Dahulu di era tahun 90 sampai 2000an para game player mengharapkan bahwa terdapat game yang mampu menjelajahi setiap sudut kotanya. Oleh karena itu hadirlah game-game yang mengusung tema open world dimana tidak membutuhkan loading untuk memasuki beberapa daerah pada game tersebut.

Game open world tentu diciptakan agar para pemain dapat mengeksplorasi sebuah game secara besar-besaran. Dan game bertema Open World ini merupakan tema yang paling laku yang menjadi cita-cita para gamers.

Deretan Game Open World Dengan Map yang Luas

Tema game open world menjadikan sebuah pengalaman yang dinanti-nanti saat ini. Apalagi bila game tersebut dapat memunculkan pengalaman berpetualang yang nyata. Contohnya beberapa game open world membuat simulasi sebuah kota yang nyata yang tentunya dapat dijelajahi setiap sudutnya.

Belakangan ini para developer besar seakan membuat map open world dengan sebesar-besarnya. Bahkan kita butuh menjelajahi waktu berpuluh-puluh jam untuk mengitari seantero map yang ada. Karena bagi sebagian para pemain game, bahwa game yang memberikan kebebasan secara realistis adalah game yang akan laku di pasaran. 

Berikut adalah game yang memang memiliki ukuran map yang cukup besar untuk dijelajahi:

Grand Theft Auto V (GTA 5 Memiliki Ukuran Map 127km²)

Sumber

Bila mengenal game open world yang legendaris maka series GTA adalah yang paling tepat. Saat game ini muncul dengan 3D Person, map yang sudah diusung adalah map yang luas menggambarkan sebuah kota.

Dari mulai Vice City, San Andreas, Liberty City sampai Los Santos menjadi momok keunikan yang nyata untuk game ini. Khususnya GTA 5 memiliki map yang paling besar dari series GTA yang lainnya.

GTA 5 sendiri sangat berbeda dengan game open world lain yang memiliki fitur fast travel. Sehingga game GTA 5 ini harus dimainkan secara realistis untuk menuju tempat yang diinginkan.

GTA 5 sendiri berlatar belakang kota Las Vegas yang diplesetkan menjadi Los Santos. Dimana kota ini menjadi kota untuk game GTA 3 juga. Tentunya GTA 5 memberikan pengalaman terbaik untuk menjelajahi sebuah map perkotaan.

The Witcher 3: Wild Hunt (Memiliki Ukuran Map 218km²)

The Witcher on Twitter: "Map of the Northern Land from The Witcher 3 made  on traditionally tanned deer skin. Details are burned into the skin and  painted with a piece of deer
Sumber

Bila bosan ke daerah perkotaan maka game The Witcher 3 Wild Hunt adalah solusinya. The Witcher 3 Wild Hunt ini mengambil latar belakang medieval atau jaman era kegelapan.

Dimana kita hanya disediakan binatang kuda sebagai salah satu alat transportasi utama. Untungnya game The Witcher 3 ini menyediakan mode fast travel. 

Dimana kita dapat dengan mudah berpindah lokasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Game ini merupakan salah satu game RPG terbaik dimana kita dapat melakukan eksplorasi ke setiap daerah tersembunyi.

Microsoft Flight Simulator (Ukuran Map Seluruh Bumi 510.1 Juta Km²)

Here's to you: 15 years of Google Earth stories
Sumber

Bila bosan dengan game action maka hadir Microsoft Flight Simulator yang cukup viral belakangan ini.  Meskipun hanya mampu dinikmati lewat udara namun pengalaman yang menakjubkan di game ini cukup membuat puas para pemain. Kita pun dapat mengunjungi kota-kota di Indonesia dan mungkin saja menjatuhkan pesawat di atas rumah kita.

No Man’s Sky (Ukuran Map 18 Ribut Triliunan Planet)

A Guide To Portals In 'No Man's Sky Next'
Sumber

Game yang kini masih memiliki ukuran terbesar adalah No Man’s Sky. No Man’s Sky memberikan pengalaman menjelajahi di luar angkasa. Sehingga bukan hanya satu buah planet saja yang dapat kita jelajahi melainkan jutaan planet yang ada. Bila kita bosan menjelajahi planet bumi maka game ini akan menjadi pilihan.

Itulah daftar game dengan map dengan ukuran luar biasa luas yang dapat dapat dimainkan sekarang. Siapa tahu mungkin beberapa tahun lagi akan ada game luar biasa lainnya yang dapat menyaingi game-game tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.