Teknologi Cloud Computing sebagai Sarana Penyimpanan Online bagi Siswa dan Guru

6 1

Halo, semua. Di zaman yang serba modern ini. Penyimpanan data menggunakan harddrive atau flashdisk rasa-rasanya kurang relevan lagi. Terlebih untuk data yang berukuran besar dan data yang sering di-share dengan orang lain secara online.

Untuk kepentingan komputasi secara online, sekarang kita bisa menggunakan teknologi yang bernama Cloud Computing. Selama kamu memiliki akses ke internet, kamu bisa mengakses data yang tersimpan di cloud kapanpun kamu mau.

Cloud Computing ini memiliki banyak sekali keunggulan lho. Seperti, meningkatkan produktivitas, kecepatan, efisiensi, performa dan keamanan. Penasaran tentang Cloud Computing ini? Ini dia beberapa hal tentang Cloud Computing yang harus kamu tahu:

Sekilas Tentang Cloud Computing

Teknologi ini dinamakan Cloud Computing karena informasi bisa diakses secara remote di “cloud/awan” atau ruangan virtual. Sederhananya, Cloud Computing ini merupakan sarana penyimpanan online.

Cloud Computing juga dapat diartikan sebagai proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang memiliki fungsi untuk menjalankan program melalui komputer yang terkoneksi satu sama lain dalam waktu yang sama.

Baca Juga : Teknologi Big Data : Mempermudah Otomatisasi dan Penampungan Data Siswa, Guru, dan Sekolah

Cloud Computing ini juga merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan aplikasi pengguna. Kehadiran Cloud Computing ini juga akan semakin memudahkanmu untuk menjalankan suatu program tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk akses data dan informasi melalui internet.

Ada perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan cloud ini, dengan berlangganan di perusahaan yang menyediakan layanan cloud ini maka kita (sebagai pengguna) dapat menyimpan file dari server jarak jauh. Kita juga bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun, bahkan dari perangkat yang berbeda sekalipun – asalkan perangkat digital yang kita gunakan terhubung dengan internet.

Oh, iya Teknologi Cloud Computing ini dapat bersifat public dan juga private. Public Cloud menyediakan layanan yang public (untuk siapa saja) di internet. Sementara, Private Cloud hanya menyediakan layanan ke orang-orang tertentu. Ada juga opsi Hybrid yang mengkombinasikan kedua opsi diatas.

Dalam dunia pendidikan, Cloud Computing ini juga memiliki banyak sekali manfaat lho. Salah satunya sebagai sarana penyimpanan online. Selain itu, terlepas dari bermacam layanannya. Cloud Computing juga memberikan serangkaian manfaat bagi para penggunanya. Seperti : fungsi emailing, penyimpanan, backup, dan pengambilan data, membuat dan mengetes aplikasi, menganalisa data, dan streaming audio dan audio.

Cloud Computing ini terbilang relatif baru, namun sudah mulai digunakan oleh beragam perusahaan mulai dari yang skalanya kecil hingga yang besar. Atau bahkan, individu. Selain menjalankan fungsi utama sebagai media penyimpanan, Cloud Computing ini juga memiliki layanan lain sebagai pemrosesan data, kecerdasan buatan, dan program standar pekerjaan.

Beberapa Tipe Teknologi Cloud Computing Berdasarkan Layanan

Secara umum, Cloud Computing memiliki 3 layanan utama, yakni :

  • Software-as-a-service (SaaS) : Melibatkan suatu lisensi aplikasi perangkat lunak pada para penggunanya. Lisensi ini biasanya diberikan melalui metode pay-as-you-go atau on-demand. Tipe yang seperti ini biasanya sering ditemukan di Microsoft Office’s 365.
  • Infrastructure-as-a-service (IaaS) melibatkan metode untuk mengirimkan suatu file dari sistem operasi ke server dan penyimpanan, melalui konektivitas berbasis IP sebagai bagian dari layanan on-demand. Dengan ini para klien (contohnya, kamu) tidak perlu membayar perangkat lunak atau server. Contohnya sendiri adalah, Public Cloud dari Indonesian Cloud dan Microsoft Azure.
  • Platform-as-a-service (PaaS) merupakan jenis layanan yang paling kompleks. Hampir mirip dengan SaaS. Hanya saja, PaaS merupakan platform untuk membuat perangkat lunak yang dikirimkan melalui internet. Contohnya seperti Salesforce.com dan Heroku.

