Sejak tanggal perilisannya, game Ragnarok X : Next Generation telah mendapatkan banyak sekali pemain aktif. Terutama para pemain game Ragnarok Online, player seri Game Ragnarok lainnya dan juga para penggemar frenchise Game Ragnarok.

Mau levelling atau naik level dengan cepat di game ini? Kamu bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini!

1.     Memaksimalkan Penggunaan Odin’s Blessing

Sebelumnya, kita telah membahas tentang Odin’s Blessing ini. Odin’s Blessing sendiri merupakan sumber utama untuk mendapatkan EXP yang besar! Jadi, kalau kamu mau naik level dengan cepat, kamu wajib memaksimalkan penggunaan Odin’s Blessing di game Ragnarok X : Next Generation ini!

Dengan penggunaan Odin’s Blessing ini, kamu bisa melipatgandakan EXP dari hunting monster sebanyak 5X! Umumnya, tanpa Odin’s Blessing kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meningkatkan level. Nah, Odin’s Blessing ini dapat mempercepat proses satu ini.  

Oke, lalu apa saja nih sumber utama yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan Odin’s Blessing. Ada 2, pertama adalah melalui Board Mission. Per misi dalam Board Mission, kamu akan diberikan 140 Odin’s Blessing. Kedua, kamu bisa memperoleh Odin’s Blessing ini melalui Prontera dengan cara AFK selama 10 menit untuk mendapatkan sekitar 600 Odin’s Blessing. Kamu harus ingat nih, kalau kedua sumber tersebut hanya diperoleh selama 1 hari saja.

Ketika kamu sedang farming sendiri, konsumsi Odin’s Blessing akan disesuaikan dengan ukuran monster yang dikalahkan.

  • Monster kecil : 1 Odin’s Blessing
  • Monster Medium : 2 Odin’s Blessing
  • Monster Besar : 3 Odin’s Blessing

2.     Memilih Tempat Farming yang Tepat

Tips naik level dengan cepat di Game Ragnarok X : Next Generation adalah dengan memilih tempat farming yang tepat. Jadi, setelah kamu berhasil mengumpulkan Odin’s Blessing harian. Selanjutnya, kamu bisa mencari tempat farming yang tepat.

Disini kamu perlu memperhatikan jarak level dengan monster yang hendak dibunuh. Jasa selisih 3 level (entah lebih rendah ataupun lebih tinggi) agar kamu tidak terkena potongan EXP. Nah, contohnya nih kalau kamu ada di level 20 maka kamu harus farming monster dengan level 17-23 saja untuk memaksimalkan EXP yang diperoleh.

Untungnya, kamu dapat melihat daftar monster dan experience yang dihasilkan melalui situs Roxdb. Dengan daftar tersebut kamu bisa lebih mudah mengetahui monster mana yang akan menghasilkan EXP lebih tinggi sebagai tempat tercocok untuk farming nanti.

Kamu juga harus mengutamakan EXP level mana dulu yang ingin kamu tingkatkan, antara Base Level atau Job Level dulu nih. Tapi, ada baiknya nih kamu mengutamakan Job Level dulu agar nantinya kamu bisa segera dapat Job kedua. Alasannya, peningkatan kekuatan pada Job kedua pada setiap kelas terbilang cukup signifikan terlebih untuk performa pertarungan.

3.     Tumpuk Quest CoC

Berdasarkan referensi dari salah seorang Player Game Ragnarok X : Next Generation. Ada sebuah trik yang bisa kamu lakuin lho agar kamu bisa dapet experience dalam jumlah besar. Trik tersebut adalah dengan menjalankan Quest Chamber of Commerce (CoC) pada hari minggu saja sebelum di-reset.

Jadi nih, hadiah EXP dari Quest CoC ternyata akan meningkat seiring dengan peraihan level karakter. Contohnya, kalau kamu berada di level 40. Maka, kamu bisa dapat 27500 Base dan Job EXP. Tapi, kalau kamu level 41, kamu bisa dapat 30.000 Base dan Job EXP!

Tentunya hal ini membuat penyelesaian quest CoC ketika level tinggi lebih efektif untuk meningkatkan level karakter dengan cepat. Untuk memaksimalkannya, kamu hanya perlu melewatkan Quest CoC dari hari senin sampai sabtu. Nah, di hari terakhir yakni di hari minggu, kamu bisa melakukan tujuh kali Quest CoC. Tentu saja, dari hari senin sampai minggu, level karaktermu pasti sudah meningkat. Sehingga, hadiah EXP yang kalian dapatkan dari Quest CoC juga akan menjadi lebih tinggi.

4.     Menyelesaikan Seluruh Carnival

Di kolom Carnival sendiri, kamu bisa menemukan deretan daily activity yang bisa kamu kerjakan. Beberapa aktivitas tersebut bisa membawa deretan EXP yang cukup banyak lho setiap harinya. Sebagai Daily Activity, kamu wajib menyelesaikan deretan aktivitas tersebut. Jadi, kamu harus menyisihkan sedikit waktu perharinya untuk mendapatkan deretan hadiah Exp yang ditawarkan.

Lalu, gimana nih kalau kamu sampai terlewat? Maka, daily activity tersebut akan di-reset di hari selanjutnya. Jadi, dengan melewatkannya kamu nggak bisa nih melakukan re-claim pada hadiah yang terlewat karena Ragnarok X : Next generation tidak menyediakan fitur tersebut. Nah, kamu bisa mengutamakan penyelesaian Daily Activity berupa Mission Board dan Daily Instance.

5.     Melakukan AFK Grinding

Sebelumnya, kita telah membahas tentang AF Grinding ini. Grinding ini merupakan cara paling klasik untuk mengumpulkan EXP. Nah, bedanya dengan Ragnarok M : Eternal Love, kamu bisa melakukan grinding selama 24 jam di Ragnarok X : Next Generation ini!

Oh, iya untuk memaksimalkan hasil grinding kamu bisa menggunakan Odin’s Blessing. Tanpa Odin’s Blessing ini, grinding akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menaikkan level. Kalian bisa melakukan grinding ini apabila kalian kehabisan misi utama, misi sampingan atau gak ada lagi Daily Activity yang bisa kalian lakukan.

Dengan fitur auto-battle-nya sendiri, kamu hanya perlu cari spot kosong dan menentukan monster yang ingin dibunuh. Kamu juga harus menyediakan berbagai kebutuhan seperti potion dan lain sebagainya ya.

Setelahnya, kamu bisa AFK dan membiarkan karaktermu farming selama berjam-jam. Meskipun EXP yang didapatkan tak sebesar Odin’s Blessing. Tapi, cara ini terbilang cukup worth it untuk dilakukan.

Spesifikasi Ragnarok X : Next Generation

Sebelum mulai bermain game ini, ini dia beberapa spesifikasi dari Ragnarok X : Next Generation yang harus kamu ketahui :

Spesifikasi Device untuk Main Game Ragnarok X : Next Generation

  • Spesifikasi Minimum untuk Android
    • OS: Android 9
    • CPU : Qualcomm Snapdragon 700 Series, Kirin 700 Series
    • RAM: 2 GB
    • STORAGE: 5 GB
  • Spesifikasi Minimum untuk iOS
    • OS: iOS 10
    • CPU: Apple A10
    • RAM: 2 GB
    • STORAGE: 5 GB

Anda juga bisa memainkan game mobile ini di PC dengan menginstal Bluestack atau aplikasi sejenis di PC Anda.

Itulah pembahasan seputar Spesifikasi dan Tips Levelling Game Ragnarok X : Next Generation. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu punya trik lainnya? Jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!