Tips Menjadi Gamer Professional untuk Pemula

7 0

Idealnya, tujuan bermain game adalah untuk bersantai atau mengisi waktu luang. Namun, perbedaan cara berpikirnya terletak pada orang-orang yang ingin menjadi seorang gamer sejati berdasarkan profesinya.

Jika Anda menjelajahi kemampuan bermain game, Anda memiliki peluang untuk menjadi gamer profesional. Anda perlu memahami berbagai tip dan trik untuk menjadi pemain profesional yang akrab dengan hal berikut.

Cara untuk Menjadi Gamer Profesional

1. Temukan Motivasi Anda

Sama seperti kehidupan, e-sports perlu dimainkan untuk alasan yang benar. Kecintaan pada permainan, kepuasan pertumbuhan pemain, dan perasaan berkontribusi pada tim dan komunitas adalah alasan yang sah untuk memainkan permainan.

Dalam jangka panjang, ini adalah motivasi positif untuk mempertahankan pemain dalam permainan. Di sisi lain, pemain yang termotivasi oleh uang, ketenaran, dan kesuksesan yang cepat cenderung kehabisan semangat sebelum menjadi pemain profesional.

Suka permainan ini, saat Anda secara bertahap menguasai keterampilan untuk menjadi seorang profesional, Anda akan menciptakan dunia yang berbeda dalam latihan Anda setiap hari.

2. Pilih Game Anda

Langkah selanjutnya adalah menemukan game Anda. Ada dua metode di sini: pilih game baru yang populer atau ikuti game terkenal.

Keuntungan memilih game e-sports terkenal adalah infrastruktur dan sumber daya sudah dapat digunakan untuk mendukung permainan game profesional. Juara e-sports jangka panjang seperti “League of Legends”, “Dota 2”, dan “Counter-Strike: Global Offensive” (CS: GO) memiliki basis pemain yang besar dan profesional, serta game grand prix yang disponsori. Sisi negatifnya adalah untuk pendatang baru, permainan ini adalah tahap yang sulit.

Saat sebuah game menjadi populer, pemain akan memiliki kesempatan untuk membantunya memasuki game dan mempromosikan pengembangan metadata, yang seringkali lebih bergejolak dan awalnya beradaptasi dengan gaya game yang berbeda.

Misalnya, pemain awal dari game seperti Rocket League2 dan PlayerUnknown’s Battlegrounds3 adalah cara untuk mendorong mereka ke arena e-sports. Namun, ada juga risiko ketidakmampuan bertahan dalam bidang permainan kompetitif, dan pada saat inilah Anda mungkin harus memilih permainan baru.

3. Bergabunglah dengan Komunitas

Selain bakat pribadi, budaya seputar game juga memengaruhi game profesional. Sebelum menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mempelajari detail game tertentu, harap luangkan waktu untuk memantau forum dan pertemuan pemain lain.

Pengalaman akan memberikan petunjuk yang lebih baik di masa depan, dan Anda akan dapat menilai apakah perjalanan pemain profesional sesuai dengan tujuan dan motivasi pribadi Anda.

Tetap sibuk di bidang permainan sangat penting untuk mendorong pengembangan profesional, jadi pastikan Anda menyukai persahabatan dengan pemain lain. Di satu sisi, poin yang lebih akurat tentang metadata game dapat ditemukan di papan buletin, forum, dan saluran YouTube.

Pemain perlu berinteraksi satu sama lain untuk memantau perubahan metadata dan mengulanginya – ini akan membantu mereka kembali ke arena tempat mereka berada.

Selain itu, dalam jangka panjang, komunitas merupakan motivasi yang kuat untuk bertahan dalam permainan.

4. Siapkan Peralatan

Pastikan Anda menggunakan peralatan yang tepat untuk bermain game, mulai dari mouse gaming berkualitas tinggi hingga keyboard mekanis. Ada banyak opsi untuk periferal — berbeda dalam ukuran, bentuk, dan sensitivitas — tetapi yang terbaik adalah memilih yang paling sesuai untuk Anda.

