high angle photo of robot

Kamu pastinya pernah mendengar istilah AI, bukan? Ya, AI atau Artificial Intelligence atau yang lebih familiar dengan sebutan Kecerdasan Buatan memang menjadi salah satu teknologi yang belakangan ini mulai diimplementasikan dalam berbagai sektor. Termasuk, salah satunya di Dunia Pendidikan.

Nah, buat kamu yang penasaran tentang apa itu AI dan implementasinya dalam dunia pendidikan. Yuk, simak uraiannya dibawah ini ya!

Apa Sih AI (Artificial Intelligence) Itu?

AI sendiri merupakan bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang pada umumnya terkait dengan masalah kecerdasan manusia. AI ini bahkan diklaim lebih cerdas dan dapat belajar lebih cepat dengan lebih banyak data! Setiap hari, bahkan setiap waktu!

Jika kita bedah katanya satu per satu. Artificial Intelligence berasal dari gabungan 2 suku kata. Ada Artificial yang bermakna “buatan” dan ada kata “Intelegence” yang  berarti kecerdasan dalam Bahasa Indonesia. Dari pengertian per suku kata tersebut, kita juga dapat mengartikan AI layaknya suatu sistem komputer/mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia.

Teknologi ini sendiri saat ini sudah hadir di tengah-tengah kehidupan kita. Setiap harinya, teknologi ini juga semakin berkembang jadi lebih canggih lagi. Kecerdasan buatan ini bahkan telah banyak diimplementasikan dan jadi bagian dari kehidupan manusia modern masa kini.

AI juga menjadi pendorong utama lahirnya berbagai teknologi terbaru saat ini. Contohnya saja teknologi Big Data, Chatbot, Mobil dengan Kemudi Otomatis, Teknologi Robotika, dan IoT atau Internet of Things.

Lalu, ada nggak sih sebenarnya penerapan teknologi AI dalam dunia pendidikan? Ya, tentu ada dong. Berikut ini ada beberapa  penerapan Teknologi Artificial Intelligence dalam dunia pendidikan!

Teknologi Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan

Berikut ini ada beberapa contoh penerapan teknologi Artificial Intelligence dalam dunia pendidikan kita saat ini:

1.     Kehadiran Mentor Virtual

people on a video call

Untuk sistem pendidikan daring, AI juga mulai banyak diterapkan. Contohnya, dimanfaatkan sebagai mentor virtual. Mentor virtual ini dapat memberikan umpan balik dari aktivitas belajar dan latihanmu. Ia juga dapat memberikan rekomendasi materi yang harus kamu pelajari kembali. Ya, fungsinya hampir sama dengan guru atau tutor biasa.

Baca Juga : Tips Belajar Bimbel Online Agar Efektif

Salah satu contoh aplikasi Mentor Virtual ini adalah Blackboard. Blackboard ini memang masih belum digunakan secara luas di lingkup sekolah di Indonesia. Namun, alat ini sudah banyak digunakan di perguruan tinggi di Eropa dan Amerika. Blackboard yang merupakan alat AI seringkali digunakan oleh para dosen/profesor untuk melakukan publikasi catatan, pekerjaan rumah, kuis, atau bahkan tes yang memungkinkanmu (sebagai siswa) untuk mengajukan pertanyaan dan tugas untuk proses penilaian.

Kerennya lagi, alat ini dapat mengidentifikasi alasan kenapa siswa tidak paham dengan suatu materi dan menawarkan solusi terbaik. Karena berbasis keerdasan buatan, aplikasi ini juga “terus belajar” dan memahami layaknya manusia dan memperbarui informasinya secara mandiri sesuai kebutuhan siswa.

Konsep Blackboard AI ini cukup sederhana dan terinspirasi dari papan tulis konvensional yang memang dikenal sebagai media penampil informasi/materi dari guru.

2.     Aplikasi Voice Assistant

round grey speaker on brown board

Selanjutnya, ada aplikasi Voice Assistant. Bedanya dengan AI Blackboard, Voice Assistant ini lebih banyak mengandalkan suara sebagai pusat interaksi dan komunikasi. Dalam dunia pendidikan, Voice Assistant memungkinkanu untuk mencari referensi materi pelajaran hanya dengan berbicara atau menyebutkan kata kunci tertentu! Keren, kan?

