Tahukah Kamu? Wikipedia Dikelola Oleh Ratusan Hingga Ribuan Bot

8 1

Kamu pastinya sudah nggak asing lagi bukan dengan situs web Wikipedia? Kita terkadang mengenalkan web ini untuk mencari berbagai informasi. Contohnya aja nih, biografi seorang tokoh terkenal, informasi suatu wilayah, informasi suatu perusahaan, organisasi, bahkan istilah-istilah tertentu. Yups, Wikipedia memuat banyak sekali informasi yang komplit lho! Yang bahkan nggak bisa kamu temukan di website lain.

Tapi, tahukah kamu kalau Wikipedia ternyata dikelola oleh ratusan bahkan ribuan bots? Nah, kali ini kita akan membahas beberapa hal mengenai Wikipedia, Fakta Unik Wikipedia, Bot Wikipedia, dan beberapa hal tentangnya. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini :

Apa Itu Wikipedia?

Wikipedia sendiri adalah suatu proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka. Wikipedia ini dijalankan oleh organisasi nirlaba yang berbasis di Florida Amerika Serikat, yakni Wikimedia Foundation.

Wikipedia sendiri dirilis pertama kali pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Wikipedia ini merupakan karya referensi yang saat ini paling besar, cepat berkembang dan juga paling populer di internet. Untuk beberapa jenis informasi, Wikipedia ini juga cukup mendominasi dan seringkali muncul di urutan teratas. Proyek Wikipedia sendiri memiliki tujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan untuk khalayak umum.

Baca Juga : Mengenal Teknologi Otomatisasi Proses Robotik (RPA)

Jadi, Wikipedia ini.

  • Merupakan ensiklopedia.
  • Wiki yang dapat diubah oleh semua orang, kecuali pengguna yang telah diblok dan pengecualian di halaman terlindung.
  • Isinya bebas dan menggunakan copyleft Lisensi dokumentasi bebas GNU.

Siapa Sih Penulis Wikipedia?

Artikel di Wikipedia bis ditulis oleh siapa saja lho, termasuk kamu! Kamu bisa menyunting artikel yang telah ada atau membuat artikel baru di Wikipedia. Untuk menulis di Wiki ini, kamu dan para relawan lainnya tak harus memiliki pelatihan formal lho.

Para contributor dan relawan di Wikipedia sendiri berasal dari berbagai wilayah dengan berbagai background pendidikan dan pekerjaan. Mereka memiliki kemampuan menulis dan juga pengetahuan yang akurat dalam bidang yang ditulisnya.

Kamu juga bisa lho mencoba menulis atau menyunting di Wikipedia. Asalkan kamu memberikan informasi yang valid dan benar.

Fakta Unik Wikipedia : Bot

  • Apa Itu Bot Wikipedia?

Bot ini sendiri adalah program komputer yang khusus dijalankan di lingkungan Wikipedia untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan otomatis seperti menambahkan interwiki, melakukan reset di halaman kotak pasir di beberapa waktu, dan lain sebagainya. Suntingan dari pengguna-pengguna bot ini secara default juga tak akan muncul di halaman istimewa.

Nah, hampir sama seperti kebanyakan program komputer lainnya. Bot ini juga tak terlepas dari berbagai bug atau kesalahan. Namun, kebanyakan bot Wikipedia sendiri telah ditulis oleh tenaga pemrograman yang ahli dan telah melewati serangkaian uji coba yang panjang sehingga bug-nya bisa diminimalisir.

  • Mengapa Harus Menggunakan Bot?

Ketika suatu pengguna diberikan “status bot”, artinya pengguna tersebut telah mendapat kepercayaan. Bisa dikatakan pula kalau suntingan-suntingan dari pengguna tersebut 100% bukan spam atau vandal sehingga tak perlu diperiksa oleh pemantau perubahan terbaru. Karena hal inilah MediaWiki secara default tak menampilkan suntingan bit di halaman perubahan terbaru. Tujuannya agar para pemantau dapat berkonsentrasi untuk memeriksa suntingan-suntingan dan pengguna biasa lainnya.

Hal ini tentunya bakal berguna banget untuk beberapa kondisi. Contohnya nih, di Wikipedia Bahasa Inggris yang memiliki ribuan suntingan per harinya. Dengan disembunyikannya suntingan bot, maka akan mempercepat pemeriksaan suntingan pengguna. Ya, intinya bisa mempersingkat waktu dan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan.