Untuk beberapa ide, silakan dengarkan pendapat para profesional Esports tentang periferal gaming yang mereka gunakan.

Apa pun perangkat yang Anda pilih, yang terbaik adalah menggunakan mouse dan keyboard yang sama di setiap pertandingan persahabatan dan setiap pertandingan. Lihatlah para profesional saat ini.

Perlengkapan yang mereka gunakan untuk bermain game di rumah sama dengan perlengkapan yang digunakan dalam game tersebut. Keakraban dengan peralatan periferal akan memudahkan transisi ke lingkungan kompetisi yang dipengaruhi oleh ketegangan dan tekanan.

5. Berlatih

Dengan bantuan fiksasi game dan layanan fiksasi game pihak ketiga yang canggih di game seperti ESEA, lawan dapat dengan mudah ditemukan. Namun, jika ingin menang, Anda perlu berlatih.

Pertama, kuasai mekanik game. Berfokuslah untuk mempelajari keterampilan khusus dari permainan tersebut hingga menjadi mengakar. Apakah itu sukses besar di MOBA, pemosisian akurat di FPS, atau memaksimalkan jumlah operasi per menit di RTS, semua keterampilan ini selalu penting.

Atlet profesional akan berlatih mekanik tanpa henti untuk tetap waspada dan segera melakukan perbaikan, tetapi atlet yang baru memulai akan sangat meningkat seiring dengan kemajuan latihan.

Sambil mengasah kemampuannya, mulai mempelajari strategi permainan secara komprehensif. Acara e-sports yang baik memiliki beberapa lapisan strategi, dari strategi kontekstual (misalnya, peran pemantauan juara antar jalur) hingga metadata tingkat atas.

Mengetahui peran Anda dalam situasi tertentu adalah titik awal yang baik, karena meta-profesional akan menggunakan – seperti strategi GOATS yang hampir tak terhentikan di Overwatch League Musim 1 – yang bisa terlalu rumit untuk pemula.

6. Temukan Tim

Setelah membangun reputasi sebagai pesaing yang serius, carilah tim. Bermain dengan orang lain, terutama mereka yang lebih baik dari Anda, atau mereka yang memiliki keterampilan berbeda, adalah salah satu pengalaman paling berarti yang bisa didapat pemain.

Jika Anda benar-benar hebat, mungkin ada tim yang mencari Anda. Jika tidak, Anda bisa mencobanya dengan banyak tim. Misalnya, situs web Teamfind menyediakan forum dan alat komunikasi untuk tim dan pemain. Server perselisihan, subreddit dan tim Steam juga bertindak sebagai media perekrutan utama untuk tim amatir.

Perlu belajar cara bermain yang baik dengan orang lain di game berbasis tim seperti CS: GO dan Dota 2. Karena itu, temukan karakter favorit dan sekelompok pemain yang cocok untuk Anda.

Namun, untuk game individu seperti Hearthstone atau StarCraft 2, akan bermanfaat untuk terhubung dengan sub-komunitas dengan minat yang sama.

7. Berkompetisi dan Dikenal

Menjadi ahli dalam game hanyalah setengah dari pertempuran. Separuh lainnya adalah membuat koneksi, yang akan membantu Anda menaiki tangga kompetitif. Setelah menemukan pijakan di lobi yang sangat kompetitif, Anda bisa mulai membangun jaringan. Gunakan posisi Anda sebagai lawan berkualitas untuk terhubung dengan pemain yang lebih baik.

Membangun hubungan dengan pemain yang lebih baik dapat membawa keuntungan yang lebih besar, seperti mengundang saluran pribadi Discord, Anda akan memiliki kesempatan untuk berbaur dengan mereka persahabatan eksklusif dan bersosialisasi dengan pemain elit. Lingkungan ini memberi pemain kesempatan untuk mendapatkan pengakuan dari organisasi profesional.

Leave a Reply

error: Content is protected !!