Cara Kerja Teknologi Cloud Computing

Setiap varian yang ada dalam Cloud Computing ini sendiri memiliki 2 faktor yang sama seperti umum, yakni :

  • Data center yang berada di luar dan kamu diharuskan untuk memiliki internet untuk mengaksesnya. Dan,
  • Sumber daya server dalam data center yang dikumpulkan untuk membuat platform yang sangat besar agar siap menampung layanan virtual.

Sumber daya ini dikumpulkan dan diatur agar bisa lebih fleksibel sehingga kamu sebagai pengguna bisa mengakses lebih banyak ruang penyimpanan apabila diperlukan. Sementara itu, sumber daya yang sedang tidak dibutuhkan akan dilepas kembali ke cloud.

Baca Juga : Apa Aja Sih, Internet Provider Tercepat di Dunia 2021?

Dengan basis penggunaan sumber daya on-demand ini, maka Cloud Computing akan menawarkan stabilitas dan fleksibilitas yang hampir tak terbatas. Pasalnya, kebutuhanmu akan Cloud Computing ini senantiasa berubah atau bersifat dinamis.

Keuntungan Menggunakan Teknologi Cloud Computing

Nah, berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan teknologi Cloud Computing ini. Diantaranya adalah :

  • Kamu bukan hanya sekedar bisa mengakses file secara online. Melainkan, kamu bisa mengecek emailmu dari komputer manapun. Dengan teknologi Cloud Computing kamu juga bisa menyimpan dan mengakses file dari manapun. Contohnya saja, dengan Dropbox atau Google Drive.
  • Lebih hemat biaya. Perusahaan-perusahaan atau bahkan individu yang beralih ke Cloud Computing ini dapat memangkas biaya secara signifikan. Jika sebelumnya kita harus membangun manajemen informasi teknologi sendiri. Maka, dengan adanya Cloud Computing ini perusahaan/individu hanya memerlukan pusat server dan juga divisi IT (untuk memastikan koneksi internet stabil) sehingga karyawan divisi lain dapat berinteraksi dengan cloud secara online.
  • Kamu bisa lebih hemat ruang penyimpanan di perangkat digitalmu lho dengan Cloud Computing ini. Suatu saat, apabila perangkatmu rusak kamu nggak perlu mem-backup ulang data di memori internal. Lantaran, semua datamu masih aman di Cloud.
  • Keamanan datanya lebih terjamin. Terlebih apabila kamu bandingkan dengan metode konvensional yang digunakan kebanyakan orang pada saat ini. Produk hardware sendiri (seperti flashdisk atau harddrive) memiliki umur pakainya masing-masing. Bisanya setelah lama digunakan, akan muncul beberapa kendala akibat kerusakan perangkat yang pada akhirnya dapat membuat fungsi penyimpanannya jadi kurang optimal.

Teknologi Cloud Computing dalam Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, terlebih untuk sistem pembelajaran daring. Cloud Computing ini juga sering diterapkan lho. Peranannya juga sangat  vital dalam membantu mensukseskan pembelajaran online. Teknologi ini antara lain adalah Google Talk, Google Video for Education, Google Classroom, dan juga Google Drive.

Mari kita bahas salah satunya yakni Google Drive. Gdrive memungkinkanmu untuk menyimpan data-data tugas secara online. Kamu bisa men-share atau membagikan link tugas tersebut pada orang lain sehingga orang lain dapat mengakses file yang ada di dalam folder yang kamu bagikan.

Pengajar sendiri juga dapat memberikan link folder yang berisi tentang materi-materi pelajaran yang sebelumnya sudah di upload di Gdrive ini. Gdrive yang merupakan aplikasi penyimpanan online ini sendiri pun pada akhirnya akan sangat membantu proses penyimpanan dan share data secara online.

Itulah beberapa pembahasan mengenai Teknologi Cloud Computing, hal-hal tentangnya dan juga penerapannya pada dunia pendidikan. Semoga artikel diatas berguna.

1 comment

Leave a Reply

error: Content is protected !!