Saat menggunakan aplikasi di android tiba-tiba saja aplikasi tersebut keluar dengan sendirinya. Apa kamu pernah mengalami hal tersebut? jika iya, itu artinya sistem smartphone kamu sedang tidak baik-baik saja.

Kesalahan tersebut umumnya disebut dengan “Force Close” dimana aplikasi yang digunakan tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya dan menghentikan programnya. Umumnya saat force close akan muncul tulisan “Aplikasi tidak merespon” hingga “Aplikasi telah berhenti”.

Karenanya tidak sedikit pengguna android merasa kesal dan meluapkan kekesalannya itu pada kolom rating aplikasi yang sering force close tadi. Padahal terjadinya force close ini bisa disebabkan oleh berbagai hal bukan murni kesalahan aplikasinya.

Penyebab Force Close Pada Aplikasi Android

Umumnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan force close pada aplikasi android secara berkala. Seperti disebabkan oleh RAM yang sudah terlalu penuh, terdapat banyak sekali file cache, hingga adanya aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem android smartphone-mu.

Baca Juga : Tips Mengatasi Bug Error Pada Smartphone Android

Jika semua itu penyebabnya tentu saja efek samping yang akan kamu dapatkan adalah force close itu sendiri. Maka secara umum itulah penyebab yang sering kali menyebabkan force close pada suatu aplikasi android.

Cara Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android yang Mudah Dilakukan

Nah, apabila kamu sering mengalami force close sabar saja dulu. Sebab cara mengatasinya pun sangat mudah. Kamu membutuhkan waktu tak lebih dari 20 menit untuk mengatasinya.

Simak beberapa cara mengatasi force close di bawah ini:

1. Menghapus Data dan Cache Aplikasi Secara Berkala

Semakin sering aplikasi diupdate dan digunakan maka data di dalamnya akan semakin banyak. Maka lakukanlah penghapusan data aplikasi secara berkala baik secara manual satu per satu ataupun secara otomatis.

Caranya:

  • Masuk ke “Pengaturan” scroll ke bawah lalu klik “Aplikasi bawaan” atau “Aplikasi terinstal”.
  • Klik aplikasi yang akan dihapus datanya.
  • Lalu pada bagian bawah klik opsi “Hapus Data”.
  • Setelah itu kamu bisa memilih opsi yang dibutuhkan yaitu “Hapus Semua Data” atau hanya “Hapus Cache”.
  • Lalu tekan “Ok”.

Umumnya semua tipe smartphone memiliki sistem pengaturan yang tidak jauh berbeda. Sehingga untuk menghapus data keseluruhan atau menghapus cache ini tidak begitu sulit.

Sebagai catatan untuk aplikasi yang biasanya membutuhkan data username dan password, pastikan kamu telah menghafal data pribadi tersebut. Atau setidaknya data-data penting itu sudah kamu catat secara manual.

2, Lakukan Restart Smartphone

Cara lainnya untuk mengatasi masalah force close ini dengan melakukan restart smartphone. Biasanya cara ini berhasil 100% jika memang tidak ada masalah pada RAM karena bisa saja aplikasi yang kamu gunakan memang sedang eror.

Caranya:

  • Kamu bisa menekan tombol power beberapa detik kemudian tekan “Restart”.
  • Setelah itu tunggu sampai smartphone hidup kembali dan istirahatkan smartphone-mu beberapa saat sebelum digunakan kembali.

3. Uninstall Aplikasi yang Sering Force Close

Cara selanjutnya adalah menguninstal aplikasi untuk kemudian kamu instal kembali. Pastikan kamu memiliki kuota untuk melakukan instal ulang.

Caranya:

  • Kamu bisa langsung menekan aplikasi yang akan diuninstal lalu scroll ke atas.
  • Setelahnya pilih opsi “Uninstal Aplikasi”.
  • Cara lainnya bisa kamu lakukan melalui “Pengaturan” atau langsung melalui “Google Play Store”.

Alternatif Mengatasi Force Close Pada Aplikasi Android

Selain cara-cara di atas kamu bisa melakukan “Factory Reset” hingga mengupgrade OS Android ke versi terbaru untuk mengatasi force close. Jadi lebih baik coba saja dulu cara-cara mudah di atas untuk mengatasi masalah force close pada smartphone-mu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!

SUBSCRIBE NEWSLETTER

IKUTI UPDATE TERBARU KAMI!

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Mufazan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.