Sebagai manusia modern, aktivitas keseharian kita pastinya nggak pernah terlepas dari pengaruh internet, kan? Entah itu mau ngerjain tugas, ngirim file kerja, komunikasi sama orang lain, dan juga untuk mengakses berbagai jenis hiburan.

Nah, tahu nggak sih kalau sebenarnya tujuan internet diciptakan tidak untuk digunakan seluas ini? Yups, awalnya internet ini diciptakan untuk keperluan militer lho! Penasaran, kan? Yuk, simak fakta unik internet berikut ini!

Tentang Internet

Internet atau Interconnected Network adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung pada jaringan komputer di seluruh dunia. Internet ini juga dapat diartikan sebagai jaringan yang menghubungkan kita dengan orang lain secara online melalui beberapa perangkat digital yang tersedia.

Saat ini internet memiliki beberapa fungsi penting. Seperti untuk mempermudah pekerjaan manusia, membuat kita selalu terhubung, mempermudah akses informasi dan perangkat, mengkoneksikan perangkat digital, mendukung perkembangan teknologi terbaru, dan juga masih banyak lagi.

Baca Juga : Fakta Unik Google yang Harus Kamu Ketahui!

Kemampuan untuk menghubungkan antar komputer tersebut didapat berkat adanya teknologi protokol standar komunikasi internasional atau yang sering disebut sebagai protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan Awal Penciptaan Internet

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Internet merupakan jaringan komputer yang pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Internet ini dibentuk melalui proyek ARPA yang mengembangkan suatu jaringan yang bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Sebagai tambahan informasi nih, proyek tersebut diketuai oleh Joseph Licklider.

Mereka mendemonstrasikannya dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. Karena dibentuk oleh Departemen Pertahanan, tentu saja tujuannya untuk kepentingan militer dong. Nah, saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital. Tujuannya tentu saja untuk mengatasi masalah. Terlebih, bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat (yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan).

Awalnya nih, ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja, yakni : Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Mereka membentuk 1 jaringan terpadu pada tahun 1969.

Kemudian 3 tahun setelahnya, tepatnya saat bulan Oktober 1972, ARPANET mulai diperkenalkan secara umum. Tak lama kemudian, proyek ini jadi sangat populer dan mengalami perkembangan yang sangat pesat di berbagai daerah. Semua universitas di negara tersebut bahkan menyatakan keinginan untuk bergabung. Hal ini membuat ARPANET kewalahan dan kesulitan untuk mengatur semuanya.

Untuk mengatasi hal ini, ARPANET kemudian dipecah jadi 2 bagian yakni :

  • “MILNET” untuk keperluan militer
  • “ARPANET”(Advanced Research Project Agency Network) baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer. Contohnya saja, untuk keperluan universitas-universitas tersebut.

Akhirnya, gabungan antara kedua jaringan tersebut dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disingkat jadi Internet. Nah, itulah tujuan internet diciptakan.

Lalu, bagaimana dengan perkembangan internet di luar Amerika?

Nah, jika sebelumnya kita membahas beberapa tujuan internet diciptakan dan perkembangannya di Amerika Serikat (baik untuk tujuan militer maupun untuk non-militer). Maka, kurang lengkap kalau kita nggak membahas perkembangan internet di luar Amerika.

Di luar Amerika pun, penelitian mengenai internet terus dikembangkan agar bisa dinikmati oleh seluruh lapisan dunia. Tahun 1973, komputer yang ada di University College – London menjadi komputer pertama (di luar Amerika Serikat) yang menjadi anggota jaringan ARPANET.

Setelah itu, ada 2 ahli komputer yakni Bob Kahn and Vinton Cerf yang mengemukakan gagasan yang lebih dahsyat yakni dengan membuat kelompok kerja yang disebut International Network Working Group (INWG). Vinton Cerf sendiri pertama kali merepresentasikan ide tersebut di Universitas Sussex. Ia pun dikenal sebagai Bapak Internet.

Fakta-Fakta Unik Internet

Selain fakta bahwa tujuan internet diciptakan adalah untuk tujuan militer. Masih ada banyak sekali fakta unik seputar internet yang harus kamu ketahui lho. Diantaranya adalah :

  • Tahun 1971 : Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan 1 tahun yang lalu (1970) untuk ARPANET. Pada tahun yang sama ikon “@” atau yang dibaca dengan “at” juga diperkenalkan sebagai lambang penting. Program ini pun langsung jadi booming kala itu.
  • Pada tanggal 26 Maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
  • 1981 : France Telecom meluncurkan telepon televisi pertama dimana orang-orang bisa saling menelpon dan berhubungan dengan video link.
  • 1982 : Dibentuk Transmission Control Protocol atau yang lebih kita kenal dengan sebutan TCP IP.  
  • Tahun 1984 : diperkenalkan sistem DNS atau Domain Name System.
  • 1990 : Tim Berners Lee menemukan suatu program editor dan browser penjelajah yang kita kenal sebagai www atau World Wide Web.
  • 1992 : muncul istilah surfing di Internet.
  • 1994 : pertama kalinya e-retail diperkenalkan di internet. Di tahun yang sama Yahoo mulai didirikan.
  • Berdasarkan referensi data dari laman Internet Live Stats, jumlah pengguna internet di dunia mencapai 3,48 miliar orang! Atau setara dengan 40% dari total populasi di dunia. Bahkan, jumlah ini selalu bertambah tiap detiknya.
  • Dikutip dari Foss Bytes, jika internet mati maka akan ada sebanyak 200 miliar email dan 3 miliar pencarian Google yang akan terhenti.
  • Dikutip dari Foss Bytes juga, ada camp khusus di Tiongkok yang khusus menangani masalah orang yang kecanduan internet. Dari 200 juta pengguna internetnya, sebagian besar berusia antara 12 hingga 35 tahun. Kepala Penanganan Kecanduan Internet Tiongkok, Tao Ran juga mengatakan bahwa 40% dari jumlah tersebut menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).
  • Tahun 2015, MV milik PSY yang berjudul Gangnam Style jadi MV yang paling banyak ditonton. Ada lebih dari 2,2 miliar view pada MV tersebut.
  • Internet akan mengirimkan 204 juta email per menit. 70% dari email yang terkirim tersebut adalah spam! Ya, jadi jangan heran kalau setiap hari kamu pasti dapat email spam. Apalagi kalau akun emailmu terdaftar sebagai pelanggan di suatu situs. Oh iya, internet sendiri akan membutuhkan 2 miliar electron untuk membuat 1 email. Jadi, kalau dikalikan dengan volume pengiriman email yang tinggi. Kira-kira perlu berapa electron ya?
  • Tahukah kamu kalau sebagian besar traffic internet bukan berasal dari manusia? Ya, sebagian besar memang berasal dari bot dan malware. Studi Incapsula yang dilakukan di tahun 2015 bahkan menemukan kalau ada sekitar 61,5 % (sekitar 2/3) dari total trafik di internet ternyata di jalanan oleh bot.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai internet, tujuan internet diciptakan, dan juga fakta-fakta uniknya. Semoga bermanfaat ya…

Comments (1)

  1. Pingback: Pengertian Internet of Things (IoT), Manfaatnya di Dunia Pendidikan

Leave a comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!