Sejarah Perkembangan Handphone atau Smartphone Terlengkap dari Masa ke Masa

14 2

Smartphone menjadi perangkat inklusif yang dimiliki semua orang. Tidak seperti alat elektronik lainnya, perkembangan teknologi smartphone memiliki perkembangan yang signifikan dari masa ke masa.

Hampir semua orang di muka bumi ini menggunakan smartphone untuk kepentingan pribadi masing-masing. Namun, sebenarnya sejak kapan sih, smartphone mulai digunakan oleh masyarakat?

Berikut rangkuman perkembangan teknologi smartphone terlengkap dari masa ke masa.

Sejarah Smartphone Pertama Tahun 1992

Menurut kalian, smartphone pertama yang pertama kali rilis pada tahun 1992 merek apa sih?

Jika kalian menyebutkan Nokia, Apple, atau Motorola, jawabannya adalah salah.

Perusahaan yang pertama yang merilis smartphone pada tahun 1992 adalah IBM dan BellSouth Cellular.

Jauh sebelumnya, perusahaan IBM telah membayangkan ide yang memiliki gaya seperti komputer sejak tahun 1970-an dengan harapan memberikan kenyamanan pada pengguna untuk bertelepon, faks, komputer, dan sebagai asisten digital pribadi dalam genggaman.

Akan tetapi, ide tersebut baru bisa mereka realisasikan pada tahun 1992 dengan meluncurkan prototipe di pameran dagang komputer dan teknologi COMDEX di Las Vegas.

Prototipe Smartphone ini dikenal sebagai Simon Personal Communicator, hingga tahun 1994 belum ada pengguna yang menggunakan produk ini.

Simon Personal Communicator ini tidak hanya dapat mengirim faksimile, menerima dan melakukan panggilan, dan email saja, smartphone ini sudah memiliki layar sentuh yang bagus untuk melakukan sebuah panggilan.

Simon Personal Communicator memiliki banyak fitur tambahan seperti kalender, penjadwal, kalkulator, dan notepad.

IBM mendemonstrasikan bahwa smartphone ini dapat menampilkan peta, berita, saham, dan aplikasi pihak ketiga dengan modifikasi tertentu.

Pada saat itu, Simon Personal Communicator dibanderol dengan harga yang terbilang sangat sangat mahal, yakni sekitar USD899.

Perkembangan Teknologi Smartphone Tahun 1996 – 2000-an

Lanjut ke tahun 1996, memiliki konsep yang sama dengan Simon Personal Communicator, Nokia juga merilis sebuah smartphone yang bernama Nokia 9000 Communicator pada tahun 1996.

Nokia 9000 Communicator merupakan smartphone yang sangat canggih pada masanya. Nokia 9000 Communicator memiliki desain kulit kerang dan dilengkapi dengan keyboard QWERTY juga tombol navigasi. Sistem operasi yang dimiliki oleh Nokia 9000 Communicator adalah GEOS yang merupakan cikal bakal dari sistem Symbian.

Karenanya, Nokia 9000 Communicator menjadi salah satu ponsel pertama dengan memiliki jaringan internet yang memasuki pasar, pengguna sudah bisa melakukan penjelajahan web dan melakukan aktifitas bisnis lainnya.

Setelah itu, mulai banyak perusahaan-perusahaan lain yang mulai membuat dan memasarkan smartphone-nya. Seperti Sony Ericsson yang mengeluarkan GS88 selang 1 tahun dari Nokia 9000 Communicator, BlackBerry yang mengeluarkan BlackBerry 850 pada tahun 1999.

BlackBerry 850 ini lah yang kemudian dikenal sebagai perangkat komputer genggam nirkabel pertama yang dipasarkan secara luas.

Perkembangan Smartphone Tahun 2001

Memasuki tahun 2001, BlackBerry merupakan salah satu perusahaan yang penting kita ketahui tentang perkembangan teknologi telepon seluler dan telepon pintar.

Kenapa penting?

Hal ini karena BlackBerry merupakan perusahaan pertama yang merilis perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim email dan melakukan penjelajahan di dunia maya pada tahun 1999.

Smartphone baru terhubung dengan jaringan 3G pada tahun 2000, hal ini lah yang menjadi standar sebuah perusahaan komunikasi seluler untuk membuat sebuah perangkat elektronik portabel yang dapat mengakses internet tanpa kabel.

Inilah cikal bakal standar smartphone yang digunakan hingga sampai saat ini. Dengan adanya fitur ini, kita semua bisa menjelajah dunia luar hanya dalam genggaman saja.

Tidak puas dengan BlackBerry 850, pada tahun 2004 BlackBerry telah mengeluarkan model-model smartphone yang lebih baru dengan tampilan yang lebih berwarna dan fitur penjelajahan web yang lebih lengkap.

Dalam masa ini, BlackBerry telah menjadi pioneer atau pemimpin pasar perangkat seluler dengan menyediakan perangkat teknologi beserta aplikasi pendukung untuk para pebisnis profesional.

