Tahukah Kamu Kalau Rusia Pernah Membuat Komputer dari Air

5 0

Komputer merupakan salah satu perangkat yang saat ini dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Yups, komputer merupakan perangkat digital yang memudahkan kita melakukan berbagai pekerjaan. Mau ngetik, membuat program, mengakses internet, dan melakukan berbagai pekerjaan komputerisasi lainnya.

Kalau sebelumnya kita membahas beberapa Fakta Unik Teknologi mengenai hal-hal lainnya, seperti Domain Name. Kali ini kita akan membahas fakta unik komputer di dunia. Salah satunya adalah komputer yang terbuat dari air yang dikembangkan oleh Rusia. Ya, kalau biasanya kita mengenal logam dan material padat lainnya sebagai komponen untuk membuat komputer. Maka, di komputer satu ini air lah yang menjadi salah satu komponen utamanya. Kok bisa sih? Yuk, langsung saja simak ulasannya dibawah ini :

Fakta Unik Teknologi : Komputer yang Terbuat dari Air

Seorang insinyur Rusia yang bernama Vladimir Lukyanov lah yang menciptakan komputer unik ini. Lukyanov sendiri mengandalkan air untuk membuat komputer ciptaannya yang dapat melakukan operasi dan perintah secara maksimal.

Lalu, bagaimana sih awal mula terciptanya komputer dari air ini?

Awal mula penciptaan komputer ini sendiri terjadi ketika Lukyanov terlibat dalam proyek pembangunan rel kereta api Troitsk – Orks dan Kartaly – Magnitnaya pada akhir tahun 1920-an. Ketika itu, pelaksana proyek menemukan masalah pada kualitas beton yang digunakan.

Beton yang biasa digunakan pada musim panas tersebut ternyata mengalami keretakan ketika musim dingin tiba, menurut Lukyanov keretakan seperti itu seharusnya bisa dicegah dengan melakukan analisis yang cermat terhadap perubahan suhu pada masa beton. Hal tersebut tergantung pada komposisi beton, semen yang dipakai dan juga beberapa faktor lainnya.

Lukyanov pun kemudian mulai meneliti relasi kondisi suhu terhadap beton. Sayangnya, metode penelitian ini dirasa tidak mampu memberinya solusi akurat terhadap keinginannya, yakni membuat beton yang lebih bagus.

Kemudian, Lukyanov pun mulai menemukan bahwa aliran ternyata memiliki banyak sekali kesamaan dengan hantaran panas. Berkat konsep inilah, ia berpikir untuk menciptakan sebuah komputer dengan air sebagai komponen utamanya agar proses termal yang tak terlihat (invisible) bisa divisualisasikan.

Fakta Unik Teknologi yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah komputer ini pertama kali dibangun pada tahun 1936 lho di sebuah lembaga penelitian. Ukurannya pun tak seramping dan seringkas komputer yang biasa kita kenal.

Baca Juga : Sejarah Komputer Lengkap Dari Awal Perkembangannya Hingga Sekarang

Komputer ini memiliki ukuran sebesar lemari dan terdiri atas sejumlah pipa dan pompa air. Dalam aliran-aliran air disanalah operasi matematika dilakukan dan kemudian hasilnya dicetak dalam bentuk grafik.

Komputer ini memiliki sistem kompleks dari tabung-tabung yang saling berhubungan dan berisi air tersebut. Penyesuaian keran dan sumbat akan mengubah aliran air (dan mengubah variable) sedangkan hasil akhirnya dilihat dengan mengukur ketinggian air di tabung tertentu.

Komputer air ciptaan Lukyanov ini terus dikembangkan sehingga menjadi lebih canggih dan kemudian diproduksi secara masal dan disebarkan ke berbagai penjuru Uni Soviet. Pada tahun 1980-an ketika komputer digital yang lebih kecil dan cepat mulai populer, komputer air ini pun mulai ditinggalkan.

Nah, itulah beberapa Fakta Unik Teknologi tentang komputer Rusia yang terbuat dari air. Bagaimana menurutmu?

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Setelah membahas hal diatas, tentunya tak akan lengkap kalau kita tak membahas juga sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa. Komputer selalu mengalami perubahan kearah yang lebih canggih dan modern dari masa ke masa. Komputer-komputer yang ada pada zaman dulu pun tidak seperti sekarang ini. Baik dari segi ukuran, biaya pembuatan, atau bahkan kinerjanya.