  • Jumlah Bot

Tahukah kamu kalau jumlah bot di Wikipedia Bahasa Indonesia sendiri jumlahnya sekitar 147. Ya, inilah salah satu Fakta Unik Wikipedia. Ke-147 bot tersebut memiliki tugasnya masing-masing lho, dan tentunya akan sangat membantu pengembangan ensiklopedia online ini.

  • Bagaimana Cara Mengenali Bot di Artikel Wikipedia?

Selain tidak masuk dalam halaman istimewa. Artikel bot biasanya memiliki gaya penulisan yang terkesan sangat kaku dan terlalu baku. Dalam bot ini, biasanya informasi awal akan diterima oleh suatu database. Lalu, kemudian digunakanlah algoritma khusus untuk merubahnya kedalam teks sebagai artikel yang sering kita lihat seperti dalam artikel di Wikipedia.

Dilansir dari Wall Street, baru-baru ini pun di Swedia ada program bot yang telah menulis hingga 2,7 juta artikel untuk Wikipedia. Jumlah ini mencapai 8,5% dari seluruh artikel yang ada di Wikipedia!

Fakta Unik Wikipedia Lainnya

Selain fakta bahwa Wikipedia menggunakan bot dalam sistemnya. Masih ada beberapa Fakta Unik Wikipedia yang  harus kamu ketahui, diantaranya adalah :

  • Berawal dari penggunaan software WikiWikiWeb. Awal mulanya, Wikipedia ini berasal dari software WikiWikiWeb. Karena namanya terlalu panjang, akhirnya pada tahun 1994 software ini disingkat jadi Wiki. Inilah awal mula perjalanan dari Wikipedia yang kita kenal saat ini.
  • Awalnya menggunakan domain .com (Wikipedia.com). namun, setelah beberapa waktu seiring dengan perubahan tujuanya untuk kegiatan sosial dan tidak untuk mencari uang. Maka, domain situsnya diubah menjadi .org (Wikipedia.org).
  • Ada Wikipedia khusus untuk anak-anak. Penasaran dengan Wikipedia versi anak-anak ini, kamu bisa mengaksesnya di simple.wikipedia.org.
  • Nggak ada iklan yang bisa kamu temukan di Wikipedia.  Dana pengembangan website berasal dari para donatur.
  • Wikipedia ini tercatat telah dikunjungi lebih dari 325 juta kali setiap harinya. Selain itu, setiap 1 artikel yang dimiliki oleh Wikipedia, ada sekitar 21 juta pengunjung yang membacanya.
  • Fakta Unik Wikipedia selanjutnya, artikel-artikel di Wikipedia sendiri lebih banyak diedit ketika cuaca sedang buruk. Alasannya, orang-orang (sukarelawan/contributor) lebih banyak dirumah dan menghabiskan waktunya untuk mengedit dibandingkan beraktivitas di luar.
  • Keakuratan artikelnya hanya sekitar 80% saja. Jadi, kamu nggak bisa nih hanya mengandalkan Wikipedia saja sebagai satu-satunya referensi. Hal ini disebabkan karena 1 artikel bisa diedit berkali-kali oleh netizen, jadi keakuratannya dipertanyakan.
  • Nggak semua hal bisa kamu temukan di Wikipedia. Ya, Wikipedia merupakan gudangnya informasi. Tapi, pernah nggak sih kamu mencari suatu informasi (biografi tokoh, misalnya) dan tidak dapat menemukannya di Wikipedia? Ya, hal tersebut memang sangat wajar mengingat tak semua informasi bisa ditemukan di Wikipedia. Bahkan, suatu studi menyebutkan kalau hanya ada 15,6% artikel biografi tentang Wanita di situs ini.
  • Kehadiran ponsel melemahkan Wikipedia. Tahukah kamu kalau jumlah penulis lepas yang menyumbangkan informasi yang berguna di Wikipedia terus mengalami penurunan? Hal ini disinyalir akibat penggunaan smartphone yang membuat orang-orang kurang nyaman untuk menulis dan mengedit teks kompleks di layar kecil. Selain itu, UI untuk versi smartphone juga dinilai kurang User Friendly.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai bot di Wikipedia dan beberapa Fakta Unik Wikipedia lainnya. Penggunaan bot sendiri saat ini cukup lumrah dalam berbagai jenis implementasi.

1 comment

Leave a Reply

error: Content is protected !!