Sejarah Komputer Lengkap Dari Awal Perkembangannya Hingga Sekarang

9 2

Sering digunakan untuk pekerjaan sehari-hari, sayangnya tidak banyak orang yang tahu sejarah komputer lengkap dari awal perkembangannya hingga sekarang.

Memang perangkat komputer yang kita gunakan sehari–hari terbilang cukup canggih, bahkan sangat membantu aktivitas manusia dan memudahkan semua pekerjaan manusia.

Akan tetapi, perkembangan teknologi komputer tidak berhenti di generasi sekarang saja. Bahkan sudah banyak pengembang yang berlomba-lomba untuk meningkatkan teknologi komputer menjadi lebih responsif.

Meskipun kita sudah hidup di jaman modern, bukan berarti para pengembang bisa dengan mudah memperbarui teknologi yang akan kita pakai di masa depan. Karena itu, kami akan memberikan sedikit rangkuman sejarah komputer lengkap dari awal perkembangannya hingga perkembangan teknologi komputer di masa depan.

Sejarah Komputer Lengkap

Keberadaan komputer modern tidak lepas dari seorang sosok yang bernama Charles Babbage. Beliau lah yang pertama kali memulai komputer modern pada awal abad 20.

Babbage adalah seorang insinyur sekaligus matematikawan yang mencetuskan sebuah gagasan untuk menciptakan mesin analisis yang memungkinkan kita untuk melakukan penghitungan angka secara otomatis.

Meskipun memiliki konsep yang bagus, akan tetapi dalam tahap eksekusinya tidaklah mulus.

Setelah beberapa kali percobaan yang gagal, akhirnya proyek Babbage bersama pemerintah Inggris berhasil menciptakan sebuah alat penghitungan otomatis. Dari temuan inilah yang memicu ilmuwan, ahli matematika, hingga insinyur mesin untuk mengembangkan mesin komputasi.

Generasi Analog

Di tahun 1872 adalah awal kelahiran komputer analog modern pertama. Mesin ini ditemukan oleh Sir William Thomson yang diperuntukkan memprediksi gelombang air laut.

Pada tahun 1876, James Thomson mengembangkan komputer analog modern yang mampu menyelesaikan beberapa persamaan dengan menggunakan mekanisme perputaran roda dan cakram.

Masa jaya komputer analog tiba saat H.L. Hazen dan Vannevar Bush telah mengembangkan komputer analog yang lebih kompleks dengan menggabungkan hasil temuan Thomson dengan amplifier torsi temuan H.W. Nieman.

Hingga tahun 1950, perangkat ini bertahan untuk membantu keperluan pendidikan, dan penerbangan sebelum dialihkan dengan perangkat komputer yang lebih modern.

Sejarah Generasi Pertama Komputer Modern

Mulai memasuki mekanisme digital. Di tahun 1938, Angkatan Laut Amerika berhasil menciptakan komputer analog yang berbasis elektromekanik. Temuan inilah yang menjadi sebuah gebrakan karena ukuran perangkatnya sangat praktis dan tidak memerlukan daya operasi sebesar komputer terdahulunya.

Temuan ini kemudian melahirkan banyak komputer yang menggunakan program elektromekanik seperti Z3 ciptaan insinyur Jerman, Konrad Zuse yang kemudian disebut sebagai komputer digital pertama.

Setelah menggunakan Z3, program komputer pindah pada Colossus yang dibangun oleh Max Newman. Hingga sekarang, Colossus tercatat sebagai komputer digital pertama yang dapat diprogram elektronik.

Setelah Colossus, perkembangan program komputer pun pindah pada ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer).

Akan tetapi, pengguna harus memasukkan program secara manual ke dalam mesin yang memiliki saklar khusus untuk mengoperasikan ENIAC. Mesin perangkat ini berukuran “raksasa”, bahkan beratnya mencapai 30 ton dan membutuhkan tenaga listrik sebesar 200 kW

Mesin ini serupa dengan Colossus, namun dalam segi kecepatan jauh lebih baik dan juga lebih fleksibel.

Untuk mengoperasikan ENIAC, pengguna diharuskan memasukkan program secara manual ke dalam mesin menggunakan saklar khusus. Akan tetapi perangkat ini masih kurang efisien karena mesinnya sendiri berukuran “raksasa”, beratnya mencapai 30 ton dan menggunakan tenaga listrik hingga 200 kW sehingga menimbulkan panas.