Penasaran? Berikut ini 5 generasi komputer dari masa ke masa :

Komputer Generasi 1 : Tabung Vakum (1946-1959)

Tahukah kamu, kalau komputer generasi pertama diciptakan dengan tabung sebagai komponen utamanya. Beratnya pun bisa mencapai 30 ton! Wah, beratnya nggak main-main, kan? Komputer satu ini yang pasti nggak bisa dipindahkan atau digeser sesuka hati.

Komputer ini pun menggunakan Bahasa Mesin yang dapat dimengerti oleh komputer tersebut sendiri. Inputnya pun menggunakan sebuah pita dan punched card dengan output berupa printer. Di masa itu kamu bahkan harus mengeluarkan sekitar 1 juta dollar untuk memperoleh komputer ini lho! Wah, coba kamu bayangkan. Kalau uang tersebut digunakan untuk membeli PC modern seperti saat ini, kira-kira kamu bakal dapat berapa unit ya? Hehe

Komputer ini memiliki banyak kekurangan. Diantaranya adalah : proses lambat, daya simpan kecil, suhu cepat panas, ukuran besar, kurang fleksibel, dan boros listrik.

Komputer Generasi Kedua : Transistor (1959-1965)

Generasi tabung pun akhirnya mengalami perkembangan dan tergantikan oleh teknologi transistor yang lebih canggih. Ukurannya pun terbilang cukup kecil, tak terlalu panas, dan tingkat kegagalannya minim.

Pada generasi ini, komputer in tak lagi menggunakan Bahasa Mesin melainkan menggunakan FORTRAN dan CBOL.

Generasi 3 : IC atau Integrated Circuit (1965-1971)

Seiring dengan berkembangnya teknologi, bentuk transistor pun kemudian diperkecil dan diletakkan pada IC bersama dengan resistor dan kapasitor.

Komputer ini pertama kali dikembangkan oleh seorang insinyur listrik yang bernama Jack Kilby. Nah, ada Fakta Unik Teknologi yang harus kamu ketahui. Dalam generasi ini, untuk pertama kalinya komputer menggunakan mouse dan keyboard! Selain itu, ada beberapa kemajuan dalam teknologi komputer kali ini sehingga jauh lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan generasi-generasi pendahulunya.

Generasi Keempat : Mikroprosesor (1971 – sekarang)

Komputer generasi keempat ini pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian, pada tahun 1984, sang raksasa teknologi yakni Apple merilis Macintosh. Sejarah komputer dan perkembangannya pun mulai memasuki masa mikroprosesor.

Komputer berjenis ini pun masih digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia hingga saat ini. Bersamaan dengan lahirnya generasi mikroprosesor ini, muncullah internet. Meskipun tampilan monitornya masih menggunakan 1 warna (green color).

Dalam generasi ini, dikembangkan pula sebuah chip sebagai memori dari komputer. Seiring berjalannya waktu, para ahli pun mencoba untuk melengkapi apa yang belum tersedia yakni PC-Compatible. Itulah mengapa pada masa ini, istilah PC mulai muncul. Perangkat komputer mulai dikembangkan untuk perorangan dan mudah dibawa kemana-mana.

Contoh-contoh komputer generasi keempat ini antara lain : IBM Pentium II, Apple II, IBM 370, IBM PC/386 dan lain-lain.

Generasi kelima : AI atau Artificial Intelligence (Sekarang – Masa Depan)

Teknologi terbaru yang muncul adalah teknologi kecerdasan buatan atau yang kerap kita sebut sebagai teknologi AI (Artificial Intelligence). Perangkat digital yang terintegrasi dengan AI dapat melakukan semua pekerjaan dengan lebih baik dan otomatis lho.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Handphone atau Smartphone Terlengkap dari Masa ke Masa

Saat ini pun, ada banyak sekali perusahaan teknologi yang mulai mengembangkan AI dalam setiap produk keluaran mereka. Kedepannya pun, AI ini akan semakin mendominasi.

Sekian pembahasan mengenai Fakta Unik Teknologi dan juga sejarah singkat perkembangannya. Semoga artikel diatas bermanfaat untukmu ya,

Leave a Reply

error: Content is protected !!