Video-Based Learning sebagai Salah Satu Sumber Informasi Pembelajaran bagi Siswa

7 0

 Halo, semua. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua senantiasa bahagia dan sehat ya.

Nah, di zaman modern seperti ini. Sumber pelajaran tidak hanya bisa kita akses melalui buku atau guru saja lho. Metodenya juga tidak terbatas pada penjelasan secara lisan atau tertulis dengan menggunakan media konvensional seperti papan tulis.

Sekarang ini, kita bisa mengakses materi dengan berbagai metode. Salah satu metode interaktif dan atraktif ini adalah dengan Video-Based Learning! Apa Itu pembelajaran berbasis video? Yuk, simak ulasannya dibawah ini :

Apa Sih Video-Based Learning Itu?

Istilah “video” sendiri berasal dari Bahasa Latin “video-vidi-visum” yang memiliki arti “memiliki daya penglihatan” atau “dapat melihat”. Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Video diartikan sebagai “bagian yang memancarkan gambar pada pesawat televisi atau rekaman gambar hidup untuk ditayangkan pada pesawat televisi.”

Dari 2 pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa video merupakan gambar bergerak yang dapat dilihat dan proses pembuatan hingga penayangannya menggunakan media berupa perangkat teknologi. Video sendiri juga dapat kita artikan sebagai media komunikasi yang dapat ditangkap informasinya oleh manusia.

Baca Juga : Rekomendasi Situs Belajar Online Murah Diskon

Jika kita kaitkan dengan metode pembelajaran. Pembelajaran berbasis video merupakan salah satu media penyampaian materi pelajaran dengan menggunakan video sebagai sarana penyampaiannya.

Menonton video merupakan salah satu hal yang biasa kamu lakukan, bukan? Ya, setiap harinya kita selalu menonton video untuk hiburan. Contoh gampangnya, nonton video di Youtube, Nonton video-video di sosmed, atau menonton video di kursus online.

Kita bahkan bisa melakukan kegiatan tersebut selama berjam-jam. Saking terbiasanya kita dengan video ini, rasanya akan ada yang kurang apabila kita tidak melihatnya satu hari saja. Video pun bisa kita akses dengan mudah menggunakan berbagai perangkat digital yang kita miliki. Sebut saja ada ponsel pintar dan juga komputer pribadi kita di rumah. Eits, jangan lupakan televisi juga.

Video sendiri dibuat dengan tujuan untuk mempermudah penyampaian pesan pada orang banyak. Video tersebut juga dikemas dengan menarik sehingga lebih atraktif dan mudah diingat. Dalam dunia pendidikan sendiri, video kerap kali digunakan sebagai media untuk menyampaikan bahan ajar/materi.

Pembelajaran berbasis video ini pun dapat dengan mudah dicerna oleh siswa. Video menggabungkan 2 elemen yakni visual dan audio untuk menjelaskan suatu hal. Gabungan kedua elemen tersebut tentunya akan membuat siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Apalagi dengan adanya alur atau bagan tertentu.

Karakteristik yang Dimiliki Oleh Video-Based Learning

Pembelajaran berbasis video memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah :

  • Memiliki kejelasan pesan yang membuat informasi pesan tersebut disampaikan secara utuh, mudah dipahami dan tersimpan di memori siswa.
  • Berdiri sendiri, artinya tidak bergantung pada bahan ajar lainnya dan tidak harus digunakan secara bersamaan.
  • Lebih  familiar untuk digunakan, harus menggunakan bahasa yang umum dan memudahkan siswa memahaminya.
  • Representasi inti, materi yang ada dalam video harus dapat mewakilkan atau merepresentasikan inti dari materi.
  • Visualisasi materi, materi yang dibawakan harus dikemas dengan konsep multimedia dimana terdapat teks, animasi, dan juga suara sehingga materi lebih menarik untuk disimak dan didengarkan.
  • Dapat digunakan oleh individu. Pembelajaran berbasis video harus memungkinkan untuk digunakan secara individu. Siswa tidak harus selalu bergantung pada guru dan sekolah. Ia bisa menontonnya ulang dan mempelajarinya kembali.

