Tahukah Anda Kalau Pendaftaran Nama Domain Web Gratis Sampai Tahun 1995!

8 0

Halo, semua. Kalian (terutama yang berprofesi sebagai blogger) pastinya sudah nggak asing lagi dengan domain name  atau nama domain, bukan? Kepemilikan nama domain sendiri sangat penting. Nama domain ini berfungsi layaknya alamat website yang kamu miliki. Tanpa nama domain ini, kamu bahkan nggak bisa menjalankan websitemu.

Nah, penasaran apa saja Fakta Unik Domain Web. Yuk, simak ulasannya di bawah ini :

Apa Itu Nama Domain?

Oke, sebelum kita lanjut ke fakta-fakta uniknya. Nggak ada salahnya kalau kita bahas terlebih dahulu pengertian dari domain name  ini. Nama domain sendiri adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti server di jaringan komputer maupun internet.

Nama domain ini juga akan mempermudah akses pengguna internet saat melakukan akses ke server. Domain name  juga dipakai untuk mengingat nama server yang harus dikunjungi user tanpa harus mengenal deretan angka rumitnya (yang kita kenal sebagai IP Address atau Alamat IP).

Baca Juga : 5 Layanan Web Hosting Gratis Terbaik 2021

Nama domain sendiri juga merupakan satu kesatuan dari suatu situs web. Kadangkala, kita juga menyebutnya sebagai URL atau alamat situs web. Awalnya, nama domain ini hanya dapat ditulis menggunakan 26 huruf alphabet. Namun, sekarang ini kamu bisa memadukannya dengan berbagai karakter unik lainnya.

Nah, sudah jelas ya kalau nama domain atau alamat situs web ini akan berfungsi untuk identifikasi alamat server dan juga untuk memudahkanmu mengingat alamat web tanpa melihat IP Address-nya.

Fakta Unik Domain Web dan Sejarahnya

Ketika kita ingin membuat website, salah satu hal yang wajib kita lakukan adalah membeli nama domainnya terlebih dahulu di perusahaan penyedianya. Untuk harganya sendiri variative atau tergantung pada ekstensi domain yang kamu gunakan lho. Contoh, harga domain .id akan berbeda dengan harga domain .my.id.

Kamu sebenarnya juga bisa kok mendapatkan domain name  gratis. Hanya saja akan ada tambahan subdomain di alamatnya. Contoh: .blogspot.com atau .wordpress.com. Fitur-fitur yang bisa kamu akses juga sangat terbatas. Jadi, untuk tujuan pembuatan website profesional ataupun untuk  adsense kamu disarankan untuk membeli domain name  dan hosting saja.

Baca Juga : Tahukah Anda Kalau Pendaftaran Nama Domain Web Gratis Sampai Tahun 1995!

Ya, sekarang kita memang harus membayar untuk menggunakan suatu domain nam . Tapi, tahukah kamu kalau sebelum tahun 1995 pendaftaran nama domain ini gratis! Alias nggak perlu bayar sama sekali. Lalu, bagaimana sih sejarah perkembangannya mulai dari yang gratis hingga munculnya layanan berbayar seperti saat ini. Yuk, simak ulasan lebih lanjut di bawah ini.

Tahun 1985

Fakta Unik Domain Web pertama ada di tahun 1985 atau tahun-tahun sebelum 1995 dimana pendaftaran domain web ini masih gratis dan tidak dipungut biaya. Masyarakat pun mulai berbondong-bondong mendaftarkan domain webnya.

Hanya saja, di tahun 1985 ini internet dan teknologi belum secanggih saat ini. Sehingga penggunaannya masih cukup terbatas.

Fakta Unik Domain Web kedua, pada 15 Maret 2985 muncul domain pertama di dunia yakni symbolics.com. Domain name  tersebut digunakan oleh perusahaan komputer yang bernama Symbolics Inc. dari Massachusetts, Amerika Serikat (AS).

Inilah perusahaan pertama di dunia yang mendaftarkan domain name -nya. Selama 25 tahun lamanya, pemilik domain name ini sendiri masih sama. Hingga akhirnya pada tahun 2009, kepemilikan domain ini diambil alih oleh pihak lain.