Sayangnya, seperti Nokia, BlackBerry mengalami penurunan dalam segi fitur, tren, dan persaingan. Sehingga, penjualan BlackBerry menurun secara drastis ketika Apple telah memulai memasarkan produknya yang paling inovatif, iPhone.

Apple Menguasai Pasar Smartphone di Tahun 2007

Buat kalian yang “Apple Lovers,” tahun 2007 merupakan tahun terpentingnya Steve Jobs dan tim di MacWorld.

Pada tahun 2007, Steve Jobs dan Macworld telah meluncurkan iPhone pertama mereka. Perangkat yang mereka sebarkan ini sudah menggunakan layar sentuh yang paling ramping pada saat itu.

Tidak hanya itu saja, iPhone menjadi perangkat pertama yang menawarkan fitur internet yang lengkap dan tidak disederhanakan.

Apa yang dimaksud dengan “disederhanakan”?

iPhone adalah perangkat pertama membuat konsumen dapat menjelajahi web dalam tampilan desktop atau komputer. Jadi, setiap laman yang kalian kunjungi akan memiliki tampak yang sama persis seperti kalian menjelajah menggunakan desktop.

Perangkat iPhone pertama ini memiliki daya tahan baterai hingga 8 jam, keyboard QWERTY, dan layar sentuh yang menggunakan sensor multi-sentuh yang biasa kita gunakan saat ini.

Apple menawarkan iPhone pertama ini dalam dua jenis paket yang berbeda, 4GB ($ 499) dan 8GB ($599)

Jenis Perangkat Smartphone yang Populer Hingga Saat Ini

Android

Pada era ini, Android yang memiliki sistem operasi berbasis Linux yang telah dikembangkan oleh Android Inc dibeli oleh Google pada tahun 2005.

Awal dikembangkan Android adalah untuk sebagai sistem operasi kamera digital, namun seiring berjalannya waktu, sistem operasi ini digunakan sebagai sistem operasi smartphone yang kita gunakan sampai saat ini.

iPhone

Meskipun smartphone ini dibanderol dengan harga yang terbilang mahal, tetapi Steve Jobs berhasil membuat iPhone menjadi sebuah smartphone yang canggih dengan menggabungkan 3 produknya yaitu: iPod telepon selular, dan perangkat komunikasi internet di dalam satu produk pada tahun 2007.

iPhone memiliki banyak fitur dan kelebihan seperti multitouch pada stylus, multitasking, dan mampu memutar film dalam durasi panjang. Hal inilah yang membuat iPhone menjadi smartphone yang paling populer hingga saat ini.

Windows Phone

Sistem operasi Symbian memang redup pada tahun 2010, akan tetapi memasuki tahun 2010, smartphone yang menggandeng sistem Android dan iOS yang dikembangkan oleh Microsoft akhirnya masuk ke pasar smartphone.

Microsoft bekerja sama dengan Nokia dalam mengembangkan sistem operasi yang menggantikan Symbian dan pada akhirnya, produk Windows Phone berhasil dirilis dengan tipe Nokia Lumia 800 dan Nokia 710 dengan layar sentuh dan dapat mengakses banyak aplikasi.

Perkembangan Smartphone dari 2019 hingga masa depan

Saat ini perkembangan teknologi smartphone semakin disempurnakan oleh banyak perusahaan. Sudah banyak juga perusahaan-perusahaan baru yang mulai menawarkan smartphone dengan fitur, kehebatan, dan harga yang bervariasi.

Seperti yang kita tahu, smartphone pada awalnya memiliki beban yang cukup berat dan tidak praktis. Seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan teknologi komunikasi ini berlomba-lomba merancang smartphone dengan desain yang slim.

Hal ini mereka lakukan untuk bisa mencapai kenyamanan pengguna dalam menggunakan smartphone untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Perusahaan seperti XiaoMi, Oppo, Huawei, dan masih banyak lainnya juga turut memeriahkan pasar smartphone dengan memberikan tipe-tipe smartphone yang dapat disesuaikan dengan kantong konsumen.

Selain harga yang bervariatif, perusahaan teknologi komunikasi ini juga mengembangkan banyak fitur-fitur teknologi canggih yang dapat memudahkan kita untuk melakukan transaksi secara global, berkomunikasi, dan lain-lainnya.

Seperti fitur NFC yang memudahkan pengguna smartphone untuk melakukan top-up atau pembayaran dengan sekali sentuh, aplikasi pesan yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan sanak saudara – hingga rekan bisnis, fitur translate yang dapat memudahkan kita untuk memahami bahasa dari negara lain, hingga yang terbaru adalah Voice Searching yang dimana kita dapat melakukan pencarian di internet hanya dengan menggunakan suara saja.

 Jadi itulah sejarah smartphone terlengkap dari masa ke masa yang bisa kalian pelajari. Semoga dengan membaca artikel ini, wawasan kalian menjadi lebih luas, ya!

2 comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!