Kamu pastinya juga tanpa sadar telah menggunakan Voice Assistant ini. Contohnya, saat kamu malas ngetik di Google. Kamu bisa menggunakan Google Assistant. Selain produk Google tersebut, kamu juga bisa menggunakan Siri dari Apple dan Cortana milik Microsoft!

Ketika kamu menggunakan Voice Assistant ini. Sistem akan langsung memunculkan informasi sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan. Selain menyajikan informasi dalam bentuk teks dan gambar, Voice Assistant juga akan berbicara dan menjelaskan informasi yang kamu butuhkan. Ya, persis seperti mentor pribadimu. Hanya saja dalam bentuk mesin dan aplikasi.

3.     Teknologi Smart Content

businesswoman with laptop studying notebook at home

Teknologi Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan selanjutnya adalah teknologi Smart Content. Teknologi ini berfungsi untuk membagi dan menemukan konten materi dan buku digital yang sudah diprogram secara virtual dengan lebih mudah dan cepat.

Teknologi ini sendiri sudah diterapkan di berbagai perpustakaan digital yang berada di sekolah, perguruan tinggi, ataupun di perpustakaan umum.

Teknologi ini mampu menemukan dan mengkategorikan buku yang kamu cari dengan lebih cepat dan terstruktur. Kamu bahkan bisa mendapatkan rekomendasi buku dan konten lainnya yang relevan.

Nah, buat kamu yang masih penasaran dengan teknologi ini. Ada beberapa contoh teknologi Smart Content yang saat ini dipakai. Teknologi tersebut adalah Cram101 dan Netex Learning. Cram101 berfungsi untuk memecah buku teks digital menjadi beberapa bagian yang lebih spesifik. Sementara itu Netex Learning lebih lengkap lagi lantaran menawarkan platform cloud yang dapat dipersonalisasi dengan pelatihan virtual, workshop, dan sebagainya.

4.     Presentation Translator

person wearing silver ring holding white book page

Sama dengan teknologi Voice Assistant, teknologi satu ini juga mengandalkan suara dalam menjalankan sistemnya. Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk menjelaskan suatu teks dari bahasa yang berbeda ke bahasa lainnya.

Dengan teknologi ini, kamu bisa mendengarkan berbagai macam teks tanpa harus membacanya. Teknologi ini juga memungkinkanmu untuk mengubah suara yang kamu ucapkan menjadi teks (Voice Typing).

5.     Teknologi Global Course

person in front of his laptop

Teknologi Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan selanjutnya adalah teknologi Global Course. Dengan teknologi ini, kamu bisa mencari dan juga mengikuti kursus online dari seluruh dunia! Jadi, jarak tidak akan jadi halangan lagi untukmu belajar!

Baca Juga : Rekomendasi Situs Belajar Online Murah Diskon

Platform kursus tersebut bisa merekomendasikan ketertarikan dan minatmu, sesuai kata kunci yang kamu masukkan sebelumnya. Ada juga berbagai jenis kursus gratis dan menarik yang bisa kamu ikuti.

Beberapa contoh platform kursus yang menerapkan teknologi ini adalah Udemy, Google AI, Alison, Khan Academy, Duolingo, dan lainnya. Ciri-ciri platform kursus yang telah menerapkan teknologi ini sendiri bisa kamu lihat dari : adanya pemberitahuan mengenai kemajuan kursus, materi yang harus kamu pelajari, akumulasi tes, total nilai, dan rekomendasi kursus yang relevan.

6.     Automatic Assessment

crop male students reading article in folder in park

Digunakan untuk keperluan assessment dan koreksi soal otomatis secara online. Teknologi ini memudahkan guru untuk mengadakan kursus dan ulangan dengan lebih mudah dan praktis. Guru atau mentormu pun tak lagi harus mengoreksi jawaban secara manual.

Sistem kerja AI ini sendiri sesuai dengan instruksi yang diberikan. Ia bahkan bisa belajar sesuai dengan kebiasaan yang dilakukan penggunanya. AI tersebut juga bisa memberikan rekomendasi materi yang harus kamu pelajari lagi berdasarkan hasil asesmen yang kamu peroleh.

Nah, itulah beberapa penerapan Teknologi Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan. Bagaimana? Apakah kamu sudah sering menggunakan teknologi tersebut?

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!