Tahun 1995

Fakta Unik Domain Web ketiga, tahun 1995 National Science Foundation telah menetapkan tarif tertentu untuk setiap pendaftaran domain. Waktu itu, harga pengaktifan domain selama 2 tahun mencapai 100 Us Dollar. Ya, harga ini terbilang cukup mahal. Hal ini tentunya juga mengurangi antusiasme masyarakat yang ingin mendaftarkan domain karena mulai tahun ini mereka harus mulai membayar untuk domain name  ini.

Tahun 1998

Mari kita beralih ke tahun selanjutnya yakni tahun 1998. Tahun ini, Departemen Perdagangan dari Amerika Serikat mengeluarkan proposal privatisasi domain yang sekarang kita kenal dengan istilah DNS (Domain name System).

Bagi Pemerintah Amerika Serikat yang mengontrolnya, hal ini merupakan hal baik lantaran dianggap dapat meningkatkan kompetisi pasar. Namun, keputusan tersebut akhirnya diprotes oleh para aktivis internet yang akhirnya meminta dibuatnya ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sebagai pengganti pemerintah AS soal pengaturan internet yang ada.

Tahun 2003

Masuk ke tahun 2000-an, tepatnya di tahun 2003. Mulai banyak yang mencoba melakukan penipuan menggunakan domain name ini. Beberapa domain name penipu ini mengarahkan pengunjung internet ke situs porno yang tidak sesuai dengan nama domainnya. Akibat banyaknya penipuan nama domain murah yang terjadi AS. Pemerintah akhirnya merilis UU Perlindungan Domain name  (UU Protect 2003). UU ini juga dimanfaatkan untuk menghukum para pembuat domain name penipu tersebut.

Tahun 2007

Fakta Unik Domain Web selanjutnya, tahukah kamu kalau domain name ini bisa terjual hingga ratusan miliar rupiah! Ya, pada saat itu ada sebuah domain yang dijual dengan harga tertinggi – bahkan hingga saat ini. Yups, jangan heran ya. Domain tersebut adalah vacationrentals.com yang dihargai setara dengan Rp 397 miliar. Wah, sangat fantastis, bukan?

Tahun 2012

Fakta Unik Domain Web selanjutnya terjadi pada tahun 2012 dimana ada seseorang bernama Mike Mann yang telah mendaftarkan 15.000 domain name  hanya dalam kurun waktu 12 jam! Ya, aksi ini merupakan salah satu aksi yang cukup gila mengingat domain name yang didaftarkan jumlahnya tak main-main. Apalagi, hal tersebut dilakukan dalam waktu yang cukup singkat.

Tahun 2013

Maju, 1 tahun setelahnya. Di tahun 2013 tersebut, internet benar-benar telah kehabisan 4 kombinasi nama yang akan digunakan untuk domain.com. Bahkan, ada sekitar 400 ribu data lebih untuk kombinasi 4 huruf yang sudah habis di tahun 2013 ini. Sementara itu, kombinasi 3 angka sudah habis didaftarkan pada tahun 1997!

Tahun 2014

Terakhir, di tahun 2014 sudah ada lebih dari 100 TLD atau Top Level Domain baru yang bisa kamu gunakan lho. Jumlah TLD yang cukup banyak ini memungkinkan untuk memunculkan situs-situs yang baru. Dimana untuk TLD baru sendiri akan menggunakan kata-kata umum yang mudah dikenali atau bahkan menggunakan nama-nama perusahaan besar.

Baca Juga : Teknologi Pendidikan : Sejarah, Konsep dan Landasannya

Nah, itulah beberapa sejarah singkat dan juga fakta unik domain yang harus kamu ketahui. Nah, buat kamu yang ingin punya nama domain, berikut ini ada beberapa range harga domain name yang populer di Indonesia :

  • .com = Rp 150.000
  • .id = Rp 250.000
  • .my.id = Rp 24.000
  • .co.id = Rp 300.000
  • .org = Rp 200.000
  • .co = Rp 400.000
  • ac.id = Rp 50.000
  • .or.id = Rp 50.000
  • .biz = Rp 280.000

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

error: Content is protected !!