Beberapa tahun kebelakang berbisnis menggunakan media sosial tengah banyak diminati. Berbagai platform tersebut turut serta menyediakan fitur-fitur canggih yang dapat kita gunakan untuk menunjang bisnis kita.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan untuk jualan online sendiri adalah Instagram. Hingga saat ini pengguna instagram terus bertambah dan bahkan belum ada aplikasi lain yang mampu menyaingi eksistensinya.

Oleh sebab itu berjualan di instagram bisa jadi akan membuat peluang bisnis kita terbuka lebar. Asalkan kita mampu memanfaatkan fitur bisnis di instagram dengan baik dan juga pintar-pintar me-manage apa yang kita jual pada konsumen yang tepat.

Jualan Online di Instagram Bisa Menjadi Solusi Saat Pandemi

Hingga saat ini pandemi covid 19 di negara kita belum juga reda. Bahkan PPKM saja masih diperpanjang lagi dan lagi. Tentunya hal tersebut turut berdampak besar bagi kebanyakan bisnis di negara kita. Baik itu penjual kecil hingga pebisnis besar sekalipun.

Menurut berbagai informasi tidak sedikit pebisnis yang belum memiliki toko online baik itu website atau juga toko di instagram. Maka saatnya mulai berjualan di instagram sebagai solusinya.

Agar berjualan di instagram tepat sasaran, simak beberapa tips di bawah ini:

1. Beralih ke Akun Bisnis

Saat pertama kali daftar di instagram ada baiknya temen-temen langsung memasukkan nama tokomu. Jika memungkinkan gunakan username dan nama yang sesuai dengan toko offline mu. Pastikan juga sudah memiliki akun facebook dan fanspage toko.

Hal ini agar orang-orang lebih mudah mengenali tokomu di instagram. Khususnya konsumen-konsumen yang sudah jadi langganan tokomu.

2. Menentukan Target Pasar

Kita bisa mencari informasi mengenai produk yang saat ini banyak diminati orang-orang.  Tentunya pastikan produk tersebut memang dibutuhkan calon pembeli untuk jangka waktu yang panjang.

Nah, umumnya cara ini banyak dicoba di awal-awal bisnis untuk menarik perhatian netizen di instagram. Setelah feedback yang didapatkan baik, maka kita bisa meluncurkan berbagai produk lain yang sudah lama kita jual secara offline.

3. Menghadirkan Konten yang Menarik

Jangan salah, konten yang menarik bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang di instagram. Temen-temen bisa membuat konten promosi berupa foto atau video yang dikemas semenarik mungkin.

Contohnya saja temen-temen bisa membuat konten promosi berupa animasi atau bahkan desain hasil editing di Canva. Intinya temen-temen bisa memanfaatkan tools yang ada untuk menghasilkan promosi produk yang unik.

4. Menghadirkan Giveaway, Diskon hingga Promo

Promosi yang banyak disukai orang-orang adalah giveaway, produk yang didiskon, hingga promo lain yang tak kalah menarik. Tentunya promosi jenis ini bisa temen-temen coba di momen-momen tertentu agar lebih efisien misalnya momen mendekati Ramadhan, Idul Fitri, dan lainnya.

5. Pentingnya Menggunakan Hashtag/Pagar

Dalam menggunakan hashtag atau pagar pada postingan yang diunggah pastikan tidak menggunakan terlalu banyak pagar. Selain itu pastikan juga pagar yang digunakan sudah sesuai dengan konten yang temen-temen unggah. Jangan sampai pagar tidak sesuai dengan isi konten atau bahkan tidak nyambung dengan caption.

6. Mencari Followers/Calon Konsumen

Kemudian untuk mendapatkan banyak followers disini temen-temen bisa mencari followers sebanyak-banyaknya dengan cara yang alami. Memang cara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar tetapi followers yang nantinya memfollow tokomu dijamin asli bukan bot.

Jadi itulah beberapa tips jualan di instagram yang mudah dipahami dan mudah dipraktekkan. Semoga tips-tips di atas bisa menjadi tambahan informasi yang penting untukmu agar sukses berjualan di instagram.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.