Memori Ponsel

Trik Mengatasi Ragnarok X lag selanjutnya adalah dengan memaksimalkan memori ponsel yang kamu miliki. Caranya :

  • Tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang : aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang juga akan ikut mengkonsumsi RAM smartphone. Karena itulah, akan lebih baik kalau kamu menutupnya saja. Apalagi jika aplikasi tersebut tak kamu gunakan. Dengan cara ini maka device-mu akan fokus untuk menjalankan game saja.
  • Hapus Cache : Cache itu semacam temporary file yang membuat kamu bisa membuka kembali aplikasi yang sebelumnya sudah terbuka dengan lebih cepat. Jadi, setiap file atau aplikasi yang kamu buka akan menghasilkan cache.

Meskipun cache ini sangat membantu, tapi ini tentunya akan memakan ruang di ponselmu. Untuk mempercepat kinerja ponsel, kamu bisa menghapus semua cache sekaligus dalam halaman pengaturan ponsel.

  • Uninstal aplikasi yang tak terpakai : selanjutnya, kamu bisa meng-uninstal aplikasi yang tak terpakai di ponselmu. Tujuannya tentu saja untuk mengosongkan ruang penyimpanan di ponselmu. Ketimbang aplikasi tersebut tak terpakai dan akhirnya hanya Menuhin memori saja, mending kamu hapus sekalian. Dengan begitu, kamu bisa bermain game kesayanganmu dengan lebih lancar.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan memori dan kinerja ponsel. Masih nge-lag? Yuk, coba Trik Mengatasi Ragnarok X lag yang selanjutnya!

5. Aktifkan Mode Performa

Biasanya setiap smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan mode gaming. Kamu bisa memanfaatkan mode ini untuk memaksimalkan kinerja ponsel ketika bermain game Ragnarok X : Next Generation.

Mode gaming ini bekerja dengan cara meningkatkan kinerja CPU dan GPU, sehingga device bisa mengeluarkan tenaga terbaiknya untuk menjalankan game yang kamu mainkan.

6. Upgrade UI Smartphone dan Update Game

Langkah selanjutnya, kamu bisa memeriksa update game terbaru (bisa di App Store atau Play store). Kalau sudah ada updatenya, lebih baik kamu segera melakukan update. Versi update terbaru tentunya sudah semakin ditingkatkan oleh developernya. Biasanya mereka akan melakukan perbaikan bug atau peningkatan layanan. Jadi, pastikan kamu nggak lupa untuk update game Ragnarok X : Next Generation versi terbaru.

Selain update game, kamu juga harus mengupgrade UI ponsel. Biasanya setiap beberapa saat, developer smartphone akan memberikan update sistem Android dan UI. Sistem dan UI Android ini memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi performa suatu device.

7. Perhatikan kondisi ponsel dan daya baterai

Trik Mengatasi Ragnarok X lag terakhir adalah dengan memperhatikan kondisi ponsel dan daya baterainya. Game berat seperti Ragnarok X : Next Generation akan cepat menghabiskan daya baterai. Karena itu, pastikan kamu memainkan game ini di kondisi HP yang penuh ya. Atau minimal diatas daya 20%.

Ketika daya ponsel dibawah 20%, biasanya mode penghematan baterai akan otomatis aktif. Mode tersebut akan membatasi beberapa fungsi ponsel sehingga membuat performa bermain game jadi kurang lancar.

Oh iya, sebagai tips tambahan jangan memainkan game ini dengan kondisi ponsel yang di-charge ya. Selain akan membuat ponsel cepat panas. Hal ini berpotensi merusak beberapa komponen di ponselmu.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di pembahasan lainnya.  

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!