Manfaat dan Kelebihan Video-Based Learning

Nah, ini dia beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika kamu menempuh pembelajaran berbasis video :

  • Lebih efektif dan efisien

Efektif dan efisien dari segi waktu, biaya, dan tenaga. Dari segi waktu, video dpt digunakan untuk menjelaskan suatu informasi abstrak dalam waktu yang singkat. Semakin ringkas dan jelas informasi yang ada dalam video, maka semakin mudah pula informasi tersebut untuk dicerna murid.

Dari segi biaya, video tersebut bisa dibuat dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Atau kamu (sebagai pengajar) juga bisa mengambilnya dari berbagai sumber atau referensi yang ada. Contohnya, video yang ada di Youtube.

Dari segi tenaga, guru hanya perlu memutar video pembelajaran tersebut kemudian menjawab pertanyaan murid apabila ada sesuatu yang tidak dimengerti.

  • Menghasilkan pengalaman belajar yang baru

Video juga bisa menjadi angin segar bagi siswa. Ia mampu memberikan pengalaman belajar baru yang lebih menyenangkan. Ini tentu saja dapat mengubah image pendidikan dari yang monoton jad lebih atraktif.

  • Lebih mudah dimengerti

Dibandingkan dengan penjelasan secara verbal saja atau melalui penjelasan oleh guru. Video ini lebih mudah dimengerti lantaran menggunakan gabungan media audio dan visual untuk penjelasannya. Contohnya saja, video tentang siklus air. Di video tersebut akan ada narasi yang menerangkan setiap gambar bergerak yang ditampilkan dalam layar.

  • Mendukung terciptanya pembelajaran secara aktif

Video interaktif akan memancing siswa untuk lebih berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Guru pun juga bisa melanjutkannya dengan sesi tanya jawab yang akan semakin mempermudah siswa.  

  • Lebih cepat diserap

Pada dasarnya, pembelajaran berbasis video akan memfasilitasi proses penyerapan informasi dengan lebih cepat, mempertahankannya dan mengingatnya dengan lebih akurat. 90% informasi yang diterima oleh peserta didik dari dunia luar itu juga bertahan dan berkembang dalam bentuk visual.

Pada dasarnya sendiri, manusia memiliki kemampuan untuk memproses gambar 60 ribu kali lebih cepat dibandingkan dengan teks biasa. Semakin cepat daya tangkap siswa terhadap suatu materi, maka akan semakin baik pula hal ini bagi perkembangannya kelak.

  • Merupakan inovasi dari pembelajaran tradisional

Video-Based Learning juga merupakan inovasi dari pembelajaran kelas tradisional yang masih memanfaatkan buku dan papan tulis sebagai sarana penyampaian bahan ajarnya. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, maka harapan kedepan pembelajaran berbasis video ini dapat digunakan sebagai salah satu penunjang perkembangan belajar siswa.

  • Mendorong kreativitas siswa

Pembelajaran berbasis video juga dapat merangsang kreativitas siswa. Kamu (sebagai pengajar) juga bisa memcerikan tantangan pada siswa untuk membuat video pembelajaran versi mereka sendiri.

  • Membuat kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan

Video membuat kegiatan belajar mengajar jadi lebih mudah dan menyenangkan. Tak akan ada lagi alasan bosan, sulit, atau malas belajar dengan media satu ini.

Baca Juga : Tips Belajar Bimbel Online Agar Efektif

Itulah beberapa pembahasan mengenai Video-Based Learning. Intinya, pembelajaran berbasis video merupakan media penyampaian materi pelajaran dengan menggunakan video sebagai sarana penyampaiannya.

Ada berbagai manfaat dari metode ajar yang satu ini. Diantaranya adalah : lebih efektif dan efisien, menghasilkan pengalaman belajar yang baru, lebih mudah dimengerti, mendukung terciptanya pembelajaran secara aktif, lebih cepat diserap, merupakan inovasi dari pembelajaran tradisional, mendorong kreativitas siswa, dan membuat kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan.

Bagaimana menurutmu? Efektifkah Video-Based Learning

Leave a Reply

error: Content is protected !!