Meskipun smartphone Android selalu dikembangkan baik dari aplikasi atau Operating System (OS), namun sepertinya masalah tidak luput hilang begitu saja. Masalah yang kerap kali dirasakan bagi pengguna android adalah masalah error bug.

Tentunya hal tersebut sangat mengganggu kita sebagai pemakai smartphone yang menjadi alat kebutuhan sehari- hari itu. Error bug ini terbagi kedalam berbagai pilihan diantaranya:

Bug Error Eksternal

Bug error Eksternal ini terjadi bukan karena kesalahan Operating System (OS) pada Smartphone. Melainkan kesalahan pada jenis aplikasi bawaan atau aplikasi unduhan. Permasalahannya pun ada berbagai macam baik dari unduhan ilegal yang sering memicu bug atau dari pihak penjual dan bahkan developer meski jarang terjadi.

Bug Error Internal

Bug Error internal ini terjadi karena bawaan support dari Operating System di jenis Smartphone yang kita pakai. Biasanya diakibatkan karena kita terlalu memaksakan update software padahal kekuatan hardware dari HP tersebut tidak mumpuni.

Disamping itu bisa saja karena virus yang menyerang Operating System dari Smartphone kita. Kita ketahui bahwa virus mayoritas didapatkan dari para pengguna internet. 

Sedangkan rata- rata Smartphone memakai jaringan internet. Sehingga semuanya saling berhubungan untuk menjadi penyebab dasar dari masalah error atau bug tersebut.

Langkah Mengatasi Bug Pada Android Kita

Bila kita telusuri dalam pencarian google terdapat suatu nama brand smartphone yang kerap terkena bug. Salah satunya adalah brand Xiaomi. Namun pihak Xiaomi pun tidak lepas tangan begitu saja melainkan mereka dapat menyarankan untuk mengatasinya dengan beberapa langkah.

Selain Xiaomi Bug atau kerusakan sering terjadi pada jenis Android lainnya. Sehingga bila kita membiarkan begitu saja bisa jadi smartphone kita akan mati total karena gagal fungsi. 

Bagi yang sudah terlanjur kena masalah bug dan error pada HP kita maka simak langkah berikut ini:

1. Perbaharui OS Secara Berkala dan Sesuai Kemampuan

OS android memang selalu berubah dan mengalami perkembangan sesuai kemajuan teknologi digital. Namun nyatanya para developer Smartphone tidak menciptakan alat yang aktual untuk mengatasi pembaharuan tersebut.

Sehingga pembaruan OS harus disesuaikan dengan kapasitas dari HP yang dimiliki. Jangan memaksakan update bila HP kita adalah hp yang sudah Lemot atau rusak.

Namun ada kalanya kita melakukan pembaruan atau Update untuk menjadi salah satu cara mengatasi bug yang terjadi. Karena Update OS dapat diikuti dengan keadaan para penggunannya. 

Dapat disimpulkan bahwa Update pun tergantung kebutuhan sehingga bisa saja update tersebut tidak wajib untuk kita ikuti. Apalagi bila Android kita tidak mengalami masalah yang signifikan terhadap software.

2. Melakukan Factory Reset atau Reset Pabrik

Karena sering bermain game dan melakukan aktivasi instalasi membuat HP kita kadang melambat yang nantinya menghasilkan bug. Kadang bug ini terjadi secara random yang menyebabkan terganggunya sistem operasi bawaan.

Yang lebih parah adalah ketika HP kita memang tidak dapat difungsikan sama sekali. Hal itu mungkin diakibatkan akan pemakaian. Oleh karena itu fitur reset pabrik adalah salah satu jalan keluar yang harus ditempuh.

Efek sampingnya terhadap data- data dan seluruh data HP kita akan hilang. Terkecuali kita sudah menyimpannya di memori eksternal. Maka ada kalanya melakukan perawatan untuk menyimpan dan memindahkan data- data ke PC atau laptop secara berkala.

Banyak bug yang memang tersedia juga obat penawarnya. Setiap bug sendiri memiliki penanganan yang tidak selalu sama. Bila sangat penting dan mendesak adakalanya kita melaporkan bug ke pihak developer atau distributor resmi.

Comments (1)

  1. Pingback: Tutorial Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android - Mufazan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.