Sejarah Generasi Kedua Komputer Modern

Alan Turing, seorang matematikawan Inggris ini yang menggagas konsep dari komputer modern. Dalam karya tulisnya yang bertajuk “On Computable Numbers (1936), Turing memberikan gagasannya untuk menciptakan sebuah perangkat yang disebutnya “Universal Computing Machine.”

Turing percaya bahwa gagasan mesinnya tersebut dapat menghitung ulang sebuah instruksi atau program khusus.

Penemuan gagasan ini kemudian melahirkan konsep komputer dengan stored program yang khusus untuk menyimpan program komputer.

Setelah itu, sejarah komputer kemudian telah berkembang dan menggunakan sirkuit terpadu (integrated circuits) yang merupakan sebuah perangkat yang dibuat dari material semikonduktor dengan komponen listrik terintegrasi.

Sejarah Generasi Ketiga dan Keempat Komputer Modern

Setelah adanya integrated circuit, perkembangan komputer modern pun semakin terdefinisi dan lebih terarah yang menuju komputer dalam ukuran yang lebih minimalis.

Untuk mewujudkannya adalah dengan mengecilkan ukuran sirkuit serta komponen elektronik di dalam komputer yang kemudian diwujudkan melalui Large Scale Integration (LSI).

Sebuah prototipe komputer mobile yang dilengkapi dengan sebuah mouse dan graphical user interface (GUI) sudah diperkenalkan di tahun 1964 oleh Douglas Engelbart.

Karenanya, banyak ilmuwan dan matematikawan telah membuka matanya dan menyadari bahwa komputer bisa dipakai dan digunakan oleh masyarakat luas.

Pertengahan tahun 1970, sebuah pabrik sudah mulai memproduksi komputer untuk masyarakat yang biasa disebut sebagai minikomputer pada jaman itu. Komputer ini telah dilengkapi dengan software sederhana yang paling populer pada saat itu, word processing dan spreadsheet.

Microprocessor dikenalkan pada tahun 1971 oleh IBM. Beberapa tahun setelahnya, perusahaan Apple merilis program Macintosh.

Berbarengan dengan generasi microprocessor ini, lahirlah salah satu teknologi yang kita kenal sekarang, internet.

10 tahun kemudian, minikomputer sudah mulai dilengkapi dengan program video game. Game yang paling populer pada tahun 1980-an itu adalah Atari 2600.

Tahun berikutnya, IBM mulai memperkenalkan konsep personal computer atau yang biasa kita kenal dengan PC yang bisa digunakan secara mandiri di kantor maupun rumah.

Penjualan PC IBM hingga tahun 1991 sudah mencapai 65 juta unit seiring dengan meningkatnya popularitas PC. Hingga saat ini, komputer generasi keempat masih kita pakai untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

Sejarah Generasi Kelima Komputer Modern

Komputer generasi kelima ini masih dalam tahap pengembangan. Komputer generasi ini nantinya akan memiliki teknologi kecerdasan buatan atau yang biasa kita kenal dengan artificial intelligence.

Tujuan pengembangan komputer generasi kelima ini adalah untuk mendapatkan perangkat komputer yang responsif yang bisa menggunakan bahasa yang digunakan manusia.

Microsoft adalah software resmi yang menjadi standar internasional untuk software dan hardware komputer.

Komputer generasi kelima ini biasa disebut sebagai komputer masa depan dan sering disebut sebagai generasi pentium karena menggunakan microprocessor yang sangat canggih.

Komputer generasi kelima ini memiliki jutaan warna dengan resolusi gambar yang sangat tajam. Selain itu, perkembangan komputer tidak hanya terbatas pada PC saja, melainkan laptop juga menjadi salah satu tanda akan modernisasi teknologi.

Saat ini, banyak pengembang yang berusaha mengembangkan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang memiliki tujuan untuk bisa melakukan komunikasi dengan manusia, dan mempelajari lingkungan sekitar sehingga bisa menyesuaikan keadaan dengan situasi saat ini.

Jadi, itulah sejarah komputer lengkap yang bermula dari komputer tabung, hingga minimalis seperti Laptop dan smartphone. Setelah membaca artikel ini, apakah kalian jadi semakin penasaran dengan perkembangan teknologi komputer dalam 10 tahun kedepan? Mari kita nantikan bersama.

2 comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!