Tidak Sama, Inilah 6 Perbedaan Black Desert Versi Mobile dan PC

7 0

Game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) Black Desert Online telah hadir dalam versi mobile pada tanggal 12 Desember 2019 lalu.

Black Desert sebelumnya sudah hadir dalam versi PC, karena perkembangan game online di smartphone sangat tinggi dan bahkan sudah mengalahkan pemain online di PC dan konsol, Black Desert hadir dalam versi mobile.

Meskipun telah rilis selama 1,5 tahun, Black Desert telah memiliki lebih dari 3 ribu review di App Store Black Desert Mobile dan berhasil memiliki penilaian yang memuaskan.

Lalu, apa bedanya Black Desert versi mobile dan PC? Berikut penjelasannya!

1.   Kualitas Grafis

Tentunya berbeda perangkat memiliki perbedaan yang sangat signifikan dalam ukuran layar, ukuran resolusi dan detail grafis.

Jika kamu bermain pada PC, maka ketiga hal tersebut bisa kamu dapatkan. Apalagi jika kamu memiliki monitor dengan layar yang besar dan grafis yang sangat bagus, maka mata kamu akan dimanjakan dengan grafis yang menakjubkan dari Black Desert.

Disisi lain, bermain Black Desert di smartphone tidak memiliki banyak tombol atau gerakan yang menyulitkan pemain. Inilah kelebihan yang membuat bermain Black Desert di smartphone menjadi lebih nyaman dan mudah.

2.   Shared Server di Black Desert PC

Bermain Black Desert di PC memungkinkan kamu untuk menggunakan shared server dan mengakses karakter dari server yang berbeda dari yang kamu gunakan sebelumnya.

Akan tetapi, fitur tersebut tidak tersedia untuk versi mobile. Jadi kamu hanya bisa menggunakan karakter dan menggunakan server di awal tempat kamu bermain.

3.   Gameplay Yang Berbeda

Game yang memiliki genre MMORPG ini memiliki gameplay yang berbeda untuk versi mobile dan PC.

Bermain Black Desert di PC memiliki banyak tombol yang memungkinkan kamu untuk melakukan command.

Sedangkan untuk versi mobile tidak memiliki command dan digantikan dengan button untuk skill yang bisa kalian sentuh dikala kalian ingin menggunakannya.

4.   Enhancement Dalam Permainan

Fitur Enhancement memberikan kesempatan untuk pemain dalam meningkatkan kemampuan Attack Point dan Defense Point dalam sebuah item.

Akan tetapi, menggunakan fitur enhancement pada versi PC tidaklah mudah, bahkan ada kemungkinan kalian akan gagal.

Hal ini sangat menjengkelkan bagi pemain, apalagi ketika sudah menghabiskan banyak Black Stone yang berharga, tetapi enhancement tetap bisa gagal.

Untungnya, dalam versi mobile, Enhancement bisa dilakukan dengan mudah dan tidak akan mempengaruhi durability item.

Meskipun versi mobile dibuat memudahkan pemain menikmati permainan ini, tetap saja banyak pemain yang sudah bermain di PC tidak bisa move-on dan tetap bertahan untuk bermain Black Desert di PC.

5.   In-Apps Purchase

Game Black Desert versi PC dikenal sebagai game pay-to-win karena kalian membutuhkan banyak item untuk meningkatkan kekuatan pada item yang kalian miliki di dalam permainan.

Kabar baiknya, Pearl Abyss atau selaku game developer Black Desert telah meminimalisasi pembelian item pada versi mobile.

Jadi, pemain tidak diharuskan untuk membeli kostum atau item tertentu untuk dapat melewati level tertentu.

6.   Knowledge dan Energy

Dalam versi PC, pemain diharuskan untuk mengumpulkan knowledge untuk menambah energy yang digunakan dalam items dan life skill.

Akan tetapi, fitur energy tersebut tidak berlaku dalam versi mobile. Bahkan dalam versi mobile, knowledge akan secara otomatis menambahkan statusmu.

Kekurangannya adalah sistem Life Skill dan Trade tidak tersedia dalam versi mobile saat ini.

Sampai saat ini, Black Desert versi mobile masih dalam tahap pengembangan. Dikabarkan, akan terdapat fitur-fitur baru yang akan tersedia dalam versi mobile.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, game yang satu ini berhasil mendapatkan gelar “The Most Anticipated Mobile Game of The Year.” Rekomen banget deh buat kamu yang tertarik untuk bermain game Black Desert.

Leave a Reply

error: Content is protected !!